Apakah Kamu adalah Seorang Gamer? Kenali Karakteristik dan Jenisnya

Gamers adalah

Gamers adalah salah satu istilah yang saat ini tentu saja sudah sangat familar, apalagi game sendiri kini telah menjadi sebuah industri yang berkembang pesat.

Perkembangan video game yang semakin tahun semakin berkembang menjadikannya bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga menjadi sebuah industri.

Berkembangnya industri tersebut juga berbanding lurus dengan banyaknya pemain dari berbagai game yang bermunculan, mulai dari game hiburan, edukatif, hingga yang kompetitif.

Tak heran jika muncul istilah gamers yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Nah, kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai istilah ini buat kalian yang mungkin bisa menjadi informasi baru.

Baca juga: CD Projekt Red Umumkan Game Terbaru Untuk The Witcher

Karakteristik Gamers

Secara umum, gamer atau gamers adalah orang yang bermain sebuah permainan (gim) atau game. Dalam hal ini, mereka adalah orang yang senang bermain berbagai jenis game digital atau online.

Ada sifat atau karakteristik yang mungkin melekat dengan orang-orang yang suka bermain game. Apakah kalian memiliki karakteristiknya? Langsung simak saja untuk mengetahui lebih lanjut.

Miliki Kecerdasan Berbeda

Kenyataannya adalah kalian tidak bisa menjadi gamers hebat tanpa kecerdasan dalam bermain game. Meskipun beberapa orang mungkin lebih menguasai di bidang lain, hal itu tidak berarti mereka mudah menguasai dalam bermain gim. 

Kalian mungkin sedikit terkejut mengetahui bahwa beberapa orang merasa sulit untuk menguasai permainan tertentu. Namun, setelah beberapa kali mencoba, mereka dapat dengan mudah belajar dan berkembang.

Dedikasi untuk Mengembangkan Kemampuannya

Gamers adalah
Ilustrasi Gamers

Dedikasi serta komitmen menjadi karakteristik berikutnya karena hal ini sangat penting untuk dimiliki. Jadi, kalian akan mendedikasikan waktu dan tenaga untuk terus berlatih agar kemampuan bermain game kalian bisa meningkat. Bahkan, hal itu akan menjadi rutinitas dan bagian dari kehidupan kalian.

Baca juga: Rekomendasi Game Hunting yang Wajib Kamu Mainkan

Kreatif

Tak bisa dipungkiri kalau bermain game juga membutuhkan kreativitas, sehingga seorang gamers pastinya memiliki salah satu karakteristik ini. Dengan kreativitas, kalian memikirkan permainan atau strategi yang berbeda sesuai dengan jenis permainan atau lawan yang kalian hadapi.

Miliki Penyelesaian Masalah yang Baik

Gamers profesional tidak cepat membuat asumsi atau kesimpulan. Sebaliknya, mereka pandai memecahkan masalah dan dapat terus bekerja untuk mengatasi hambatan yang mereka temui dalam permainan.

Seperti yang kalian ketahui, bermain game terkadang menemui kesulitan apalagi dengan level yang menantang bisa jadi sulit. Kalian perlu mengendalikan emosi dan menggunakan logika untuk melewati situasi yang rumit dan gamers selalu percaya ada jalan keluar, tidak menyerah untuk mencoba.

Selalu Ingin Tahu

Rasa selalu ingin tahu juga menjadi karakteristik yang bisa memotivasi kalian untuk terus belajar dan mencoba hal baru. Ketika sudah menekuni game, kalian mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menguasai permainan dan selalu mencari tahu hal baru untuk meningkatkan kemampuan.

Baca juga: Petit Island, Game Lokal Indonesia yang Go International!

Tipe-tipe Gamers

Setelah mengetahui karakteristiknya, gamers juga memiliki beberapa tipe meskipun sama-sama untuk bermain game. Apakah kalian termasuk ke dalam salah satu tipe di bawah ini? Berikut adalah daftarnya.

Gamers Kasual

Gamers adalah
Ilustrasi Gamers Kasual

Tipe yang pertama dan paling umum adalah tipe kasual yang bisa dengan mudah kalian temui di sekitar. Mereka suka bermain game dan banyak dari mereka yang memainkan satu atau dua game untuk waktu yang lama.

Mereka bermain game saat bosan atau saat sedang santai dan bisa berhenti bermain kapan saja. Jenis game yang dimainkan juga cukup beragam seperti game simulasi, asah otak, teka-teki, dan lain sebagainya.

Hardcore Gamers

Tipe berikutnya adalah Hardcore yang memiliki kecenderungan bermain game sepanjang waktu. Dengan kata lain, mereka seperti menekuni bermain game dan akan selalu memainkannya pada saat waktu luang.

Selain itu, tipe ini juga cukup berpengalaman dan cenderung fokus dalam bermain game.

Tak heran jika kebanyakan dari mereka kerap mencoba berbagai kesempatan bermain game, mulai dari versi beta hingga melakukan pre-order. Di samping itu, mereka juga memiliki pengetahuan yang cukup mumpuni seputar game.

Professional Gamers

Gamers adalah
Ilustrasi Professional Gamers

Tipe Professional pada dasarnya hampir seperti tipe hardcore, hanya saja mereka menjadikan bermain game sebagai sebuah profesi untuk mendapatkan keuntungan dan pendapatan. Umumnya, kalian mengetahui pemain profesional karena mereka kerap bertanding di sebuah turnamen.

Tidak hanya itu saja, tipe ini juga bisa jadi penguji video game mengingat mereka pastinya menyukai game dan memiliki pengetahuan dan keterampilan seputar game. Mereka juga bisa menguji berbagai strategi dan mencari cara efektif untuk mengalahkan lawan.

Selain itu, pihak pengembang game juga bisa mempekerjakan pemain atau gamers untuk melakukan pengujian terhadap game yang akan dirilis.

Baca juga: Apa itu Glitch Game dan Dampaknya pada Game?

Retro Gamers

Retro Gamers bisa juga merupakan tipe kasual atau hardcore, hanya saja mereka memainkan game klasik lama. Gamer ini lebih menyukai game klasik seperti Mario, Contra, PacMan, dan game sejenisnya.

Bahkan, orang-orang yang masih berusia cukup muda pun memiliki ketertarikan pada gim klasik, tidak hanya orang yang lebih tua saja.

Kalian juga akan melihat bahwa beberapa mereka mungkin memiliki banyak berbagai konsol seperti Sega, Nintendo, Game Boy, dan sejenisnya. Beberapa orang juga merupakan kolektor yang menyukai konsol gim lawas dan langka.

Bagaimana Vicigers, apakah kalian memiliki karakteristiknya dan termasuk ke dalam tipe apakah jika kalian adalah seorang gamer?


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!