5 Strategi Clash Of Clans Untuk Pemula, Catat Ini!

strategi clash of clans untuk pemula

Hola Vicigers, kali ini kita ingin mengulas tentang strategi Clash of Clans (COC) untuk pemula. Ini tentu sangat perlu dikethaui buat kamu yang baru saja memainkan game COC.

Clash of Clans adalah salah satu game strategi paling populer di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Meskipun game ini dirilis pada tahun 2013, namun masih banyak gamer yang menginstalnya di smartphone mereka untuk memainkannya.

Setidaknya, sudah lebih dari 100 juta pengguna ponsel yang mengunduhnya saat artikel ini ditulis. 

Clash of Clans juga adalah game strategi yang bisa membuat kamu ketagihan. Dalam game ini, kamu dapat membangun kota sendiri dan melengkapi warga dengan senjata. Lalu, kamu juga bisa menyerang kota lain untuk mendapatkan lebih banyak item dan exp untuk meningkatkan kotamu sendiri.

Nah, pada kesempatan ini, VCGamers akan memberikan lima strategi clash of clans untuk pemula yang harus kamu catat!

Baca juga: 5 Base TH 12 COC Terbaik Untuk Bertahan

Daftar Strategi Clash Of Clans Untuk Pemula

Game COC bersifat strategi, tentunya kamu butuh sebuah strategi yang benar untuk menang  melawan musuh. Berikut beberapa tips dan strategi clash of clans untuk pemula yang bisa kamu terapkan!

Membeli Builder

Base 5
Strategi clash of clans untuk pemula dengan membeli builder. Sumber: Supercell.

Builder memegang peranan yang sangat penting dalam game ini, jika kamu ingin membeli Builder maka kamu harus menggunakan Gems. 

Jika kamu memiliki banyak permata atau gems, Kamu dapat membeli Builder, meskipun dalam game ini Builder terbatas. 

Ketika kamu menjadi orang pertama yang membangu Town Hall, kamu akan mendapatkannya secara gratis. Tetapi pembuat kedua akan menelan biaya 250 germs, yang ketiga 500, yang keempat 1000 dan yang kelima 2000. 

Dan setiap kali Builder bertambah, maka harga germs akan naik. Jadi, rawat germs untuk mendapatkan pembangun. 

Jangan Terburu-buru Membangun Town Hall

COC Base TH 11
COC Base TH 11. Sumber: Supercell.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemula adalah membangun rumah pedesaan atau biasa disebut sebagai Town Hall (TH) tanpa perhitungan apa pun. 

TH pasti diinginkan oleh suku atau masyarakat lain. Tanpa keamanan yang kuat, Town Hall kamu akan mudah dihancurkan.

Coba promosikan sumber daya lain di komunitas kamu. Bangun senjata, meriam, dan menara busur yang kuat untuk tetap waspada terhadap serangan. 

Kamu pastinya tidak ingin dicap sebagai pemain yang belum jago, bukan? Oleh karena itu, kamu harus bersabar dalam membangun TH.

Ciptakan Kota yang Hebat 

Base 3
Kota besar di COC. Sumber: Supercell.

Kota besar akan lebih sulit dihancurkan musuh. Namun, kamu perlu membuat tempat yang cocok untuk militer. 

Pastikan untuk menempatkan senjata, penembak menara, dan senjata darat di tempat yang tepat. Tentara garda depan ini akan melindungi markasmu. Meskipun berada di perbatasan luar, semakin sulit kota kamu diserang. 

Kumpulkan Gold dan Elixir Sebanyak Mungkin 

strategi clash of clans untuk pemula
Elixir COC. Sumber: Youtube.

Kamu harus rajin dalam mencari gold dan elixir di game ini. Clash of Clans juga memiliki banyak cara untuk mendapatkan gold. Kam dapat berpartisipasi dalam tantangan dengan hadiah emas dan ramuan setelah menyelesaikannya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencarinya dari pengaturan yang sudah tidak digunakan lagi oleh pemain. Temukan juga tanaman di lingkungan TH-mu. 

Kemudian menebang pohon untuk mendapatkan emas. Pilih pohon cemara atau natal yang banyak mengandung gold. 

Baca juga: Strategi Serangan Town Hall 5 Builder Base COC

Kamu Harus Bergabung Dengan Clan yang Hebat

Game Strategi Android Clash of Clans
Bergabung clan kuat di COC. Sumber: Supercell.

Strategi clash of clans untuk pemula terakhir adalah bergabung dengan clan yang hebat. Terdapat rumah clan besar yang berguna untuk menyimpan pasukan saat markas kamu diserang. 

Atau saat kamu menyerang, kamu bisa memanggil tentara di kastil clan. Cara mendapatkan trop bisa di request melalui request dimana salah satu anggota clan kamu bisa memberikan trop. 

Bergabunglah dengan tim atau clan terbaik, sehingga kamu dapat mengikuti perlombaan pertempuran. 

Oleh karena itu, kamu dapat menemukan lawan yang kuat dan menarik. Semakin tinggi level TH kamu, semakin banyak kesabaran yang kamu butuhkan untuk mendongkraknya, guys. Soalnya waktu update-nya lama banget, sampe 1 minggu, lho.

Baca juga: 5 Kartu Clash Royale Terbaik Untuk Tantangan Klasik

Itulah tadi beberapa tips dan strategi clash of clans untuk pemula yang harus kamu terapkan dalam permainan. Ayo mainkan terus game ini dan dapatkan lebih banyak teman!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!