Update Minecraft 1.21 Bedrock dan Java Edition!

Update Minecraft 1.21 mengusung sebuah tema yang berpusat pada keberadaan struktur bawah tanah baru bernama Trial Chamber
Update Minecraft 1.21
Update Minecraft 1.21. Sumber: Official Site

Resmi sudah update terbaru Minecraft 1.21 rilis. Kedua versi, baik Bedrock maupun Java, kebagian pembaharuan ini. Akan ada begitu banyak konten anyar yang tersedia di dalamnya.

Mulai dari penambahan jenis blok baru, perluasan varian mob, hingga keberadaan spawn struktur baru! So buat yang penasaran mengenai detail pembaharuannya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Cara Membuat Map di Minecraft yang Gampang Banget!

Serba-Serbi Update Minecraft 1.21

Tricky Chamber fokus dari update Tricky Trials
Tricky Chamber fokus dari update Tricky Trials. Sumber: Official Site

Sebelum akhirnya resmi rilis di bulan Juni kemarin, update ini sebenarnya sudah di-spill terlebih dahulu oleh Mojang selaku developer-nya dari salah satu acara showcase mereka yang bertajuk Minecraft Live 2023.

Yap, melihat acara ini dilangsungkan pada Oktober tahun lalu, bisa dikatakan pematangan update ini memerlukan waktu kurang lebih delapan bulan lamanya!

Tentu saja seiring lamanya waktu yang dibutuhkan untuk perilisan tersebut, akan ada banyak hal baru yang disematkan. Dan semuanya terangkum di dalam update yang oleh Mojang resmi dinamai Tricky Trials.

Meskipun Bedrock dan Java sama-sama kebagian, tetap ada sedikit perbedaan minor diantaranya keduanya. Namun ini tidaklah terlalu signifikan hingga mampu mempengaruhi pengalaman keseluruhan.

Baca juga: Daftar Lengkap Hewan yang Ada di Minecraft

Detail Tricky Trials

Minecraft 1.21 Bedrock
Minecraft 1.21 Bedrock. Sumber: Official Site

Sesuai namanya, update mayor ini mengusung sebuah tema yang berpusat pada keberadaan struktur bawah tanah baru bernama Trial Chamber. Ini dapat spawn di kedalaman semua jenis bioma. Berikut adalah detailnya:

Blok Natural dan Utilitas

Yang pastinya perlu untuk disebutkan pertama adalah keberadaan blok natural baru yakni Copper (tembaga). Dan mirip tembaga di dunia nyata, ketika terpapar oleh oksigen (oksidasi), maka blok ini akan berubah warna!

Yap, tembaga yang teroksidasi akan berubah dari warna coklat metalik alaminya menjadi kehijauan matte. Dan fenomena ini juga akan dialami oleh tembaga di Minecraft seiring waktu (weathered)!

Selain itu ada juga blok utilitas baru, seperti Crafter, Heavy Core, Ominous Vault, dan Trial Spawner. Ini akan membantu pemain untuk dapat mengeksplor lebih jauh, baik dalam konteks kreasi maupun mematri (tinkering).

Senjata dan Item

Tidak lupa, Mojang juga menyertakan berbagai item dan senjata baru untuk membantu pemain dalam mengeksplorasi wilayah baru tersebut.

Dimulai dari senjata, beberapa jenis anak panah (Arrow) baru dimunculkan, seperti Infestation, Oozing, Weaving, dan Wind Charging. Selain itu, ada juga gada (Mace), senjata melee baru dengan damage yang overpowered (OP).

Saking OP-nya, beberapa mobs yang dikenal gahar bahkan bisa langsung tumbang hanya dengan kombo 1 kali hit! Kombo ini juga mengandalkan senjata baru: Wind Charge, proyektil yang didapatkan dari Breeze Rod (item baru).

Untuk item anyar, ada tiga yang didatangkan yakni Ominous Bottle, Ominous Trial Key, dan (Normal) Trial Key. Ketiganya untuk keperluan tantangan yang tersedia di Trial Chamber.

Tak hanya itu, ada juga beberapa pengayaan item yang hadir dalam bentuk:

  • 3 Music Disc
  • 20 Paintings
  • 4 Potions (yang serupa dengan empat jenis Arrow baru di atas)
  • 3 Pottery Shreds
  • 2 Smithing Templates (Armor Trim)
  • 2 Spawn Eggs (berkaitan dengan mobs baru yang akan dibahas selanjutnya)
  • 1 Map

Mobs

Tentu rasanya akan kurang kalau kemunculan struktur baru tanpa diiringi mobs yang juga khas. Karena itulah, Mojang memutuskan untuk turut merilis dua mobs baru pada update kali ini:

  • Breeze

Mob baru inilah yang dirancang khas sesuai tema Trial Chamber: mahluk serupa pusaran angin dengan sebuah kepala yang melayang di bagian atasnya! Mob ini hanya akan ter-spawn melaui blok Trial Spawner.

Breeze termasuk ke dalam mobs ranged, dengan serangan jarak jauh yang menembakkan Wind Charge. Jika terkena pemain, damage yang dihasilkannya bisa sangat masif dan menghasilkan efek knock back.

Dikarenakan mobs ini kental dengan elemen angin, semua senjata projektil juga akan terpental darinya. Karena itu, satu-satunya cara mengalahkannya adalah dengan menggunakan senjata melee.

Pergerakkannya terbilang cukup luas dan cepat (meski tidak selevel Enderman). Ketika menyerang, Breeze akan melompat ke arah pemain dengan jangkauan range yang ekstensif.

  • Bogged

Terakhir, ada juga varian baru dari Skeleton yang muncul di Bioma Rawa (Swamp dan Mangrove). Bogged terlihat berlumut dan berjamur, memiliki attack speed lebih rendah, serta menembakkan panah beracun (Poison).

Minecraft 1.21 Java
Minecraft 1.21 Java. Sumber: Official Site
Baca juga: Cara Menginstal Minecraft Forge dengan Mudah

Nah itulah tadi pembahasan mengenai update Minecraft 1.21. Pastikan jika kamu mencari berbagai kebutuhan mikrotransaksi Minecraft, pastikan top upnya hanya di VCGamers Marketplace dijamin termurah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!