Apakah Asus ROG GX551 Laptop Gaming Terbaik?

Asus ROG Zephyrus Duo SE GX551 memang cukup mahal, tetapi di balik nama itu terdapat salah satu laptop gaming paling kuat dan inovatif yang dapat dibeli dengan (banyak) uang. GX551 ini menggunakan chip grafis seri Nvidia RTX 3000 terbaru dan delapan buah prosesor AMD Zen 3 – di samping layar kedua yang menjanjikan untuk mengguncang game, beban kerja kreatif, dan desain unik Duo menghadirkan banyak keuntungan lainnya.

Akan tetapi dengan desainnya yang cenderung rentan belah, masalah pada keyboard dan baterai yang cukup mengganggu. Belum lagi, para gamers harus mengeluarkan £3.499 (atau sekitar Rp69.604.242,39-) untuk laptop ini – jadi dapatkah GX551 membuktikan nilainya sebagai laptop gaming terbaik?

Who’s it for?

Buat siapa sih penggunaan laptop ini? Dari namanya, Asus ROG Zephyrus Duo SE GX551, ‘ROG’ adalah singkatan dari Republic of Gamers dan Zephyrus adalah sub-merek kelas atas Asus, jadi jelaslah bahwa GX551 dirancang terutama untuk mereka yang menginginkan pengalaman terbaik. Sebagian besar laptop gaming juga digunakan untuk pembuatan konten, termasuk streaming dan produksi video, jadi Asus menganggap bahwa GX551 dapat memuaskan para gamers.

Nah, itulah mengapa mesin ini memiliki grafis dan perangkat keras pemrosesan kelas atas dan itulah mengapa Asus bekerja sangat keras untuk menjejalkan layar kedua di dalam laptop ini.

Screening calls

Layar kedua disebut ScreenPad, dan itu adalah layar sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi 3840 x 1100. Ini menempati setengah dari alas laptop, dan membuka mesin akan mengaktifkan engsel yang mendorong ScreenPad ke atas yang di mana setiap sudutnya memudahkan laptop menghasilkan pendinginan komponennya sendiri yang lebih baik.

ScreenPad dikelola oleh aplikasi bernama Screen Xpert yang memasang perangkat lunak di sekitar layar kedua dan mengelompokkan aplikasi, dan juga memiliki dok pintasan yang praktis dan dapat disesuaikan. Perangkat lunak apa pun dapat digunakan dengan ScreenPad – pengguna dapat menggunakannya untuk aplikasi obrolan atau browser, sedangkan pembuat konten dapat menggunakan timeline, kontrol, atau perangkat lunak sekunder ke ScreenPad. ScreenPad memiliki applet yang penuh dengan kontrol sentuh yang dioptimalkan untuk aplikasi Adobe seperti Photoshop, Lightroom dan Premiere Pro.

Untuk bermain game, ScreenPad menggunakan sistem yang disebut Overwolf, yang memungkinkan ekstensi untuk menyajikan statistik, pelacakan, dan alat untuk game populer. Sebagian besar judul yang didukung adalah game esports dan layanan yang berdekatan, seperti Fortnite, League of Legends, TeamSpeak, dan Xsplit Gamecaster.

Layar utama dari laptop ini adalah panel IPS 15.6 inci dengan resolusi 4K, dan memiliki kecepatan refresh 120Hz dengan AMD FreeSync, waktu respons 3ms, dan validasi Pantone. Kontras yang terukur adalah 1.144: 1, kedalaman warna dan tingkat akurasi mengesankan, dan layar menampilkan 100% gamut sRGB dan Adobe RGB. Untuk bermain game, kecepatan refresh dan waktu respons menghadirkan gameplay yang mulus dan bergerak cepat, serta akurasi warna dan cakupan gamut memastikan kualitas yang memadai untuk bekerja.

Jika Anda penggemar esports dan menginginkan kecepatan layar yang lebih tinggi, Asus memproduksi GX551 versi £ 2.499 dengan layar 1080p, 300Hz, dan inti grafis RTX 3070.

Spesifikasi

RTX 3080 adalah GPU laptop Nvidia terbaru dan terkuat, dengan inti CUDA bertenaga 6.144 Ampere. Versi yang lebih besar telah digunakan di sini, dengan memori khusus 16GB, dan GX551 memasangkan inti grafis yang perkasa dengan AMD Ryzen 9 5900HX delapan inti, memori 32GB dan sepasang SSD Samsung 1TB yang diatur dalam konfigurasi RAID 0. Jadi apa arti semua spesifikasi itu bagi para gamers?

GPU Nvidia adalah sesuatu hal yang luar biasa. Pada resolusi asli laptop 4K, ia memainkan game-game tingkat atas seperti Red Dead Redemption 2, Horizon Zero Dawn, Assassin’s Creed Valhalla dan Borderlands 3 dengan frame rate yang dengan mudah berada di atas 30fps dan seringkali melebihi 45fps – dan itu dengan game di grafik teratas mereka pengaturan dan dengan ray-tracing dan DLSS. Jika Anda ingin melampaui 60fps untuk pengalaman 4K yang lebih mulus, maka beberapa modifikasi pengaturan kecil akan berhasil di banyak game besar.

Design

Asus memiliki berat 2,5 kg dan tebal 21mm, jadi ini adalah jenis laptop yang didesain kokoh dan kuat yang akan digunakan di rumah atau dibawa-bawa dengan tas punggung. Mempertimbangkan layar dan komponen, dimensi tersebut mengesankan – tidak jauh lebih besar dari mesin game 15.6 inci konvensional. Laptop ini memiliki tiga port USB 3.2 Gen 2 dan koneksi Type-C yang mendukung DisplayPort dan pengiriman daya, dan memiliki output HDMI, jack audio dan slot kartu microSD. Di bagian dalam, konektivitas berasal dari dual-band Wi-Fi 6 dan Gigabit Ethernet.

Namun, mengenai konektivitas nyatanya tidak semuanya sempurna, nih. Anda akan menemukan tiga koneksi USB. Port ini memberi jalan untuk ventilasi pendingin, dan kabel dapat mengganggu tangan Anda jika Anda menggunakan mouse eksternal. Ingat juga bahwa GX551 tidak memiliki webcam, dan tidak ada slot SD ukuran penuh atau dukungan Thunderbolt. Ethernet yang lebih cepat akan diterima juga.

Speaker-nya juga bagus. Asus memiliki dua speaker 4W dan dua tweeter 2W, dan keduanya menyajikan audio yang cerah, seimbang, dan padat dengan bass yang layak. Untuk game, media, dan musik, semuanya bagus.

Perlu Gue Beli Ga Ya?

Laptop gaming terbaik? Nah, RTX 3080 adalah GPU laptop tercepat yang tersedia saat ini dan prosesor AMD adalah salah satu chip seluler terbaik di pasaran – dan memori, penyimpanan, kualitas layar, dan speaker semuanya luar biasa. Asus Duo SE GX551 akan memainkan hampir semua game pada 4K atau 1080p, dan CPU akan memindai melalui pengeditan video, pembuatan konten, dan streaming.

ScreenPad juga menambahkan dimensi lain ke laptop ini. Bergantung pada game yang Anda mainkan dan aplikasi kreatif yang Anda gunakan, hal itu terbukti sangat berharga. Layar kedua itu menyebabkan masalah. Ini menghalangi keyboard dan trackpad, membuat mesin ini lebih berat, berkontribusi pada masa pakai baterai yang lebih buruk dan menaikkan harga secara drastis. Kesimpulannya, kembali lagi kepada keinginan para pengunannya, sih.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!