Urutan Resident Evil, Jangan Sampai Urutan Mainnya Berantakan!

Urutan Resident Evil yang benar – Jangan sampai urutan mainnya berantakan! Yuk pecinta RE simak artikel urutan ceritanya berikut ini!
Urutan Resident Evil
Urutan Resident Evil. Sumber: Capcom Official Site

Resident Evil adalah salah satu waralaba game horor survival paling ikonik dalam industri game. Dikembangkan oleh Capcom, game ini dibubuhi dengan cerita yang menegangkan dan gameplay yang menarik. Dengan banyaknya lineup, wajar bila banyak yang bingung urutan Resident Evil.

Baca juga: Mengenal Leon Resident Evil 4, Bikin Jatuh Hati!

Urutan Resident Evil

Urutan Resident Evil - Umbrella Corporation
Urutan Resident Evil – Umbrella Corporation. Sumber: VCGamers

Sebagai disclaimer dulu nih, bahwa kami hanya akan menampilkan game inti dari franchise ini saja yang berjumlah 10 judul.

Karena bila menyertakan semua game yang ada, kurang lebih ada 90-an judul game yang tersebar di berbagai platform! Berikut adalah urutan Resident Evil:

Resident Evil 0 (2002)

Jika dilihat dari jalan ceritanya, game pembuka adalah Resident Evil 0. Sesuai namanya, game ini akan mengajak untuk menyelami berbagai hal di masa sebelum Resident Evil pertama.

Plot utama akan berkisar pada kejadian sebelum persitiwa di Mansion Spencer Estate. Pemain akan mengendalikan Rebecca Chambers dan Billy Coen dalam petualangan yang melibatkan Umbrella Corporation dan eksperimen biologis yang berbahaya.

Resident Evil (1996)

Mengambil tempat di Mansion Spencer Estate yang misterius, game ini menghadirkan atmosfir yang mencekam dan teka-teki yang menantang.

Jill Valentine dan Chris Redfield sebagai tokoh utama akan mengungkap misteri di balik wabah virus T dan bertahan hidup dari horor yang mengintai.

Resident Evil 2 (1998)

Setelah memainkan RE 1, tentu berikutnya adalah Resident Evil 2 (RE 2). Sama halnya dengan RE-1, game dengan resepsi yang begitu masif ini kembali mendapatkan versi remake-nya di tahun 2019 silam untuk konsol-konsol previous dan next gen.

Game ini mengisahkan beberapa bulan setelah peristiwa yang terjadi di game sebelumnya dan memperkenalkan dua tokoh baru: “Sang Legenda” Leon S. Kennedy, dan Claire Redfield (adik Chris dari RE 1). Setting tempat menjadi lebih luas, yakni Raccoon City, yang dilanda wabah zombie.

Leon Sang Legenda
Leon Sang Legenda. Sumber: Capcom Official Site

Resident Evil 3: Nemesis (1999)

Bisa dibilang antara RE 2 dan 3 memiliki jalan cerita yang rancu karena keduanya saling melengkapi.

Jika Vicigers ingin benar-benar meresapi plotnya, urutan bermainnya adalah dengan memainkan setengah bagian RE 3 dahulu lalu berhenti, beralih tamatkan RE 2, baru mainkan lagi sisa dari RE 3.

Resident Evil Code: Veronica (2000)

Game ini terjadi setelah peristiwa di RE 3: membawa pemain ke pulau di Antarktika yang misterius.

Meski Capcom lebih memilih untuk merilis versi remastered-nya alih-alih membuatkan remake, game ini tetap menawarkan teka-teki yang menantang dan pengalaman horor yang menegangkan.

Resident Evil 4 (2005)

Siapa yang tidak kenal Resident Evil 4? Lineup RE yang satu ini memang layak disebut mahakarya dari sang waralaba sendiri.

Pertama kali di rilis pada tahun 2005, game ini juga mendapatkan versi remake-nya di tahun 2023 ini – sesuatu yang layak bagi sang maestro.

Resident Evil: Revelations (2012)

Mengambil tempat sesudah RE 4, pemain akan diajak untuk mengikuti perjalanan Jill dan Chris dalam menyikapi imbas senjata biologis yang dikembangkan oleh Umbrella. Tentu duo ini akan membawa kita throwback ke masa-masa RE 1.

Resident Evil 5 (2009)

Resident Evil 5 melanjutkan petualangan Leon yang kali ini bersama partner baru, Sheva Alomar. Setting yang diusung oleh RE 5 terbilang anyar, melihat game ini akan membawa pemain ke Afrika.

Plot akan berkisar dalam upaya sang duo dalam menghadapi ancaman bioterorisme yang mengancam dunia. RE 5 menawarkan pengalaman bermain kooperatif menarik dan fokus pada aksi.

Resident Evil: Revelations 2 (2015)

Eits, belum langsung ke RE 6 loh, sebelumnya kita akan masuk dulu ke Resident Evil: Revelations 2. Di sini pemain akan mengikuti petualangan Claire sekembalinya ia dari terakhir kali dimunculkan pada RE: CV dalam lineup inti.

Game ini juga menawarkan gameplay yang unik: jalan cerita dibagi dalam bentuk babakan. Tentu ini sangat berbeda dari lineup yang sudah-sudah.

Resident Evil 6 (2012)

Nah, barulah kita masuk ke Resident Evil 6. Terdapat beberapa karakter utama yang terlibat dalam ancaman bioterorisme yang meluas di seluruh dunia. Wajah-wajah lama seperti Leon dan Chris juga kembali dimunculkan.

Resident Evil 7: Biohazard (2017)

Berkaca pada “kegagalan” yang mereka alami pada sequel RE 5 dan 6, akhirnya Capcom mulai mempertimbangkan suara-suara para pecinta RE dan merilis instalasi ketujuh bertajuk Biohazard.

Karakter yang dimunculkan benar-benar baru, bernama Ethan Winters, yang bertualang di area pinggiran Amerika. Di sini juga RE muncul dengan gameplay baru yang mengusung sudut pandang orang pertama (first person – FPS).

Resident Evil 8: VII.I.AGE (2021)

Digadang-gadang merupakan game RE terbaik hingga saat ini, RE 8: VII.I.AGE (dibaca VILLAGE) masih melanjutkan cerita instalasi sebelumnya.

Tokoh Ethan juga masih menjadi protagonist utama di instalasi kali ini. Sakin ikoniknya game ini, antagonis utamanya, “Sang Lady” Alcina Dimitrescu, menjelma menjadi salah satu ikon pop-culture dewasa ini!

Ethan Winters RE 7 & 8
Ethan Winters RE 7 & 8. Sumber: Capcom Official Site
Baca juga: Mengenal Leon Resident Evil 4, Bikin Jatuh Hati!

Jangan lupa, Top Up Game murah dengan cepat dan aman di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!