Ultra Instinct: Perubahan Terkuat yang Dimiliki oleh Goku

Ultra Instinct memungkinkan tubuh penggunanya untuk bergerak dengan sendirinya, tanpa membutuhkan reaksi yang disengaja dari otak. 
Ultra Instinct
Ultra Instinct. Source: Dragon Ball Universe Wiki – Fandom

Ultra Instinct merupakan salah satu kekuatan yang besar di dalam Dragon Ball Super. Teknik ini memungkinkan tubuh penggunanya untuk bergerak dengan sendirinya, tanpa membutuhkan reaksi yang disengaja dari otak. 

Transformasi ini muncul pertama kali saat pertarungan pertama Goku dengan Jiren selama Tournament of Power.

Kemudian, ketika pertarungan terakhir Goku melawan Jiren di puncak turnamen, dia mencapai versi sempurna dari bentuk ini yang dikenal sebagai “Perfected Ultra Instinct”.

Bentuk ini memberinya kekuatan yang besar untuk membuat Jiren yang hampir tak terkalahkan menjadi kewalahan. 

Hingga saat ini hanya Goku menjadi satu-satunya manusia yang diketahui dari cerita canon Dragon Ball Z yang telah mencapai wujud ini.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai transformasi terkuat Goku ini, yuk simak ulasan berikut ini!

Baca juga: 5 Fakta Unik Planet Namek Dragon Ball, Cek Yuk!

Apa itu Ultra Instinct?

Ultra Instinct
Goku Melakukan Kamekameha, Source: CBR

Pada dasarnya, perubahan wujud ini memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk bereaksi secara independen dari pemikiran yang direncanakan oleh otak.

Sebagai gantinya, setiap anggota tubuh dan bagian tubuh bertindak akan sendiri-sendiri untuk merespons ancaman, melakukan gerakan yang sempurna dengan waktu dan ketepatan yang sempurna.

Penggunanya juga bisa bergerak lebih cepat dan lebih efisien untuk beradaptasi dengan apapun yang menjadi ancaman, sehingga tidak perlu memikirkan gerakan mereka sebelumnya. 

Hal ini meningkatkan serangan yang dilancarkan jadi tidak terduga. 

Baca juga: Urutan Menonton Anime Dragon Ball untuk Mengerti Alur Ceritanya

Cara Melakukan Ultra Instinct

Perfected Ultra Instinct
Goku akan Melakukan Pertarungan. Source: ComicBook.com

Untuk bisa melakukan teknik ini, penggunanya harus bisa menguasai emosi mereka dan menjernihkan pikiran dari pikiran yang menyimpang, dan bertindak berdasarkan intuisi.

Selain itu, penggunanya juga harus bisa melewati batasannya dengan bantuan pemicu.

Pemicunya bisa berupa perjuangan melawan musuh yang sangat kuat atau pernah melalui pengalaman ekstrem yang berbahaya. 

Dan langkah terakhir untuk mencapai wujud ini adalah harus bisa mempertahankan kejernihan dalam pikiran dan emosi mereka saat berada di mode Ultra Instinct.

Jika penggunanya gagal pada salah satu langkahnya, akan membuat semua upaya yang dilakukan menjadi sia-sia dan tidak akan bisa mencapai wujud Ultra Instinct.

Baca juga: Sama Melakukan Fusion, Apa Perbedaan Gogeta dan Vegito?

Tahapan Penyempurnaan Mode Ultra Instinct

Ultra Instinct
tatapan Tajam Goku. Source: ComicBook.com

Pada tahap pertama, wujud ini akan membuat penggunanya bisa menghindari serangan apapun dengan mengandalkan anggota tubuh mereka untuk bereaksi dan bertindak secara independen dengan kecepatan yang tidak normal.

Dalam hal ini, pengguna hanya akan mencapai Perfected Ultra Instinct ketika mereka belajar mengekstrak potensi penuh dari bentuknya saat menyerang.

Goku berhasil menguasainya dan naik ke tahap Perfected Ultra Instinct ketika dia fokus pada pertarungannya dengan Jiren.

Setelah itu, ada banyak latihan tambahan yang harus dia lakukan untuk menguasai sepenuhnya Perfected Ultra Instinct dan mengaksesnya sesuka hati.

Bentuk ini memberikan tekanan yang cukup besar pada tubuh penggunanya, hal itu karena tingkat Ki yang diperlukan untuk mempertahankannya sangat besar. 

Manusia yang menggunakan wujud ini akan mendorong diri mereka sendiri untuk melewati batas alaminya. Sehingga hal itu akan membuat penggunanya sangat kelelahan dan berisiko mengalami kematian.

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai wujud transformasi terkuat yang dikuasai oleh Goku.

Yuk kunjungi VCGamers News untuk mengetahui info seputar anime lainnya.

Dan jangan lupa untuk top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman, dan pastinya termurah hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!