Apa Itu Pi Network? Ternyata Begini Penjelasannya!


apa itu pi network

Apa itu pi network? Pastinya kamu akan bertanya hal tersebut ketika baru mendengarnya. Bagi para suhu yang sudah lama main kripto pasti sudah tahu dengan istilah tersebut.

Namun, wajar jika sebagian dari kamu tidak mengetahui apa itu pi network dan bagaimana cara kerjanya. Hal ini karena jaringan Pi sedikit berbeda.

Pada dasarnya, jaringan Pi adalah salah satu mata uang kripto atau yang biasa kamu kenal dengan mata uang kripto. Namun, ada sedikit perbedaan antara koin Jaringan Pi dan mata uang kripto lainnya. Berikut penjelasannya! 

Apa Itu Pi Network

apa itu pi network
apa itu pi network dalam dunia crypto

Seperti yang sudah kamu ketahui, Pi Network adalah cryptocurrency yang menawarkan konsep penambangan. Namun, tidak seperti cryptocurrency lainnya, cryptocurrency jaringan Pi tidak diperdagangkan secara gratis.

Jadi, untuk mendapatkan cryptocurrency ini, kamu perlu membuat grup yang terdiri dari tiga hingga lima orang untuk membuat jaringan. Kemudian, semua transaksi baru dapat dilakukan jika disetujui oleh node terpercaya.

Node itu sendiri adalah salah satu jenis pengguna di Jaringan Pi. Selain node, ada juga pengguna yang berfungsi sebagai seorang pioneer, contributor, dan juga ambasador.

Sejarah Pi Network 

apa itu pi network
sejarah pengembangan pi network

PI didirikan oleh Nicolas Kokkalis dan Shengdiao Fan. Kokkalis dan Fan memiliki gelar doktor dari Universitas Stanford di Amerika Serikat, dengan Kokkalis memegang gelar dalam ilmu komputer dan Fang memiliki gelar doktor dalam antropologi komputasi.

Konsep Pi Network pertama kali muncul pada tahun 2019, dengan peluncuran aplikasi tahun itu. 2020 melihat peluncuran testnet dan jumlah perintis aktif mencapai satu juta.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Dari akhir Juni 2021 hingga akhir September di tahun yang sama, Pi menyelenggarakan hackathon pertamanya, #BuildPi2gether” sebuah acara kolaboratif di mana para pionir dan pengembang bergabung untuk membangun masa depan Pi bersama-sama”.

Hal ini menawarkan total $100.000 dan 100.000 IP untuk proyek-proyek unggulan di bidang lingkungan dan aplikasi komersial.

Pada 25 November 2021, jaringan Pi mengatakan telah melampaui 29 juta pengguna. Itu rata-rata 61.120 perintis bergabung dengan jaringan setiap hari. Pada akhir Desember, mainnet diluncurkan, meskipun pada saat penulisan (14 Maret 2022), tidak ada pertukaran yang mencantumkan koin. 

Baca juga: RansVerse Whitepaper: LAND, Mata Uang Hingga Game Story

Apakah Aman Digunakan?

Flag Pattern
keamanan dalam pi network

Bagi yang ingin tahu apakah jaringan Pi buruk atau tidak, tidak ada jawaban yang jelas. Tentu saja, kamu dapat kehilangan informasi pribadi karena kebutuhan untuk memberikan detail nama, nomor telepon, dan Facebook

Juga, ada pertanyaan tentang apakah Pi Network scam atau tidak karena sifatnya yang mirip dengan skema piramida.

Baca juga: Perbedaan DEX dan CEX dalam Dunia Kripto

Hal ini karena kamu perlu menarik orang lain untuk bergabung dengan jaringanmu. Jadi, meskipun Pi Network dengan keras menyangkal bahwa ini adalah penipuan, kamu tetap harus berhati-hati.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Satu pemikiran pada “Apa Itu Pi Network? Ternyata Begini Penjelasannya!

  1. Rey

    Sedikit masukan saja coba pelajari dulu detail info tentang pi network biar menyuguhkan penerangan yang mengena

Add a comment

id_IDID