Keren! 22 Game Mendunia Ini Berlatar Indonesia! – Part 3

9. Cobra Command

Cobra Command atau Thunder Storm ini dikenal juga sebagai Thunder Storm atau サ ン ダ ー ス ト ー ム di Jepang, adalah film interaktif yang awalnya dirilis oleh Data East pada tahun 1984 sebagai game arcade berbasis LaserDisc. Port Mega-CD dari Cobra Command yang dikembangkan oleh Wolf Team dirilis pada tahun 1992. Jadi, jangan heran mengapa cover game-nya memang terasa kunonya.

Game ini selanjutnya dibuat rilisan untuk platform Nintendo Entertainment system. Dalam game ini para gamers bertugas untuk mengendalikan helikopter super canggih untuk menghancurkan lawan-lawan seperti Tank dan kapal selam. Terdapat enam stage yang harus diselesaikan yang terdiri dari beberapa negara.

Diceritakan ada tiga pulau di yang menjadi markas besar para teroris Indonesia yakni Sumatera, Jawa serta Kalimantan. Tujuan utama game ini adalah menyelamatkan para sandera. Khususnya untuk arcade mission, ada sepuluh misi yang harus dilewati sebelum masuk ke Indonesia sebagai negara terakhir yang dikunjungi. Indonesia disebut-sebut punya tingkat kesulitan paling tinggi dibanding kesembilan stage sebelumnya.

10. Civilization V & VI

Pada tahun 2017, Firaxis resmi menghadirkan Indonesia sebagai salah satu faksi tambahan yang dapat dimainkan di Civilization VI. Sebagai developer game, Firaxis di sini sepertinya paham betul dengan nilai sejarah kerajaan dan kebudayaan yang mengakar kuat pada Indonesia.

Barangkali untuk alasan ini pula, pada bulan Juli 2013 mereka merilis game Turn Based strategy mereka, Civilization 5. Sama seperti seri sebelumnya, Civilization VI juga hadir dengan berbagai faksi berupa negara atau kerajaan yang bisa dipilih. Setiap negara dan kerajaan tersebut memiliki satu pemimpin, kecuali Yunani yang hadir dengan dua pemimppin yang di mana para pemain bisa memilih salah satu di antaranya.

Peradaban Indonesia pada game ini digambarkan sebagai sumber komoditas rempah-rempah yang ulung yang berlatar di Jakarta sebagai ibukota maritim dan ditopang oleh provinsi lain. Dalam peradaban Indonesia, firaxis menggantinya menjadi semacam pertarungan si keris atau ahli pedang. Begitu pula dengan bangunannya, kebun diganti dengan candi dan nama candi Borobudur diperkenalkan sebagai salah satu dari keajaiban dunia.

Game ini berisikan sembilan peradaban yang mana salah satunya adalah Indonesia yang dipimpin oleh Mahapatih dari Majapahit pencetus Sumpah Palapa yaitu Gajah Mada. Diceritakan bahwa Indonesia dipimpin oleh Dyah Gitarja, ratu dari kerajaan Majapahit yang menguasai Nusantara pada abad ke-14. Indonesia juga akan tampil sebagai faksi yang ahli dalam perang laut dan pemain akan memiliki banyak bonus jika membangun kota di tepi laut.

Tenang, #adavcgamers yang bisa memenuhi kebutuhan game kamu. Yuk! Follow akun Instagram dan saluran  YouTube kami untuk mendapatkan berita game, turnamen esports, tech & gadget terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.io/vcgamers untuk mendapatkan berbagai informasi paling up-to-date dan banyak giveaway menarik.

Add a comment