Xbox Cloud Gaming Mungkinkan Main Game Tanpa Konsol

Xbox Cloud Gaming adalah layanan streaming video game yang disediakan oleh Microsoft dan Amazon. Pengguna dapat bermain game xbox tanpa konsol
Xbox Cloud Gaming
Sumber: Official Site

Xbox Cloud Gaming 

Xbox Cloud Gaming telah muncul sebagai inovasi signifikan dalam dunia game. Belum lama ini Microsoft dengan Amazon berkolaborasi dan menciptakan fitur baru Xbox Cloud gaming yang memungkinkan pengguna untuk streaming game Xbox tanpa konsol. 

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming game Xbox secara langsung ke berbagai perangkat termasuk PC, ponsel tablet, dan Smart TV jenis tertentu. 

Keberadaan fitur ini menjadi solusi untuk para game yang terhambat membeli konsol mahal. 

Untuk mengetahui Xbox Cloud lebih jauh lagi, yuk simak artikel lengkapnya di bawah ini! 

Baca juga: 

Apa itu Xbox Cloud Gaming? 

Apa itu Xbox Cloud Gaming? 
Sumber: Official Site

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Netflix, Iflix, dan platform lainnya yang menawarkan layanan streaming film. Nah, kalau Xbox Cloud Gaming merupakan layanan streaming game. 

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses game yang ada di server Microsoft. Kamu bisa mengakses game-game Xbox tanpa harus menggunakan konsolnya.

Jadi game yang ingin kamu mainkan akan disimpan dan dijalankan di server tertentu. Kemudian hasil render game tersebut akan ditampilan via streaming ke perangkat kamu. 

Sehingga teknologi ini memudahkan kamu untuk mengakses beberapa game konsol tanpa harus menggunakan konsolnya. Kamu hanya memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat saja untuk itu. 

Lebih lanjut mengenai cara mengakses game Xbox menggunakan fitur ini dapat kamu lihat di bawah ini! 

Cara Menggunakan Xbox Cloud Gaming

Cara Menggunakan Xbox Cloud Gaming
Sumber: YouTube Xbox Reforged

Untuk menggunakan layanan Xbox Cloud gaming kamu perlu membeli Xbox Game Pass Ultimate, menyediakan internet yang baik, dan perangkat yang kompatibel. 

Xbox Game Pass Ultimate adalah langgan yang memberi kamu akses ke Xbox Cloud Gaming. Dengan membeli paket berlangganan ini kamu bisa mengakses ratusan game Xbox. 

Kemudian sediakan koneksi internet dengan kecepatan minimal 10 Mbps agar proses streaming game dapat berjalan lancar.

Xbox Cloud sekarang kompatibel dengan beberapa perangkat seperti PC Windows, Smart TV, Android, dan iOS. 

Lantas apa saja perangkat TV yang kompatibel untuk bermain game Xbox tanpa konsol? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 

Perangkat Kompatibel untuk Mengakses Xbox Cloud Gaming

Perangkat Kompatibel Xbox Cloud
Sumber: Xbox Support

Mengutip dari laman resmi Xbox, Smart TV yang kompatibel untuk mengakses fitur ini antara lain Amazon Fire TV dan Samsung Smart TV. 

Kamu bisa menggunakan Amazon Fire TV Stick 4K Max (2021), Fire TV Cube (2022), Fire TV Stick 4K (2023), and Fire TV Stick 4K Max (2023). Apabila kamu tinggal di Argentina dan Brazil, sayang sekali belum bisa mengakses Xbox Cloud menggunakan Fire TV. 

Gunakan Smart TV Samsung (2020) sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Pastikan juga Smart TV milikmu sudah menggunakan perangkat lunak versi 1300 atau yang lebih tinggi. 

Kamu juga bisa menggunakan layanan Xbox Cloud di Android OS 6.0 atau yang lebih baru. Sedangkan untuk perangkat iOS gunakan pembaruan 14.4. 

Pada perangkat MacBook kamu perlu memastikan perangkat telah menggunakan Mac OS 14.1.2 atau yang lebih baru. 

Sedangkan pada perangkat Windows gunakan Windows 10 versi 20H2 atau yang lebih baru lagi. 

Terakhir jika kamu ingin menggunakan fitur Xbox Cloud di Headset VR gunakan perangkat Meta Quest 2, Meta Quest Pro, atau Meta Quest 3

Baca juga: 

Yuk Top Up Voucher Xbox Pass di VCGamers Marketplace! Klaim voucher promonya sekarang dan dapatkan harga termurah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!