3 Best Apps Buat Nge-Back Up Data-Data Kamu!

Hi Vicigers! Baik sebagai pengguna bisnis atau pribadi, pastinya dong, penting bagi kalian untuk memiliki beberapa back up data untuk semua bentuk semua dokumen dan data kalian serta softwares. Kalau engga, risiko kehilangan data-data penting bisa terjadi karena kerusakan hard drive. Berabe deh. Seperti yang kita ketahui, dengan mem-back up semuanya secara manual tentu akan sangat merepotkan, males banget ‘kan kalo harus menyalin semua file dan folder? Selain rumit, belum tentu aman juga.

Untungnya, ada sejumlah solusi software back up data yang bertujuan untuk dengan mudah dan otomatis mengatur pencadangan data. Dalam beberapa kasus, file baru yang dibuat penggunanya langsung disalin segera setelah disimpan, dan untuk kasus lain ini adalah mencadangan secara rutin dari waktu ke waktu secara frekuentatif. Apa aja tuh aplikasi terbaik untuk back-up data-data kalian? Let’s check this out!

1. Windows 10 Backup

Jika kalian mencari solusi paling sederhana untuk mencadangkan file kalian, Windows 10 Backup adalah solusi yang tepat, deh. Untuk menemukan di mana letak Windows 10 Backup ini, kalian tinggal klik ikon Windows di sudut kiri bawah PC kalian, klik ‘Settings’, lalu ketik ‘Back up’ di kolom pencarian. Pilih drive eksternal yang ingin kalian gunakan, klik opsi lainnya untuk memastikan kalian mencadangkan file lain yang kalian inginkan, lalu klik tombol backup now. Salah satu keuntungan yang paling jelas dari menggunakan ini adalah bahwa hal ini dapat dilakukan secara gratis. Yang kalian butuhkan hanyalah hard drive eksternal atau bahkan USB thumb drive.

2. Microsoft OneDrive

Roqmun itsnani, numero tres, number two, nomor dua, ada Microsoft Onedrive! OneDrive mungkin bisa menjadi salah satu software pencadangan paling terkenal jebolan Microsoft. Solusi ini mungkin yang terbaik untuk kalian jika kalian ingin berbagi file dan folder, yang tidak dapat dilakukan oleh Windows 10 Backup di atas. Keunggulan yang dimiliki OneDrive adalah aplikasi ini memungkinkan kalian untuk menyimpan semua file dan folder di satu lokasi. Seperti banyak solusi penyimpanan lainnya, aplikasi ini juga memungkinkan kalian untuk mengerjakan file secara individu di mana pun kalian berada di saat semisal kalian harus mengerjakan suatu tugas berkelompok.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Semisal kalian sedang mengerjakan tugas kelompok, kalian dapat mengerjakan file di mana pun kalian berada, dan dengan aplikasi untuk iOS, Android, dan Windows. Ini berarti bahwa banyak pengguna dapat mengerjakan dokumen yang sama, memungkinkan semua orang melihat update terbaru secara live bahkan merevisi data yang sedang dikerjakan sekalipun jika diperlukan. Seperti halnya Windows 10 Backup, OneDrive adalah layanan gratis jika kalian hanya membutuhkan penyimpanan sebesar 5 GB. Untuk back up data di atas 5 GB, kalian harus membayar lebih.

3. Microsoft Azure

Microsoft Azure adalah opsi pertama yang dapat kalian gunakan untuk mencadangkan semuanya. Faktanya, karena Microsoft Azure menyediakan komputasi virtual melalui internet (IaaS atau Infrastructure-as-a-Service), semua yang kalian lakukan cuma sebatas menyimpan, hosting, compute, networking, sampai batas tertentu dan sudah di-back up.

Eitss, tunggu dulu tapi. Itu tidak berarti kalian tidak perlu membuat cadangan sendiri saat menggunakan Microsoft Azure. Untuk menjaga agar data tidak terhapus semuanya secara tidak sengaja, ransomware yang semakin populer, dan kerusakan data, kalian masih perlu membuat cadangan sendiri.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID