Apa Itu Halving Bitcoin? Simak Penjelasannya!

Apa Itu Halving Bitcoin

Bagi para investor dan trader crypto, pastinya pernah mendengar mengenai fenomena bernama Halving Day Bitcoin. Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai apa itu Halving Day Bitcoin.

Terdapat fenomena Halving Day Bitcoin selama empat tahun sekali. Para investor dan trader yang berpengalaman pastinya sudah mengetahui fenomena ini dan memiliki catatan tersendiri mengenai Halving Day.

Berikut adalah penjelasan umum mengenai halving Bitcoin lengkap dengan tanggal, akibat, dan cara kerja fenomena tersebut.

Baca Juga: Istilah Crypto Paling Penting Untuk Pemula

Apa Itu Halving Bitcoin?

Ilustrasi Apa Itu Halving Bitcoin
Ilustrasi Halving Bitcoin. Sumber: Michael Förtsch via Unsplash

Halving Bitcoin adalah fenomena ketika hadiah dari mining blok Bitcoin terbagi menjadi dua setiap 210 ribu blok hingga meraih batas maksimal 21 juta. Fenomena ini terjadi setiap empat tahun sekali.

Dapatkan Laptop ROG Gratis dan hadiah menarik lainnya hanya dengan ikutan Discord Quest #GamingYourWay di VCGamers. Gabung Sekarang Di Sini!

Bitcoin memiliki berbagai fitur penting sebagai aset kripto pertama di dunia. Salah satu fitur penting tersebut adalah halving yakni pemotongan imbalam terhadap penambang atau miner hingga setengah dari jumlah awal.

Penambang atau miner adalah seseorang atau kelompok yang menambah blok baru dalam sistem Blockchain.

Mereka berhasil menambahkan blok baru tersebut dengan menyelesaikan berbagai persamaan matematika atau kriptografi yang cukup sulit.

Karena itu, miner Bitcoin pasti memiliki alat atau mesin penambang crypto yang canggih agar lebih cepat menyelesaikan kriptografi tersebut.

Setelah berhasil melakukan mining, maka miner akan mendapatkan imbalan. Selain mining, imbalan juga akan diberikan bila miner berhasil melakukan verifikasi transaksi Bitcoin.

Semakin besar dan sulit, semakin besar juga imbalan yang tersedia bagi miner. Maka dari itu, Halving merupakan fenomena yang mengurangi kecepaan penambahan koin terbaru dan menurunkan supply bitcoin yang beredar.

Halving Day Bitcoin akan memotong imbalan bagi miner setiap 210 ribu blok yang ditambang oleh miner.

Hal tersebut terjadi sebagai salah satu pencegahan naiknya tingkat inflasi Bitcoin yang mungkin bisa terjadi.

Kapan Halving Bitcoin Terjadi?

Ilustrasi Apa Itu Halving Bitcoin
Ilustrasi Halving Day. Sumber: Austin Distel via Unsplash

Pemotongan imbalan atau hadiah bagi miner pastinya membuat miner kehilangan keuntungan. Bagi miner Bitcoin, hari halving ini sangat krusial.

Seperti yang sudah dibahas, halving day akan terjadi setiap empat tahun sekali. Halving day pertama kali terjadi pada tanggal 28 November 2012 dan menghasilkan hadiah blok sebesar 25 BTC.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Setelah itu, halving day terjadi pada tanggal 9 Juli 2016, empat tahun kemudian. Pada tahun 2016, terdapat hadiah koin untuk miner sebesar 12,5 BTC per koin.

Menurut Investopedia, Halving Day selanjutnya terjadi pada tanggal 11 Mei 2020 dan menghasilkan hadiah blok sebesar 6,25 BTC.

Halving Day Bitcoin akan terjadi lagi pada tahun 2024, empat tahun setelah tahun 2020. Menurut Coinwarz, Halving day selanjutnya akan terjadi pada tanggal 25 April 2024.

Baca Juga: Tips Menjadi Penambang Bitcoin dan Menghasilkan Uang

Pengaruh Halving Day Terhadap Harga Bitcoin

Chart Apa Itu Halving Bitcoin
Pengaruh Halving Day. Sumber: Pintu

Terdapat pengaruh yang cukup besar bagi harga BTC setelah terjadinya Halving. Harga BTC akan naik apabila jumlah koin yang rilis menurun.

Halving Day akan menurunkan jumlah koin karena akan ada potongan jumlah koin yang beredar setiap empat tahun sekali.

Karena adanya penurunan supply, maka permintaan akan meningkat. Hal tersebut merupakan dasar dari konsep Supply and Demand dan kali ini konsep tersebut bisa digunakan dalam konsep Cryptocurrency.

Baca Juga: 5 Dompet Bitcoin Terbaik 2022, Aset Aman!

Akibat dan Dampak Umum

Ilustrasi Apa Itu Halving Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Ivan Babydov via Pexels

Selain itu, terdapat dampak yang cukup diwaspadai oleh investor dan trader Bitcoin. Pada tahun 2024, pasokan koin BTC akan rilis seharga 1.312.500 BTC.

Hadiah bagi para miner akan berkurang menjadi 3,125 BTC sehingga terjadinya kewaspadaan oleh trader dan investor.

Ketika terjadinya Halving Day, maka akan ada sebuah skema yang terjadi. Pertama, Halving Day dimulai. Terdapat permintaan yang meningkat ketika persediaan mengurang atau lebih sedikit.

Setelah itu, harga akan meningkat dan inflasi BTC akan lebih terkendali. Hal tersebut terjadi karena insentif dari penambang akan tetap ada meskipun imbalan yang lebih kecil karena nilai BTC akan meningkat.

Demikian pembahasan mengenai Halving Day BTC. Ikuti terus informasi terbaru tentang Crypto lainnya hanya di VC News!

VCGamers juga memiliki aset kripto bernama $VCG Token. Kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya dengan masuk ke laman $VCG Token.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID