4 Langkah Bijak Bermain Game ala VCGamers

bijak bermain game

Siapa sih disini yang tidak suka bermain game? Bermain game dapat mengisi waktu kosong kamu, juga dapat sebagai penghibur dikala stress. Tapi, siapa disini yang sudah bijak bermain game, dengan mengatur waktu bermain kamu sehingga tidak mengganggu kegiatan kamu sehari-hari?

Pasti banyak gamers yang kesulitan mengatur waktu, misal sedang asik push rank padahal sudah waktunya bekerja atau sekolah, ataupun kegiatan lainnya.

Nah, jangan biasakan kebiasaan buruk tersebut nih Vicigers. Kebiasaan tersebut tidak mencerminkan sikap bijak bermain game.

Berikut kami akan bahas beberapa langkah bijak bermain game dengan menentukan waktu yang pas dan tepat.

Baca juga: 3 Video Game PC Jadul Terbaik Sepanjang Masa!

4 Langkah Bijak Bermain Game ala VCGamers:

1. Selesaikan pekerjaan/sekolah sebelum bermain game

Pasti banyak kan dari kalian para gamers, yang masih sekolah ataupun masih harus bekerja dari pagi sampai sore/malam hari, atau sebaliknya bagi karyawan yang bekerja dengan shift.

bijak bermain game

Nah, buat kamu para pelajar nih, penting buat kamu untuk mengatur waktu bermain game, karena jika tidak, kamu akan kesulitan untuk mencerna pelajaran yang sedang kamu pelajari di sekolah ataupun di rumah saat belajar online.

Pikiran kamu akan terdistraksi ke suatu game terus menerus, kalau kamu tidak fokus!

Maka dari itu, sebaiknya selesaikan dahulu sekolah ataupun pekerjaan rumah kamu, setelah itu baru kamu dapat bermain game dengan tenang dan tanpa beban.

Bijak bermain game, dan jangan sekali-kali mencuri-curi waktu di waktu belajar/sekolah kamu, karena itu akan sangat mengganggu kamu untuk tetap fokus.

bijak bermain game-01

Sedangkan untuk kamu para pekerja nih, apapun jenis pekerjaan kamu, sebaiknya kamu lebih memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu.

Kecuali, memang pekerjaan kamu dapat dikerjakan dengan baik walaupun diselingi sambil bermain game. Ataupun kamu memang bekerja di bidang game, yang mengharuskan kamu untuk bermain game setiap hari.

Selain dua pekerjaan itu, sebaiknya kamu jangan sekali-kali mencuri-curi waktu untuk bermain game di waktu bekerja kamu, karena itu akan merusak jam kerja, dan kamu tidak akan pernah bisa fokus 100% terhadap pekerjaan kamu.

2. Tentukan waktu bermain game setiap harinya

Nah agar kamu tidak banyak terdistraksi, sebaiknya kamu dapat menentukan waktu bermain game setiap harinya.

Sesuaikan waktu bermain game dengan kegiatan sehari-hari kamu.

bijak bermain game-02

Misal, kamu baru bisa bermain game setelah jam kantor atau setelah jam sekolah selesai, sekitar jam 7 malam. Ya kamu harus konsisten terhadap peraturan yang kamu buat sendiri Vicigers.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Jangan sampai kamu melanggar waktu bermain game, padahal yang buat peraturan itu kamu sendiri.

3. Samakan waktu bermain dengan teman mabar

Penting nih, supaya waktu yang sudah kamu atur tidak terganggu, sebaiknya kamu dapat menyamakan waktu bermain game bersama teman main bareng/mabar kamu Vicigers.

Ga enak kan misal ada teman kamu yang jam 2 siang sudah selesai kerja dan ajak kamu bermain game atau push rank Mobile Legends, padahal di jam tersebut kamu sedang hectic dengan pekerjaan.

mabar

Pasti kamu kesel dong, nah oleh karena itu, sebaiknya kamu dapat menentukan waktu bermain game bersama teman mabar kamu agar semuanya dapat bermain bersama.

Ya kalau memang, waktunya tidak ada yang klop, harus merelakan 1 atau 2 orang, ya apa boleh buat?

Baca juga: Ingin Bermain Game FPS di PC? Lakukan 5 Tips Ini!

4. Jangan mengganggu waktu tidur

Tips terakhir bijak bermain game adalah jangan sampai waktu bermain game kamu, mengganggu waktu tidurmu.

Total waktu tidur yang baik setiap harinya adalah sekitar 6 sampai dengan 8 jam.

Jangan kurang dan jangan lebih dari itu, agar ketika bangun tidur, badan kamu akan fit untuk memulai kegiatan setiap harinya.

bijak bermain game-03

Paling tidak kalau kamu tidur jam 11 malam, kamu sudah bisa bangun jam 5/6 pagi. 6-7 jam cukup membuat tubuh kamu kembali fresh untuk mulai beraktivitas.

Jangan sampai karena asik bermain, lupa waktu dan tau-tau adzan Subuh, padahal sudah bermain game mulai dari jam 8 malam.

Hal seperti itu yang tidak baik untuk kesehatan, walaupun kamu seorang pro player sekalipun, pola tidur yang baik akan sangat membantu kamu untuk tetap tampil sehat dan prima setiap harinya.

Jadi, gimana Vicigers? Sebelum ini, kamu sudah mengikuti 4 langkah bijak bermain game yang kami sarankan atau belum?

Kalau belum, coba deh kamu ikuti saran kami, dan rasakan perbedaan yang terjadi pada diri kamu.

Kami jamin, kamu akan lebih fresh, ceria, sehat, dan tampil prima setiap hari, karena sudah mengatur waktu bermain game dan pola tidur kamu dengan baik.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment

id_IDID