Vale Mobile Legends, 6 Hal Positif Dan Negatifnya Saat Match

vale mobile legends cover

Hero Vale Mobile Legends termasuk salah satu mage dengan skillset yang unik selain Valentina dan Yve. Moonton memberikan fitur khusus untuk hero pemain angin satu ini di arena Land of Dawn.

Dengan hero Vale, player yang menggunakannya akan disuguhkan gaya bermain yang bervariasi, karena Vale punya skill pasif yang unik untuk mengubah pola setiap serangan skill-nya.

Kontan saja hal ini menjadi fitur yang oke untuk beberapa player, namun menjadi hal yang harus diperhatikan bagi player yang baru saja memainkan game moba tersebut. Gameplay Vale juga menjadi salah satu hal yang harus mereka ketahui sebelum menggunakannya di arena.

Vale juga sempat menjadi salah satu hero yang kerap di-ban karena kemampuannya mengganti pola serangannya. Akan tetapi, Vale juga bisa menjadi kurang “menggigit” ketika pemainnya tidak handal.

Baca juga: Tips Gameplay Popol Dan Kupa di Mobile Legends 2022

Dari pro dan kontra di atas, penulis akan merangkum sebanyak 6 hal positif dan negatif hero Vale yang perlu kamu ketahui. Tujuannya supaya kamu bisa lebih paham dan mengetahui racikan gameplay Vale saat akan menggunakannya sebagai opsi dari role mage.

6 Hal Positif Vale Mobile Legends

Variasi Serangan Yang Oke

Vale Mobile Legends bisa kamu gunakan sebagai salah satu opsi mid laner yang cukup tangguh dengan skillset-nya yang bisa kamu otak-atik.

vale mobile legends skill oke

Adapun skillset Vale ini bisa kamu otak-atik dengan cara leveling Vale dalam kelipatan genap. Setiap Vale mencapai level 4, 6 dan 8, kamu bisa memilih skill mana saja yang akan kamu tambahkan efeknya.

Untuk efeknya sendiri ada bermacam-macam seperti efek CC, efek AoE, tambahan jarak serangan, tambahan damage, hingga efek airborne. Efek-efek ini bisa kamu kombinasikan satu sama lain sehingga serangan Vale akan jadi lebih sulit diprediksi oleh lawan.

Secara default, skill ulti Vale tipenya adalah burst. Kalau kamu hendak menyerang banyak lawan, maka tambahkan efek AoE dan CC untuk ulti-nya saat Vale mencapai level tertentu.

Sementara itu, skill 1 dan 2-nya juga bisa kamu atur untuk output damage yang lebih besar atau jarak yang lebih panjang.

Bisa Spam Debuff Ke Hero Lawan

Kabar baiknya dari skillset Vale yang punya macam-macam efek, kamu bisa spam debuff ke hero lawan. Artinya, kamu bisa lebih leluasa menyerang lawan kamu tanpa khawatir terkena counter.

vale mobile legends spam debuff

Misalnya, kamu set skill 2 Vale menjadi skill yang bisa memberi efek slow. Maka, angin puyuh yang ditembakkan oleh Vale nantinya bisa memperlambat mereka hingga 40% dan kamu bisa langsung sambung dengan skill ulti atau menjauh untuk lanjut dengan skill 1-nya.

Contoh lainnya, apabila skill ulti Vale kamu berikan efek CC, maka ulti burst Vale akan menarik targetnya sehingga terkena ulti burst-nya tersebut. Tak kira-kira, kamu bisa menghasilkan magic damage hingga 1200 poin dan ini belum termasuk tambahan efek item yang dipakai Vale.

Dengan banyaknya varian debuff yang bisa kamu gunakan, Vale akan sangat OP untuk menghadapi berbagai macam lawan dengan teknik yang berbeda-beda.

Baca juga: Rekomendasi Build Silvanna Tersakit 2022

Bisa Jadi Pilar Di Mid Lane

Kamu tidak perlu khawatir meninggalkan Vale Mobile Legends seorang diri di mid lane. Alasannya, Vale punya banyak metode untuk menghempaskan gerombolan targetnya di sana.

vale mobile legends mid lane

Dengan skill 2 tipe efek slow, Vale bisa leluasa spam debuff dengan serangan skill 1-nya ataupun ulti-nya. Dengan skill 1 tipe tambahan jarak serangan, kamu juga bisa menjangkau lawan yang masih jauh.

Akan tetapi, penulis menyarankan agar kamu menggunakan efek CC atau AoE sehingga Vale bisa lebih menguasai mid lane secara mandiri. Untungnya, ia punya burst damage yang lumayan sakit.

Ketika mid lane sudah cukup kondusif, kamu juga bisa lanjut untuk farming ke arah jungle supaya Vale makin mantap spam debuff-nya.

Mudah Melibas Minions

Vale bisa spam skill 2 dengan efek CC-nya untuk melibas banyak minions yang akan menghancurkan mid lane Turret.

vale mobile legends melibas minions

Caranya, kamu bisa bidik skill 2 ini ke arah minions dan anginnya akan berdiam di tempat selama beberapa saat. Lanjutkan dengan skill 1 atau basic attack-nya supaya minions lawan langsung KO semua.

Kalau kamu memilih untuk menggunakan skill 1, pastikan kamu membidik target dengan tepat karena skill 1 Vale akan menyerang lawan dalam garis horizontal.

Artinya, kalau kamu ingin memakai skill 1 untuk menghabisi minions, maka kamu perlu menyerang mereka dari pinggir sehingga barisan minions terkena damage merata.

Intinya, gunakan kombinasi antara skill 1 dan 2 dari posisi yang sesuai agar minions semuanya terkena dampak dari serangan Vale ini.

Baca juga: Vengeance Mobile Legends, Spell Balas Dendam Hero Land Of Dawn

Memberi Damage Berkelanjutan

Vale Mobile Legends bisa memberi damage yang berkelanjutan dari jarak jauh, khususnya dengan kombinasi skill 1 dan 2-nya dengan setting efek CC dan AoE-nya.

vale mobile legends damage terus

Pertama-tama, kamu harus tingkatkan level Vale hingga mencapai 4, lalu upgrade skill 2-nya dan ambil efek stop-on-hit.

Dengan setting-an tersebut, skill 2 Vale kini akan berhenti saat mengenai target terdepannya. Angin puyuh yang ditembakkan akan bertahan selama beberapa saat dan mengenai target di sekitarnya dengan damage yang merata.

Cara lainnya adalah dengan mengubah skill 2 menjadi skill yang punya efek airborne. Saat target terlempar ke udara, kamu bisa sambung dengan skill 1 dan ulti supaya mereka tidak berkutik.

Tangguh Dari Mid Hingga Late Game

Pengguna Vale akan berjaya khususnya saat mid game karena di situasi ini, Vale pasti sudah ada di sekitar level 6 atau 8 dan dengan upgrade skill yang lebih terarah.

vale mobile legends tangguh

Dengan penguasaan mid hingga late game, Vale akan bisa diajak rotasi dan roaming sambil sesekali poke atau bahkan jadi penyerang sekunder dan assist kill saat war.

Kalau kamu berikan efek tambahan skill 2 dengan CC, otomatis saat war kamu bisa steal kill dan melumpuhkan banyak lawan yang HP-nya sudah banyak terkuras.

Apabila kamu juga menambahkan efek ulti dengan tambahan damage, maka kamu bisa “pasang” angin puyuhnya di lokasi war untuk burst damage hero lawan dan menumpas mereka sekaligus.

Baca juga: Item Build Kadita Tersakit di MLBB, Penakluk Laut Selatan!

6 Hal Negatif Vale Mobile Legends

Skillset Yang Rumit Untuk Pemula

Dengan susunan skillset yang bervariasi, player pemula khususnya pasti akan cukup sulit beradaptasi dengan Vale yang bisa menambah skill-nya dengan efek khusus.

vale mobile legends skillset rumit

Kalau player tersebut juga tidak familiar dengan CC atau AoE, maka ia juga akan kesulitan untuk memilih kombinasi yang tepat.

Misalnya, kalau player tersebut secara acak spam skill 1 atau 2 yang bahkan tidak terbidik dengan baik, sudah pasti Vale yang digunakan malah akan jadi feeder untuk core lawan.

Meskipun demikian, bagi beberapa pemain veteran, Vale termasuk salah satu hero dengan mekanik yang tergolong mudah.

No Farming, No OP

Sebagaimana halnya mage yang biasa ditempatkan di mid lane, Vale Mobile Legends juga perlu farming buff dan EXP khususnya di early game.

vale mobile legends butuh farming

Bila kamu terlalu fokus memainkan Vale di mid lane saja tanpa roaming, dipastikan Vale akan lamban dalam mendapatkan efek tambahan untuk skill-nya.

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu backup atau komunikasi dengan rekan satu tim supaya menggantikannya di mid lane terlebih dulu. Biasanya, hero jungler adalah hero terdekat yang bisa rotasi dengan Vale di mid lane.

Ini menegaskan juga bahwa Vale butuh cepat naik level dan mengumpulkan buff supaya bisa makin OP saat match sampai di pertengahan.

Baca juga: Simak! Ini Tips Gameplay Cecilion MLBB 2022

Salah Pakai Debuff, Vale Kewalahan

vale mobile legends salah debuff

Hal ini akan terjadi jika player salah menentukan komposisi efek tambahan skill Vale Mobile Legends. Vale merupakan hero yang tidak hanya butuh di-build dari item dan emblem-nya saja, tapi juga skillset-nya.

Akan sulit untuk player yang niatnya ingin spam debuff dan menghambat hero lawan, tapi malah membuat Vale terkepung dan dibantai lawan. Biasanya, hal ini terjadi ketika player lupa melanjutkan skill ulti dengan efek CC dengan skill 2 dengan efek airborne.

Sebelum Vale menerbangkan lawannya, malah Vale duluan yang “diterbangkan” lawan ke base karena kena kill. Jadi, pastikan pengguna Vale fokus untuk melanjutkan combo serangannya.

Rentan Kena Efek CC Dan Ganking

Ini masih sambungan dari kelemahan sebelumnya, karena Vale lupa untuk kabur atau lanjut menyerang lawan.

vale mobile legends rentan kena cc ganking

Skill CC dan AoE Vale cukup tricky untuk digunakan sebab kamu juga harus pandai menentukan tempat untuk menggunakan skill-nya.

Jika kamu menggunakan skill 1 tidak sejajar dengan target, maka kamu hanya akan buang-buang mana Vale saja.

Untungnya, Vale bukan termasuk hero yang boros mana, jadi kamu bisa banyak mencoba sambil menemukan feel untuk memainkan Vale di match. Namun, lakukan ini ketika di luar ranked match supaya rank kamu dan rekan tim tidak turun.

Baca juga: Penting! Build Harith Goldlane di Febuari Tahun 2022

Sulit Untuk Spam Skill

vale mobile legends sulit spam skill

Kesulitan ini berasal dari skillset Vale Mobile Legends yang butuh akurasi hingga 100%. Misalnya saja ketika kamu menggunakan skill 1 Vale yang area-nya berbentuk horizontal, kamu harus bisa membidik serangannya sejajar dengan lawan, dan ini membutuhkan waktu dan timing.

Bila kamu tidak pas membidik, maka skill 1 akan sia-sia untuk digunakan. Begitu juga skill 2 Vale yang hanya bisa digunakan dalam garis lurus. Kamu harus pandai menentukan target untuk diserang.

Kewalahan Di Early Game

vale mobile legends kewalahan early game

Sebenarnya, Vale cukup gesit untuk mage dan bisa roaming dengan leluasa. Tapi, roaming ini tidak akan berguna kalau Vale tidak pandai memanfaatkan skillset-nya dengan baik.

Soalnya, basic attack Vale sangat kurang bisa dijadikan serangan mematikan dan punya jangkauan yang pendek. Jadi, mau tidak mau kamu harus pandai menghindar dan poke saat early game.

Baca juga: Rekomendasi Item Build Baxia Terkuat 2022

Vale Mobile Legends tampak mudah dan ramah untuk digunakan player pemula. Tapi, kalau kamu tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan Vale ini, pasti kamu tetap akan spam skill seadanya. Manfaatkan mekanisme gameplay Vale supaya kamu cepat menguasainya ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!