Apa Itu Frame Rate? Berikut 4 Ulasan yang Harus Kamu Ketahui!

Apa Itu Frame Rate

Apa Itu Frame Rate? – Masih banyak dari kita yang belum mengetahui pengertian dan manfaat dari frame rate itu sendiri. Frame Rate sangat penting bagi kita untuk memaksimalkan performa dan visual dari pengalaman kita pada saata bermain game.

Untuk mengulas lebih lanjut apa itu frame rate, berikut ini adalah beberapa ulasan yang harus kamu ketahui apa itu frame rate dari pengertian, manfaat sampai cara meningkatkan frame rate itu sendiri. Berikut ini ulasan mengenai apa itu frame rate.

Apa Itu Frame Rate

Apa Itu Frame Rate
EA

Ketika kamu melihat gambar yang bergerak pada layar, seperti film atau game, gerakan itu berasal dari tampilan gambar yang berututan, dikenal sebagai frame. Dengan mengetahui hal ini, kecepatan frame dapat digambarkan sebagai ukuran seberapa sering frame baru muncul di layar. Biasanya diukur dalam frame per second (fps).

Seperti yang ditunjukkan oleh artikel dari TechSmith, 24 fps biasanya dianggap sebagai kecepatan frame minimum agar gerakan terlihat realistis di monitor atau di televisi. Biasanya hal tertentu ditampilkan pada kecepatan bingkai 30 fps yang lebih tinggi, termasuk olahraga secara live, karena enam frame ekstra per detik dapat menghasilkan manfaat dalam hal detail tambahan dalam gerakan.

Sementara itu, untuk video game, 60 fps sudah dianggap optimal dan ini terutama berlaku untuk game seperti FPS (First Point Shooter), di mana presisi dan waktu reaksi sangat penting. Nah mungkin lebih lanjut mengenai Apa Itu Frame Rate adalah ukuran kecepatan frame yang ditunjukan per detiknya.

Kecepatan frame terkadang juga disebut sebagai frekuensi frame dan meskipun ini menggambarkan konsep dasar yang sama, frekuensi bingkai sering kali dinyatakan dalam hertz (Hz) alih-alih bingkai per detik (fps). Namun, sangat penting untuk mengklarifikasi bahwa frame rate dan frekuensi frame sama sekali berbeda dari konsep refresh rate.

Mengapa Frame Rate Sangat Penting Untuk Gaming

Apa Itu Frame Rate
Pixabay

Setelah mengetahui apa itu frame rate. Sejauh ini Ada meme selama satu dekade yang lalu tentang berapa banyak frame yang benar-benar dapat dilihat mata manusia. Pemain konsol (dikunci pada 30 FPS) mengklaim bahwa 30 cukup banyak batas mata manusia. Kebenaran tersebut terletak di suatu tempat di antara keduanya. Player hanya dapat benar-benar melihat 10-12 frame per detik dan tingkat yang lebih tinggi dianggap sebagai gerakan.

Meski begitu, ada perbedaan mencolok antara, misalnya, 15 FPS, 60 FPS, atau yang lebih mengejutkan lagi, 120 FPS.

Pada titik ini, Kamu mungkin berpikir bahwa 120 FPS adalah frame rate terbaik untuk bermain game. Meskipun kamu pasti tidak akan memiliki pengalaman kurang baik pada saat bermain di 120 FPS, Kamu harus mengetahui beberapa faktor lainnya.

Manfaat Frame Rate

Apa Itu Frame Rate
Pixabay

Manfaat paling jelas untuk memiliki FPS yang lebih tinggi adalah pengalamannya akan jauh lebih lancar. Animasi yang lebih halus memungkinkan kamu melihat lebih banyak bingkai perantara dalam pergerakan karakter di layar, terutama dalam game dengan banyak aksi. Karena kamu telah melihat lebih jauh apa itu frame rate dan mengapa sebuah video game penting untuk frame rate. Berikut ini adalah manfaat dari frame rate.

Oleh karena itu, memiliki frame rate yang tinggi dapat membuat pengalaman bermain game lebih imersif dan nyata karena mata kamu mendapatkan lebih banyak informasi untuk setiap detik gameplay.

Kecepatan frame rendah juga menyebabkan lag, di mana elemen tampak berhenti setiap beberapa bingkai dan melompati layar selama gerakan. Ini bisa menjadi sangat tidak nyaman bagi pemain dan dapat membuat permainan tampak tidak dapat dimainkan. Apa itu frame rate dari mulai pengertian, manfaat serta mengapa harus frame rate telah dijelaskan.

Meskipun jarang, di beberapa game, kecepatan bingkai terkait langsung dengan kecepatan game. Oleh karena itu, berjalan pada FPS rendah dapat membuat keseluruhan permainan tampak lebih lambat. Frekuensi gambar yang lebih tinggi menyelesaikan masalah ini sepenuhnya.

Baca Juga : Hero Counter X Borg Mobile Legends Terkuat Di 2022

Bagaimana Cara Meningkatkan Frame Rate

Apa Itu Frame Rate
Pixabay

Menurut HP, Jika kamu menjalankan tes kecepatan frame rate dan memutuskan ingin meningkatkan kecepatan kecepatan frame rate kamu untuk transisi yang lebih baik, ada beberapa metode yang dapat kamu coba sebelum berinvestasi di monitor komputer dengan Hz yang lebih cepat:

  • Turunkan pengaturan tampilan resolusi kamu ke kontras yang lebih rendah
  • Ubah pengaturan pemutaran video
  • Perbarui driver kartu grafis dengan perangkat keras yang lebih baik
  • Overclock hardware
  • Gunakan software pengoptimalan PC yang mengubah fps untuk Kamu


Jika kiat-kiat untuk meningkatkan fps ini tidak berhasil, Kamu dapat mengubah sendiri kecepatan bingkai secara manual dengan masuk ke pengaturan tampilan dan memeriksa apakah ada yang berpotensi diubah. Ketika semuanya gagal, mungkin sudah waktunya untuk berinvestasi dalam monitor berkualitas lebih tinggi yang dapat membuat game favorit kamu berjalan lebih cepat.

Kesimpulan

Karena kita telah dipenghujung bahasan. Kesimpulan dari apa itu frame rate adalah pastinya kecepatan dalam menjalankan sebuah gambar maupun video yang ditunjukan berasa nyata. Hal ini menunjukan pengalaman yang memuaskan untuk para gamer dan konten kreator. Sehingga, Artikel apa itu frame rate bisa menjadi wadah kamu dalam berkreasi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Komentar

  1. Jihan

    its such a good news, thankyou for new insight!