Mengenal Apa itu eSIM iPhone dan Cara Penggunaannya

Apa Itu eSIM iPhone

Apa itu eSIM iPhone menjadi pertanyaan yang banyak muncul. Apple telah menawarkan teknologi Dual SIM sejak rilis iPhone 2018. Khususnya iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Ada dua jenis dual SIM yang digunakan. Yang pertama adalah nano SIM+eSIM dan yang kedua nano SIM + nano SIM (khusus Hongkong, China dan Macau).

Penyedia layanan seluler di Indonesia sudah mendukung sistem eSIM untuk handset iPhone. Berikut beberapa pertanyaan seputar teknologi eSIM untuk iPhone di Indonesia yang sering ditanyakan.

Baca juga: 5 Aplikasi Mobil Terbaik untuk iPhone

Apa Itu eSIM iPhone?

Apa Itu eSIM iPhone

eSIM (Embedded SIM) adalah jenis kartu SIM yang dibedakan dari kartu SIM fisik yang digunakan pada perangkat mobile.

eSIM adalah sebuah chip yang ditanam di dalam perangkat yang memungkinkan perangkat tersebut untuk mengaktifkan jaringan seluler tanpa harus mengganti kartu SIM fisik.

Di iPhone, eSIM dapat digunakan sebagai alternatif atau bahkan sebagai pengganti dari kartu SIM fisik. eSIM dapat diaktifkan melalui pengaturan di iPhone dan dilakukan dengan memindai kode QR atau menginput kode manuel yang diberikan oleh operator seluler.

Setelah diaktifkan, eSIM dapat digunakan sebagai kartu SIM utama atau cadangan dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, dan mengakses internet. eSIM memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan kartu SIM fisik, diantaranya:

  1. Lebih mudah dalam aktivasi dan penggantian, tidak perlu repot-repot mengganti fisik SIM card.
  2. Memungkinkan untuk mengaktifkan beberapa profil jaringan seluler pada satu perangkat. Sehingga dapat digunakan untuk bepergian ke negara lain atau beralih operator tanpa harus mengganti SIM card.
  3. Lebih aman karena tidak perlu khawatir kehilangan atau kerusakan fisik kartu SIM.
  4. Lebih efisien karena tidak perlu membeli kartu SIM fisik secara terpisah.

Namun, perlu diingat bahwa eSIM tidak tersedia di semua negara dan operator seluler. Dan pastikan kamu memahami persyaratan dan prosedur yang ditetapkan oleh operator seluler Anda sebelum mengaktifkan atau mentransfer eSIM.

Beberapa operator mungkin memerlukan registrasi atau aktivasi ulang eSIM sebelum digunakan. Juga, pastikan kamu membuat cadangan data sebelum mengaktifkan atau mentransfer eSIM, karena proses tersebut dapat menghapus data yang tersimpan di perangkat.

Baca juga: Cara Pakai Logo Iphone Apple di Nickname Game Free Fire (FF)

Jenis iPhone yang Mendukung eSIM

Apa Itu eSIM iPhone

Beberapa iPhone yang mendukung eSIM antara lain:

  1. iPhone XR
  2. iPhone XS
  3. iPhone XS Max
  4. iPhone 11
  5. iPhone 11 Pro
  6. iPhone 11 Pro Max
  7. iPhone SE (Generation ke-2)
  8. iPhone 12
  9. iPhone 12 mini
  10. iPhone 12 Pro
  11. iPhone 12 Pro Max
  12. iPhone 13
  13. iPhone 13 mini
  14. iPhone 13 Pro
  15. iPhone 13 Pro Max

Semua model iPhone di atas dilengkapi dengan eSIM yang memungkinkan kamu untuk mengaktifkan jaringan seluler tanpa harus mengganti kartu SIM fisik.

Namun, pastikan kamu memahami persyaratan dan prosedur yang ditetapkan oleh operator selulermu sebelum mengaktifkan atau mentransfer eSIM. Hal ini karena beberapa operator mungkin memerlukan registrasi atau aktivasi ulang eSIM sebelum digunakan.

Kamu juga dapat mengecek kompatibilitas iPhone dengan eSIM dengan mengunjungi situs resmi operator selulermu atau menghubungi layanan pelanggan untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Baca juga: Rekomendasi Emulators For iPhone untuk Windows dan Mac

Cara Memasukkan eSIM ke iPhone Dual SIM

Apa Itu eSIM iPhone

Cara memasukkan eSIM ke iPhone yang dilengkapi dengan fitur dual SIM adalah sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan di iPhonemu dan pilih “Cellular” atau “Mobile Data”.
  2. Pilih opsi “Add Cellular Plan” atau “Add Cellular Service”.
  3. Kamu akan diberikan dua pilihan, “Scan QR Code” atau “Enter Details Manually”.
  4. Pilih “Scan QR Code” dan pindai kode QR yang diberikan oleh operator selulermu. Cara lain dengan pilih “Enter Details Manually” dan masukkan kode yang diberikan oleh operator selulermu.
  5. Setelah proses aktivasi selesai, eSIM akan muncul di daftar “Cellular Plans” atau “Mobile Data Services” dan dapat digunakan sebagai kartu SIM utama atau cadangan.
  6. Kamu juga dapat memilih eSIM yang akan digunakan sebagai kartu SIM utama atau cadangan di menu “Cellular” atau “Mobile Data” dan pilih “Cellular Data Options” atau “Mobile Data Options”
  7. Pilih “SIM Applications” atau “SIM Select” dan pilih eSIM yang akan digunakan sebagai kartu SIM utama atau cadangan.

Sudah tahu kan apa itu eSIM iPhone dan bagaimana cara mengaktifkannya? Ikuti cara di atas, atau jika kesulitan kamu bisa menghubungi operator.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!