Apa Itu Web 3 Gaming? Begini Penjelasan Lengkapnya!

kegunaan web 3.0

Web 3 gaming telah merevolusi berbagai industri, termasuk game. Dengan perubahan besar dari platform game tradisional, game berbasis Web 3 memungkinkan pemain untuk terlibat dengan game dengan cara yang inovatif dan terdesentralisasi.

Orang-orang dapat bermain untuk menghasilkan uang melalui cryptocurrency dan NFT. Hal ini mendemokratisasikan semua aspek permainan dan menempatkan kekuatan utama di tangan pemain alih-alih membatasinya pada satu otoritas pusat dalam permainan.

Meskipun dalam game tradisional, konten dalam game atau aset digital dapat dibeli dengan mata uang FIAT atau dapat diklaim sebagai hadiah, operator game tetap memiliki hak cipta atas konten dalam game tersebut.

Dengan kata sederhana, pemain tidak memiliki aset digital dalam game. Sebaliknya, dalam permainan tradisional, kepemilikan pemain hanyalah semacam lisensi untuk terlibat dengan aspek permainan.

Lantas, apakah itu Web 3 gaming? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Web 3 Gaming

web 3 gaming
mengenal gaming web3

Web 3 gaming adalah proses game terdesentralisasi di mana aktivitas ekosistem game atau platform game, khususnya kepemilikan aset game dan pengambilan keputusan di semua aspek game, didelegasikan jauh dari otoritas pusat mana pun.

Web 3 gaming dibangun dengan mengintegrasikan blockchain ke dalam ekosistem game, dan memungkinkan gamer untuk mengekspresikan pendapat mereka tentang kapan dan bagaimana game harus berkembang. 

Web 3 gaming juga meletakkan dasar play-to-earn untuk pemain, dan itu mengubah aspek fee-to-earn dengan menawarkan perdagangan aset, token game yang dapat diperdagangkan, dan peluang untuk menghasilkan dalam cryptos saat bermain.

Gaming web menyediakan pasar virtual yang adil untuk industri game, di mana pemain dapat mengakses dan memiliki kepemilikan penuh atas aset digital dalam game. Aset ini disimpan dalam bentuk NFT game dan sifatnya khas.

Web 3 gaming juga menyediakan cakupan interoperabilitas yang luas di antara berbagai ekosistem game dengan menghubungkan aset dan pemain dalam game di seluruh platform.

Faktor interoperabilitas tergantung pada jenis platform blockchain yang dipilih untuk mengembangkan ekosistem game. Misalnya, Polkadot atau Solana menawarkan fitur interoperabilitas di jembatan komunikasi lintas rantai.

Fitur Web 3 Gaming

Game web adalah model game pertukaran nilai di mana orang dapat memiliki dan memperdagangkan objek dan koleksi dalam game dalam bentuk NFT unik menggunakan cryptocurrency. 

Kepemilikan dan Interoperabilitas

web 3 gaming
Gaming web3

Web 3 gaming pemain dapat sepenuhnya memiliki aset dan koleksi dalam game dalam bentuk NFT digital. Dalam game tradisional, pemain memiliki aset dan barang koleksi dalam game, tetapi mereka kehilangan semua asetnya begitu mereka memutuskan untuk mengubah platform game.

Gaming web memecahkan masalah ini dengan memberikan kepemilikan sejati dan interoperabilitas antara berbagai platform. Para pemain dapat memiliki aset dalam game di satu platform dan membawanya ke platform game berikutnya.

Baca juga: Daftar NFT Termahal di Dunia, Tembus Satu Triliun Rupiah!

Integrasi Untuk Game Lama

web 3 gaming
gaming web3

Gaming web ini memiliki fitur menarik lainnya untuk mengintegrasikan dan meningkatkan model game lama ke platform metaverse dan blockchain, menjadikannya terdesentralisasi secara alami.

Proses permainan bersifat pribadi, dan setiap pemain memiliki permainan pilihannya sendiri. Web3 menawarkan untuk meningkatkan game lama dan populer dengan memperluasnya ke metaverse, di mana pemain dapat membuat avatar mereka dan memperdagangkan aset dan koleksi dalam game favorit mereka.

Game Web3 menyesuaikan ekosistem game berdasarkan keinginan pemain. Ada berbagai cara di mana game Web3 menguntungkan pemain.

Salah satunya adalah aspek play-to-earn, di mana mereka mendapatkan keuntungan melalui item dalam game mereka; lainnya adalah integrasi game lama yang memenuhi keinginan pemain untuk memainkan game favorit mereka di metaverse.

Aspek lain dari game yang digerakkan oleh pemain adalah bahwa game Web3 mendukung kedaulatan diri, yang sekali lagi untuk keuntungan pemain.

Game Transparan

web 3 gaming
gaming web NFT

Web 3 gaming adalah proses terdistribusi di mana game di-host di blockchain, membuatnya tidak dapat diretas.

Baca juga: Pengertian dan Cara Menjual NFT Art dengan Mudah

Tanpa satu titik kegagalan, game berbasis blockchain bergantung pada konsensus pemungutan suara untuk memodifikasi proses game dan dapat diakses secara merata oleh semua pemain yang terlibat di jaringan.  Dengan cara ini, game Web3 memastikan tingkat transparansi yang tinggi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!