Penjelasan Aplikasi Steam Link Apple untuk Pengguna iOS


Aplikasi Steam Link Apple
Promo Mobile Legends

Tahukah kamu? Para pengguna iOS kini bisa menggunakan aplikasi Steam Link untuk Apple. Setelah sebelumnya diketahui bahwa aplikasi Steam Link hanya bisa diakses untuk pengguna Android saja. Kini, para pengguna iOS juga bisa menikmati berbagai fitur di aplikasi Steam Link Apple.

Baca juga: Cara Membeli Steam Wallet di VCGamers, Cepat dan Mudah!

Apa itu Steam Link?

Aplikasi Steam Link Apple

Steam Link adalah platform atau aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan para gamer untuk memainkan game Steam favorit mereka hanya dengan perangkat Android atau iOS saja. Valve selaku pemilik dari aplikasi Steam Link memiliki alasan untuk menciptakan aplikasi ini. Salah satunya, yaitu memanfaatkan peluang besarnya animo pemain game yang suka bermain lewat smartphone.

Beragam fitur aplikasi Link Steam Apple kini bisa kamu nikmati dengan gratis melalui unduhan yang tersedia di App Store. Namun, hadirnya aplikasi ini ke Apple memiliki sejarah yang cukup rumit. Penasaran? Inilah penjelasannya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Pelacak HP Tercanggih Desember 2022

Konflik antara Valve dan Apple

Aplikasi Steam Link dari Valve
Tampilan situs Valve.

Tidak mudah untuk Valve agar bisa mendaftarkan aplikasinya ke App Store. Hal itu disebabkan karena pihak Apple melihat bahwa aplikasi Steam Link tidak memenuhi pedoman pengembang dan kurang relevan dengan kebijakan yang dimiliki App Store.

Penolakan itu terjadi di tahun 2018. Setelah berbagai macam negosiasi yang diluncurkan oleh Valve selama satu tahun lebih, akhirnya App Store setuju untuk bekerja sama dengan Valve yang membawa aplikasi Steam Link miliknya dengan penyesuaian kebijakan.

Perangkat yang Kompatibel dengan Aplikasi Steam Link

Hampir semua perangkat ciptaan Apple bisa memakai aplikasi besutan Valve yang satu ini. Seperti iPad, Apple TV, iPod Touch, MacBook dan tentunya iPhone. Fitur utama yang akan diberikan oleh aplikasi ini tentunya adalah memainkan game di berbagai perangkat iOS dan melakukan streaming game.

Cara Menggunakan Aplikasi Steam Link

Aplikasi Steam Link Apple di MacBook
Ilustrasi Install Steam Link di MacBook.

“Aplikasi Steam Link dapat memudahkan Anda untuk memainkan sejumlah game yang ada di Steam di semua perangkat Anda. Cukup hubungkan pengontrol MFI atau Steam ke perangkat iOS Anda. Kemudian, sambungkan ke komputer yang menjalankan aplikasi Steam di jaringan lokal yang sama dan Anda sudah bisa bermain game atau melakukan streaming game,” terang Valve, dilansir dari Apple Insider.

Keunggulan lain aplikasi Steam Link Apple ini adalah ukuran filenya yang ringan, yaitu 29MB saja. Tentu ukuran file tersebut tidak akan merugikan para penggunanya. Berbeda dengan aplikasi Steam resminya yang memiliki ukuran file mencapai 1GB untuk penyimpanan sebelum instalasi.

Baca juga: Daftar Aplikasi NFC Terbaik untuk Android Paling Canggih

Selain itu, Valve juga merilis fitur yang bernama Remote Play Together yang bisa kamu coba untuk melakukan streaming game favorit kamu dengan teman-teman kamu. Caranya, yaitu dengan membuat sebuah link undangan agar teman kamu bisa bergabung bersama dalam aktivitas streaming yang kamu tayangkan.

Valve juga memberikan pernyataan bahwa aplikasi Steam Link untuk Apple ini akan lebih maksimal jika menggunakan jaringan Wi-Fi 5GHz atau Ethernet. Pastika juga kalau perangkat iPhone atau iPad kamu sudah menggunakan sistem iOS 10 ke atas, ya!

Penutup

Bermain Game di Steam
Ilustrasi bermain game dari Steam.

Aplikasi ini sebetulnya hanya sebagai media penggunaan perangkat layar sentuh. Kendati demikian, kamu juga tetap bisa menghubungkan banyak perangkat nirkabel yang berbasis iOS seperti iPhone atau Steam Controller dari Valve. Kamu bisa unduh aplikasi Steam Link untuk Apple di sini.

Kehadiran aplikasi Steam Link ke App Store semakin memperkuat bahwa tingkat kegemaran gamer terhadap game mobile sangatlah tinggi. Melihat kenyataan tersebut, mungkin saja game-game online PC yang ada di Steam akan melakukan diversifikasi ke versi mobile-nya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Musik Terbaik, Download Sekarang!

Sekian penjelasan tentang aplikasi Steam Link Apple yang ada di artikel kali ini. Jangan lupa top-up saldo Steam melalui VCGamers Marketplace dengan berbagai promo menarik yang tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID