Apa Itu Market Cap Crypto? Begini Penjelasannya!

apa itu market cap crypto

Apa itu market cap crypto masih banyak ditanyakan oleh para pemula yang baru terjun di dunia crypto. Market cap atau nilai pasar adalah salah satu indikator paling sederhana dan termudah untuk menentukan ukuran pasar aset kripto. 

Bagian ini juga digunakan sebagai acuan bagi investor dalam mengambil keputusan investasi. Apa itu market cap crypto? Kami akan menjelaskannya secara sederhana pada artikel ini.

Dapatkan Laptop ROG Gratis dan hadiah menarik lainnya hanya dengan ikutan Discord Quest #GamingYourWay di VCGamers. Gabung Sekarang Di Sini!

Apa Itu Market Cap Crypto? 

apa itu market cap crypto
penjelasan mengenai market cap crypto

Kapitalisasi pasar atau disingkat marcet cap adalah nilai total aset keuangan (saham, kripto, forex dan sebagainya) yang didistribusikan pada harga pasar saat ini dan biasanya dinyatakan dalam dolar. Market head adalah istilah yang umum didengar dan merupakan terjemahan bahasa Indonesia dari head market. 

Shobit Seth dari Investopedia mengungkapkan bahwa kapitalisasi pasar sering digunakan untuk mengklasifikasikan perusahaan besar, menengah atau kecil.

Investor dan auditor menggunakan kapitalisasi pasar saham untuk membandingkan dan memperkirakan nilai pasar perusahaan. Hal yang sama berlaku untuk kriptografi.

Nilai pasar saham mencerminkan risiko berinvestasi di perusahaan atau aset tertentu. Saham berkapitalisasi besar cenderung memiliki risiko yang lebih rendah, tetapi tumbuh pada tingkat yang lebih lambat dibandingkan dengan saham berkapitalisasi menengah atau kecil.

Market cap Crypto adalah metrik penting untuk memahami ukuran pasar cryptocurrency. Informasi pasar cryptocurrency utama dapat memberikan data dan wawasan kinerja cryptocurrency dan membantu investor membuat keputusan investasi.

Market Crypto Tertinggi 

Berikut ini adalah daftar aset kripto yang memegang posisi lima besar berdasarkan kapitalisasi pasar atau kapitalisasi pasar di situs CoinMarketCap, per hari ini. 

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Bitcoin (BTC) 

cara bermain crypto
market cap crypto terbesar BTC

Bitcoin adalah aset kripto tertua dan terpopuler di pasar kripto. Dibuat pada tahun 2009 dan mulai mendapatkan popularitas pada tahun 2011, harga BTC dan IDR pada saat penulisan mencapai IDR 662 juta dengan kapitalisasi pasar sebesar IDR 12,584 triliun. 

Ethereum (ETH) 

market cap crypto terbesar BTC
market cap crypto terbesar ETH

Ethereum bukan hanya aset kripto, ini adalah proyek open source yang menggunakan teknologi blockchain. Crypto ini dibuat dengan bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi (Dapps). Tahukah kamu bahwa teknologi NFT juga pertama kali ditemukan oleh blockchain Ethereum?

Tether (USDT) 

market cap crypto terbesar BTC
market cap crypto terbesar USDT

Tether adalah salah satu koin paling populer di pasar perdagangan kripto. Stablecoin adalah aset kripto yang nilainya sama dengan mata uang fiat. USDT sendiri dipatok ke dolar AS, jadi 1 USDT berharga satu dolar AS. 

Baca juga: TERBARU! Ini 383 Aset Kripto Legal di Indonesia

Binance (BNB) 

koin crypto yang bagus
market cap crypto terbesar BNB

Binance Coin (BNB) adalah komoditas kripto berbasis ERC-20 yang dikeluarkan oleh salah satu platform aset kripto terkemuka, yaitu Binance. Pada tahun 2017, Binance meluncurkan aset kripto ini melalui initial coin offering (ICO).

Meski kecil, BNB berhasil menduduki peringkat keempat dalam kapitalisasi pasar dengan harga 1 BNB Rp 6 juta dan kapitalisasi pasar Rp 1,058 miliar. 

Kesimpulannya, ketika masih ada pertanyaan apa itu market cap crypto, jawabannya; kapitalisasi pasar adalah alat pengukuran yang berguna untuk membandingkan nilai total aset kripto.

Baca juga: 5 Aplikasi Kripto yang Tercatat di Bappebti, Cocok untuk Pemula!

Namun, tren pasar, stabilitas harga cryptocurrency, dan situasi keuangan kamu juga harus diperhitungkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID