5 Tips Memilih Laptop Baru Untuk Bekerja Dan Bermain Game

tips memilih laptop baru

Awal tahun, pasti banyak dari kalian yang berencana membeli laptop baru nih, benar kan Vicigers? Setelah beberapa rekomendasi yang kita buat sebelumnya, yang kalian bisa baca disini:

Gimana? Kalian sudah menemukan laptop yang pas atau belum? Kalau kalian masih bingung untuk meminang laptop mana untuk dibawa pulang, yuk simak artikel ini sampai habis ya, kita akan membahas tips memilih laptop baru yang sesuai kebutuhan, agar kamu tidak galau nih Vicigers!

  • Tentukan prosesor yang sesuai untuk laptop baru kamu

intel core i series
Intel Core i-Series

Kira-kira kamu butuh laptop baru ini untuk apa nih Vicigers, kalau memang kamu butuh laptop baru hanya untuk sekedar pekerjaan kantor yang tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Untuk menghemat kocek, kamu dapat membeli laptop dengan prosesor Intel i3 Gen 10/11, ataupun Ryzen 3 Gen 3/4.

Spesifikasi minimal ini, kita terapin biar kamu mendapatkan user experience yang maksimal walaupun kamu tidak memakai prosesor kelas atas sekalipun. Kita tidak terlalu menyarankan kamu untuk membeli laptop dengan prosesor Celeron/Pentium/Athlon jika kamu membutuhkan laptop ini untuk pekerjaan kantor.

Walaupun terlihat sepele, tapi nanti ketika kamu butuh multitasking yang super cepat, kamu akan merasakan perbedaannya, antara laptop yang diotaki dengan Celeron/Pentium/Athlon dan laptop yang diotaki minimal Intel i3 Gen 10/11 atau Ryzen 3 Gen 3/4.

Tapi, kalau kamu membeli laptop baru untuk keperluan bermain game kelas menengah atas, ataupun game FPS atau game triple A lainnya. Kita saranin kamu untuk membeli laptop baru dengan minimal prosesor i5 Gen 10/11 ataupun Ryzen 5 Gen 3/4, tentunya yang dilengkapi juga dengan GPU yang handal dan RAM yang maksimal.

  • Pilih GPU sesuai keperluan

Kalau kamu adalah seorang gamers dengan kebutuhan memainkan games yang membutuhkan spesifikasi kelas atas, silahkan kamu mencari laptop dengan pilihan GPU teranyar dan terbaik. Misal seperti NVidia RTX series ataupun Radeon RX Series. Hal ini juga berlaku untuk kamu seorang konten kreator ya, karena GPU yang mumpuni akan membantu kinerja laptop dalam proses rendering konten kamu.

Kalau kamu hanya butuh laptop untuk pekerjaan ringan, VGA NVidia atau Radeon kelas menengah rasanya cukup untuk kamu, atau VGA on-board pun bisa dipertimbangkan.

  • Maksimalkan RAM pada laptop

Setiap kamu membeli laptop baru, pastikan kamu selalu memaksimalkan kapasitas RAM-nya. Hal ini dapat membantu kinerja laptop kamu menjadi semakin cepat dan responsif dalam hal multitasking, ataupun mengangkat kinerja laptop kamu secara keseluruhan.

Pastikan speed RAM yang kamu beli maksimal dan sesuai untuk laptop kamu. Hal ini dapat membantu agar laptop kamu memiliki kinerja yang maksimal, dan tidak bottleneck.

  • Pilih layar terbaik untuk mata kamu

Layar terbaik adalah yang sesuai untuk kebutuhan kamu, apakah layar yang cocok untuk kamu adalah layar IPS/TN/VA?

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment