iMessage Tidak Pernah Hadir Di Android? Inilah 2 Alasannya

iMessage Tidak Pernah Hadir Di Android? Inilah 2 Alasannya

Hai Vicigers, kali ini mungkin kita akan sedikit membahas pertanyaan yang sering dilontarkan oleh beberapa dari kalian, yaitu mengenai kenapa iMessage tidak ada di Android? Mungkinkah nanti akan dirilis? Atau tidak sama sekali?

Baca juga: iPhone 13 Leak Hadir Dengan Notch Yang Lebih Kecil

iMessage eksklusif untuk pengguna iDevice

iMessage Tidak Pernah Hadir Di Android? Inilah 2 Alasannya
Sumber: Website resmi Apple

Sebuah dokumen mengungkapkan bahwa Eddie Cue (wakil presiden senior perangkat lunak dan layanan internet Apple) ingin iMessage hadir kembali ke Android pada tahun 2013, tetapi telah ditolak oleh eksekutif lain, yang berpendapat bahwa eksklusivitas iMessage adalah alasan paling sulit untuk seseorang meninggalkan produk Apple.

Beberapa sumber juga menginformasikan bahwa upaya Google untuk membeli WhatsApp lah yang membuat Cue benar-benar mendorong untuk membuat iMessage multiplatform.

Kekhawatiran Cue memang beralasan, siapa sih yang tidak iri melihat aplikasi WhatsApp dengan jumlah pemakai lintas platformnya yang hingga saat ini mencapai milyaran pengguna?

Tapi memang tidak bisa dipungkiri yang menjadi ciri khas sebuah iDevice hingga saat ini adalah aplikasi iMessage yang hanya dapat digunakan oleh Apple user, dan itu mungkin sesuatu yang tidak mau dirubah oleh Apple.

Sebagai salah satu cara untuk melawan Google

The Verge (jaringan media berita teknologi Amerika yang dioperasikan oleh Vox Media dengan kantor di Manhattan, New York) sempat menginformasikan bahwa Apple tidak mau kehilangan salah satu aplikasi terpentingnya dan masuk dalam lingkungan Google.

iMessage diyakini merupakan aplikasi perpesanan terbaik dan Apple yakin harus menjadikannya sebagai standar industri.

Dikutip dari The Verge, Federighi (wakil presiden senior bidang rekayasa perangkat lunak Apple) menyimpulkan dengan mengatakan bahwa

“dengan tidak adanya strategi untuk menjadi layanan pesan utama bagi sebagian besar pengguna ponsel, ia khawatir bahwa iMessage di Android hanya akan berfungsi untuk menghilangkan hambatan bagi ‘Keluarga iPhone’ memberi anak-anak mereka smartphone Android.”

Masuk akal memang, dengan sebuah keluarga yang biasa menggunakan perangkat iDevice, lalu mereka mengetahui bahwa aplikasi kirim pesan milik Apple tersebut telah multiplatform, bukan tidak mungkin mereka (orang tua) akan memberikan anaknya sebuah smartphone android yang lebih terjangkau, alih-alih untuk sebuah ‘pengenalan’ anak terhadap smartphone.

Jadi, kalau kalian Vicigers setuju ga nih kalau nantinya iMessage dapat digunakan multiplatform? Coba share pendapat kalian di kolom komentar ya!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!