Windah Basudara Minta Publik Unsubscribe Channel YouTube-nya

YouTuber Windah Basudara

Belum lama ini jagat maya kembali dikejutkan dengan aksi YouTuber gaming kondang Windah Basudara yang memohon agar kanalnya di-unsubs. Pada salah satu streamingnya, ia terlihat memohon-mohon kepada para ‘bocil kematian‘.

Ya, sebutan ini ia lekatkan untuk para subscriber-nya yang sebagian besar datang dari kalangan anak-anak. Tentu ini mengundang tanya, melihat aksinya tersebut berkebalikan 180 derajat dari kebanyakan YouTuber.

Lantas apa maksud dari sang YouTuber? Nah buat yang penasaran, yuk disimak artikel yang satu ini!

Baca juga: Profil LetDa Hyper, YouTuber Free Fire Terkenal

Profil Windah Basudara

Tentu saja Vicigers pernah mendengar pribahasa ‘Tak kenal maka tak sayang” bukan? Nah supaya bisa lebih sayang, VCGamers bakal nyoba kenalin YouTuber yang satu ini dulu nih.

  • Nama Lengkap: Brando Franco Windah
  • Nama Panggilan: Windah Basudara/Bang Brando
  • Kanal YouTube: Windah Basudara
  • Tempat/tanggal lahir:  Manado, 14 Maret 1992
  • Umur: 31 tahun
  • Pekerjaan: YouTuber, Streamer, Gamer, Social Media Figure, dan Influencer.
  • Penghargaan:
    • Pembuat konten terfavorit (Indonesia Esports Awards 2021 & 2022)
    • Pembuat konten game tahun ini (Dunia Games Awards 2021)
Baca juga: Yuk Tonton Youtuber Mobile Legends Berikut, Dijamin Menghibur!

Kerap Bikin Konten Keren

Windah Basudara dan Amat
Windah Basudara dan Amat. Sumber: YouTube/Windah Basudara

Memang YouTuber yang juga akrab di sapa ‘Bang Brando’ ini sering kali melakukan hal-hal sensasional. Belum lama berselang, ia juga sempat viral kala menggalang streaming bertajuk Donasi ‘Okky Boy’.

Ia menghadirkan seorang anak berkebutuhan khusus bernama Rahmat ‘Amat’ Hidayat yang viral melalui meme TikTok.

Amat lebih dikenal dengan julukan ‘Okky Boy’ dikarenakan kerap terlihat menggunakan baju bertuliskan merek kudapan agar-agar tersebut.

Pada momen itu, Windah Basudara melalui platform streaming-nya berhasil mengumpulkan donasi hingga lebih dari Rp300 juta hanya dalam waktu tiga jam. Ini diperuntukkan bagi biaya pendidikan Amat dan anak-anak lainnya.

Baca juga: Begini Muka Asli Ruok FF, YouTuber Auto Headshot asal Thailand

Minta di Unsubs

Windah Basudara Minta Di Unsubs
Windah Basudara Minta Di Unsubs. Sumber: YouTuber/Windah Basudara

Nah, untuk sensasi kali ini datang dari salah satu konten yang tayang pada hari Senin 27 Maret 2023 lalu. Memang bisa dibilang ada yang terlihat berbeda di streaming-nya kala itu.

Ia terlihat lesu dan lemah. Wajahnya kuyu seperti paras orang yang kurang mendapatkan istirahat. Di awal streaming ia menjelaskan bahwa kesibukannya membuat ia tak punya banyak waktu untuk live.

Seperti yang sudah sedikit dipaparkan di atas, pada konten yang berdurasi sekitar setengah jam-an ini, ia meminta para bocil kematian untuk melakukan unsubscribe pada kanalnya.

Konten tersebut menjadi semakin dramatis ketika memasuki menit ke-27, di mana sang YouTuber memohon-mohon hingga harus berlutut menunduk-nunduk dan bahkan pergoy agar subscriber kanalnya menurun.

Bisa dikatakan, ia-pun berhasil menurunkan subscribernya. Dalam kurun waktu streaming tersebut, ia berhasil menurunkan jumlah subscribernya kurang lebih sebanyak 38 ribuan hingga ke angka 9.947.784.

Angka ini diluar ekspektasinya, yang mengharapkan agar jumlah sucbscriber untuk turun sebanyak 35 ribuan saja.

Melihat konteks konten ini yang diluar logika pada umumnya, tentu Windah Basudara punya motif tersendiri dibalik maksud dan tujuan tersebut.

Baca juga: 5 Youtuber PUBG Teratas Dunia Sepanjang Tahun 2021, Siapa Idolamu?

Alasan Windah Basudara Minta di unsubs

Alasan sang YouTuber sebenarnya juga sudah turut dipaparkan pada konten tersebut. Katanya, ia ingin menyelesaikan Resident Evil 4: Remake (RE4:R) sebagai salah satu game yang saat ini masih dimainkan.

Juga dikatakan bahwa apabila game ini sudah “tamat”, ia baru memperbolehkan agar kanalnya menyentuh total 10 juta subscriber.

Maka pertanyaannya yang tersisa sekarang, memang ada apa sih kalau menyentuh angka 10 juta subscriber? Nah agar terjawab, Vicigers juga perlu melihat konten YouTuber Raditya Dika yang mewawancarai Windah.

Baca juga: Profil Pro Player Evos Caramel, Gamer Cantik Nih Bos!

Akan Pensiun

Windah Basudara dan Raditya Dika
Windah Basudara dan Raditya Dika. Sumber: YouTube/Raditya Dika

Tentu Raditya Dika selaku salah satu YouTuber kondang di Indonesia juga sudah dikenal luas. Ya, di salah satu konten “makan-makan”-nya, ia turut mengundang Windah Basudara nih Vicigers!

Konten bertemakan deeptalk dan “nyemil” ini memperlihatkan perbincangan kedua YouTuber yang ditemani oleh Pandu Winoto, seorang konten kreator besutan kanal Radit.

Nah, di sana lah Windah Basudara menyatakan bahwa ia sudah bosan dengan kehidupan gaming-nya yang terlalu didikte oleh pasar.

Ia ingin kembali seperti sedia kala, ketika belum menjadi YouTuber kondang dan memainkan banyak game request dari subscriber-nya.

Namun ini baru akan ia lakukan ketika subscriber-nya mencapai total 10 juta. Ia menunjukkan keseriusan tersebut dengan turut mematrinya sebagai nazar.

Bertepatan dengan game RE4:R tadi, ia bermaksud ingin menyelesaikannya dahulu karena ia merasa bahwa game itu adalah permintaan para subscriber-nya. Dengan begitu ia tidak melanggar nazar yang telah dibuat.

Baca juga: BA RRQ Sekarang Vs Dulu, Mana yang Tercantik?

Jangan lupa, Top Up Games dan Produk Digital lainnya dengan harga Murah dan Cepat bisa langsung ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!