Urutan 8 Game Fallout Terbaik dari Masa ke Masa

Dari masa ke masa banyak developer ternama yang menggarap game Fallout dengan berbagai macam pengembangan.
Fallout
Sumber: YouTube

Urutan Game Fallout Terbaik 

Fallout adalah game yang milik Bethesda yang sudah ada sejak tahun 1997 dan rilis seri terakhirnya pada 2021. 

Dari masa ke masa banyak developer ternama yang menggarap game Fallout dengan berbagai macam pengembangan. Seri pertama game ini digarap oleh developer Interplay. 

Tentunya penggemar game Fallout mempunyai pendapatnya masing-masing terkait mana game yang terbaik. 

Bersamaan dengan kabar perilisan Fallout 5 sebagai game terbarunya nanti. Kami akan membahas urutan game Fallout terbaik dari masa ke masa. 

Selain itu kami juga akan membahas urutan game ini untuk kamu yang baru akan memainkannya.  

Baca juga: Game Open World Terbaik di PC dan Konsol, Ayo Coba Sekarang!

Urutan Game Fallout Terbaik 

Berikut adalah daftar peringkat game Fallout terbaik dari masa ke masa:

Fallout 76 

Game PC Online Ringan - Fallout 76
Fallout 76. Source: Steam

Fallout 76 adalah karya Bethesda Game Studios yang menyajikan permainan multiplayer daring. Game Fallout seri ini menjadi satu-satunya game yang mengusung mode multiplayer. 

Sayangnya di game ini banyak ditemukan bug dan tidak banyak NPC sehingga konten dalam game terasa minim. 

Namun dalam perjalanannya game ini mendapatkan pembaruan dari Bethesda Game Studio. Sehingga permainan sedikit mengalami kemajuan. 

Bethesda menambahkan lebih banyak NPC yang membuat game jadi lebih hidup. Meskipun begitu game ini harus berada di urutan ke-8 karena pada versi awalya yang minim daya tarik menjatuhkan rating game ini.

Fallout 

Fallout 1997
Sumber: Youtube ToughGamingGuy

Game yang dikembangkan oleh Interplay Inc ini merupakan Fallout yang pertama kali rilis pada tahun 1997. Bukan maksud untuk mengatakan game ini jelek tetapi secara visual game ini kuno. 

Meskipun begitu pada masanya game ini cukup disukai oleh banyak orang. Di game pertama ini kamu bisa menyelesaikan berbagai misi, menemukan NPC, dan masih banyak hal menarik lainnya. 

Game yang pertama ini masih layak untuk kamu mainkan lagi. Tidak ada salahnya untuk kembali dan menikmati cerita dari game klasik ini. 

Fallout Shelter 

Game PC gratis - Fallout Shelter
Fallout Shelter. Source: Steam

Game karya Bethesda Game Studios yang rilis pada tahun 2017 menjadi satu-satunya seri Fallout yang tersedia secara gratis. 

Awalnya game ini tersedia sebagai game HP tetapi akhirnya diadaptasi menjadi game PC dan konsol. Di game ini alih-alih berperang kamu justru seperti sedang bermain game simulasi. 

Game Fallout Shelter mengharuskan para pemainnya membangun shelter dan merawat orang-orang yang ada di dalamnya. Kamu harus bisa meningkatkan kualitas hidup orang-orang di sana. 

Meskipun dari sisi gameplay kurang begitu aditif, game seri ini layak untuk masuk ke dalam daftar ini. 

Baca juga: Cara Membuka Nuka World Power Plant di Fallout 4

Fallout 2 

Fallout 2
Sumber: YouTube

Game ini dirilis satu tahun setelah game pertama Fallout meluncur secara komersial. Sebagai versi penerus game ini tentu mempunyai lebih banyak konten menarik dan gameplay yang lebih menarik.

Apabila kamu melihat game ini dari sudut pandang zaman ini tentu grafisnya sangat tidak menarik. Namun, kami sangat menyarankan kamu untuk kembali memutar game klasik ini untuk sekedar mengikuti kualitas cerita yang disajikan. 

Latar belakang dalam game ini berlangsung 80 tahun setelah peristiwa di game yang pertama. Pemain akan mengendalikan karakter yang merupakan keturunan penghuni Vault sebelumnya. 

Hal yang membuat game ini lebih menarik dari versi pertama adalah tidak adanya batas waktu untuk menyelesaikan misi seperti di game yang pertama. Meskipun tidak banyak perubahan namun hal yang paling menyebalkan di game versi pertama sudah tidak ada di versi kedua. 

Fallout Tactic: Brotherhood Steel

Fallout Tactic- Brotherhood Steel
Sumber: YouTube Retrospective Gaming

Di urutan selanjutnya ada Fallout Brotherhood Steel yang membawakan gameplay berbeda dari pendahulunya. Game yang rilis pada tahun 2021 ini mempunyai gameplay RPG taktik berbasis giliran. 

Fallout Tactic: Brotherhood Steel sama sekali tidak mengikuti alur cerita Fallout 1 dan Fallout 2. Game ini benar-benar berada dalam alur ceritanya sendiri. 

Mungkin ada sebagian penggemar yang kurang suka dengan gameplay berbasis giliran di game ini. Namun, terobosan yang dilakukan oleh developer telah melahirkan tantangan baru yang menarik dari Fallout Tactic: Brotherhood Steel. 

Fallout 4

Fallout 4
Sumber: Steam

Game yang dirilis oleh Bethesda Game Studios pada tahun 2015 ini hadir untuk konsol Xbox One. Fallout 4 menawarkan banyak hal dalam permainannya. 

Pemain bisa membangun pemukiman, menyelesaikan side quest, dan menaklukan kota menyeramkan yang berisi Ghoul. 

Tidak seperti di game sebelumnya Fallout 4 menghilangkan fitur karma. Namun, game ini mempunyai alur cerita yang sangat bagus untuk diikuti. 

Gameplay yang memungkinkan pemain untuk menjelajah dan membuat karakter sesuka hari menjadi daya tarik selanjutnya. Meskipun begitu pemain tidak bisa menentukan nasib karakter sendiri. 

Namun, tetap saja game ini adalah yang terbaik berkat pertarungan-pertarungan menarik di dalamnya. Hilangnya fitur Karma di game seri keempat ini membuat permainan terasa kekurangan satu hal. 

Fallout 3

Fallout 3
Sumber: PS Classics

Perkembangan game Fallout pertama menuju Fallout 2 tidak menampilkan gameplay dan visualisasi yang begitu jauh. Namun, di Fallout 3 ini penggemar sudah bisa merasakan perubahan permainan yang menakjubkan berkat developer Bethesda Game Studio. 

Game sebelumnya mengusung permainan RPG 2D sedangkan di game ini kamu bisa menikmati pengalaman bermain Fallout dalam tampilan 3D sambil menjelajah luasnya dunia game Fallout. 

Di game ini kamu masih bisa menemukan elemen khas yang ada di seri pertama dan kedua. Misalnya adalah kemampuan khusus karakter, Karma, dan opsi dialog. Kemudian pemain juga bisa menemukan fitur baru seperti penargetan bantuan VATS. 

Game ini sudah berusia 16 tahun tetapi Fallout 3 masih layak untuk dimainkan hingga hari ini. Kamu bisa memainkan game ini di konsol PlayStation 3, Xbox One, atau menggunakan PC.

Fallout: New Vegas 

Gameplay Fallout New Vegas
Gameplay Fallout New Vegas. Sumber: Steam

Game ini yang layak menduduki urutan pertama adalah Fallout: New Vegas. Game karya Obsidian Entertainment ini dirilis pada tahun 2010. Selain di daftar ini, Fallout: New Vegas tentunya layak untuk menjadi game RPG terbaik yang pernah ada.

Permainan Fallout: New Vegas bermula ketika karakter bertugas sebagai kurir. Saat dalam perjalanan karakter terjebak dalam penyergapan dan harus bertempur mati-matian karena ditinggal oleh anggota tim lainnya. 

Sejak awal permainan pemain akan menjelajahi luasnya peta New Vegas dan menemui banyak orang dari faksi yang saling bersaing. 

Alur cerita game ini sangat menarik, setiap keputusan yang kamu ambil saat bertemu NPC akan berpengaruh terhadap nasib karakter. 

Di game ini ada tiga faksi besar yang saling berkonflik yaitu New California Republic (NCR), Caesar Legion, Mr. House. Fallout New Vegas layak menjadi permainan terbaik berkat kedalaman cerita dan pengalaman interaksi yang berpengaruh terhadap alur cerita. 

Urutan Bermain Game Fallout 

Apabila setelah membaca ulasan peringkat game ini kamu tertarik untuk memainkannya, mainkan game ini sekarang juga. 

Sebenarnya tidak perlu urut memainkan game ini. Karena setiap game mempunyai alur ceritanya masing-masing. 

Namun, untuk mempermudah saya akan berikan mengurutkan game ini yang terbaru ke yang terlama

Simak urutan bermain game berikut ini dan berikan penilaianmu tentang game ini: 

  • Fallout 76 (2102 – 2104)
  • Fallout (2161)
  • Fallout 2 (2241)
  • Fallout 3 (2277)
  • Fallout New Vegas (2281) 
  • Fallout 4 (2287)

Angka yang ada di dalam kurung merupakan tahun dimana game Fallout berlangsung bukan tahun rilisnya. 

Baca juga: Seni Bertahan Hidup dalam Game Fallout Shelter

Yuk Top Up Game Favoritmu dan Beli Produk Digital lainnya dengan Cepat, Murah, dan Aman di VCGamers Marketplace! 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!