Tundra Esports Menjadi Juara The International (TI) 11 2022!

Tundra Esports TI 11

Setelah perjalanan yang cukup panjang, Tundra Esports berhasil menjadi juara The International (TI) 11 2022!  Tidak ada yang menduga dari awal kalau tim asal Western Europe Union (WEU) bisa menjadi juara.

Mau tahu perjalanan panjang dari Tundra Esports dari awal hingga menjadi juara TI 11? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Semi Final TI 11 2022: Team Secret vs Team Liquid 2-1!

Bagaimana Tundra Esports Ada di The International (TI) 11 2022?

Tundra Esports TI 11
DPC Point Tundra Esports.

Tundra Esports menjadi salah satu dari 12 Team Dota 2 Esports lainnya yang berhasil memperoleh Dota Pro Circuit (DPC) Points.  Ia menduduki posisi ke-9 dengan perolehan poin 1212.

Berdasarkan tabel di atas, Poin terbesar dari Tundra Esports berasal dari ESL One Stockholm 2022 saat menjadi juara ketiga melawan OG.  Ia juga menjadi juara pertama di DPC WEU 2022 dan mendapatkan DPC Poin sebesar 500.

Hasil Group Stage TI 11 Tundra Esports Urutan Pertama

Berlanjut ke Group Stage, Tundra Esports berhasil meraih posisi pertama dari seluruh Group B.  Dari perolehan poin, Tundra Esports mendapatkan kemenangan sebanyak 5 matches dan seri sebanyak 4 matches.

Padahal, di Group A, Evil Geniuses yang menduduki peringkat pertama pun pernah kalah telak sebanyak 2 matches.  Evil Geniuses kalah melawan Team Liquid dan BOOM Esports.

Main Event Tundra Esports

Dengan poin yang sangat besar, Tundra Esports masuk ke Upper Bracket dengan sangat mudah.  Tidak tanggung-tanggung, selama masa playoffs, Tundra Esports harus melawan para calon kuat pemenang TI 11.  Sebut saja OG, Team Aster, dan Team Secret.

Tapi, Tundra Esports berhasil mengalahkan ketiga tim tersebut dengan hasil hampir sempurna.  Ia hanya kalah satu game melawan Team Secret di babak terakhir Upper Bracket, tapi ia tetap melaju ke Grand Final.

Grand Final TI 11: Tundra Esports vs Team Secret

Final Bracket TI 11, Tundra Esports Juara, Team Secret Runner-up.

Kemenangan Tundra Esports atas Team Secret membuatnya lolos ke Grand Final.  Sedangkan Team Secret harus berjuang melawan Team Liquid di babak Semi Final.

Tapi Team Secret menunjukkan kekuatannya, mengalahkan Team Liquid, dan berhasil masuk ke Grand Final.  Pertandingan antara Tundra Esport vs Team Secret akan terjadi kembali.

Permainan Best of Five antar kedua tim ini berlangsung seru, namun singkat.  Tundra Esports dengan sangat mudah mengalahkan Team Secret dengan skor 3-0!

Sebagai penjelasan, penulis akan memberikan Draft Heroes dari kedua tim dan analisis singkat dari permainannya.  Untuk mempersingkatnya, penulis menyarankan untuk menonton highlight dari LeagueOfDota.

Dari tiga game di Grand Final ini, terlihat beberapa pola yang muncul dan juga kesalahan dari Team Secret (sorry, Puppey).

Sebagai gambaran, penulis merangkum dari berbagai sumber.  Mulai dari Dotabuff, Liquipedia, sumber analis dari sosial media, dan juga riset pribadi.

Tundra Esports TI 11
Draft Heroes Tundra Esports vs Team Secret Grand Final TI 11.

Mulai dari draft heroes, seperti yang kamu bisa lihat di atas, Leshrac selalu muncul di setiap game. Baik itu digunakan oleh Nisha (midlaner) atau Resolut1on (Offlaner).  Juga, hampir seluruh heroes yang mereka pilih mengandalkan Magical Damage.

Sedangkan dari item, penulis melihat beberapa kali ketidaktepatan item.

Contohnya saat game pertama, Nisha (Leshrac) membuat Lotus Orb hanya untuk menghindari serangan Tusk.  Sedangkan saat game ketiga, Crystallis (Naga Siren) tidak membuat Diffusal Blade, padahal lawan mereka adalah Medusa.

Kesalahan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Tundra Esports.  Dua buah items yang tidak pernah lepas dari Tundra Esports adalah Vladmir’s Offering dan Mage Slayer.

Aura Vladmir’s Offering memberikan lifesteal, bonus damage, dan juga armor.  Apalagi saat di-upgrade menjadi Wraith Pact. Totemnya dapat mengurangi 30% damage.  Sedangkan Mage Slayer mengurangi spell damage 35%.

Penulis menemukan salah satu contoh paling mudah yang menggambarkan hal tersebut di Twitter.  Thanks to Kevin Godeg yang memberikan penjelasan dengan sangat mudah beserta contohnya.

Baca Juga: Inilah Alasan Hero Dota 2 Leshrac Menjadi Pilihan Pro Player TI 11!

Keberhasilan dan Fakta Tundra Esports, Juara TI 11

Tundra Esports TI 11
Momen Kemenangan Tundra Esports Juara TI 11.

Setelah tiga kali kemenangan, Tundra Esports langsung mengangkat Aegis dan menjadi juara The International (TI) 11 2022!  Kemenangan Tundra Esports atas Team Secret pun menjadi kabar yang mengembirakan sekaligus mengembirakan.

Pasalnya, tidak ada yang menduga Tundra Esports bisa menjadi juara.  Mengutip dari salah satu analis Dota 2, Ben “Noxville” Steenhuisen, ia memberikan data persentase urutan calon pemenang TI 11.

Menurutnya, berdasarkan data yang ia peroleh, kemungkinan terbesar bagi Tundra Esports hanya mencapai posisi ke-9-12.  Sedangkan untuk menjadi juara pertama, Tundra Esports hanya memiliki persentase 4.25% saja.

Hasil Analisis dari Noxville Tentang Persentase Tundra Esports.

Tidak hanya itu, penulis juga mengutip dari Twitter Wykrhm Reddy.  Pada polling yang dilakukan, hingga tanggal 20 Oktober 2022, Tundra menduduki posisi ketujuh sebagai tim favorit di Main Event.

Polling tersebut menunjukkan kalau 4.23% dari 16.000 partisipan mendukung Tundra Esports. Artinya hanya 677 orang saja yang mengikuti polling tersebut dan mendukung Tundra Esports.

Tundra Esports Menduduki Posisi Ke-7 Sebagai Tim Favorit.

Tentu saja tidak ada yang menyangka hal tersebut.  Perlu kalian tahu, TI 11 adalah turnamen TI pertama bagi Tundra Esports.  Sebelumnya, Tundra selalu tidak lolos kualifikasi.  Tapi kali ini, ia lolos kualifikasi dan langsung menjadi juara TI 11.

Tidak hanya itu, salah satu anggota Tundra Esports juga mencetak sejarah baru.  Aui_2000 menjadi orang pertama yang menang TI sebagai pemain (TI 2015 bersama Evil Geniuses) dan juga pelatih di Tundra Esports!

Baca Juga: Deretan Skill Hero Dota 2 Yang Tembus Black King Bar (BKB)!

Itulah ringkasan dari perjalanan panjang dan fakta menarik dari Tundra Esports.  Selamat kepada Tundra Esports dan juga para pendukungnya!

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!