Penjelasan Apa itu Tsundere yang Wajib Wibu Tahu

karakter anime perempuan terpopuler (1)

Tsundere adalah istilah yang merujuk pada karakter anime atau manga dengan karakteristik unik. Biasanya karakter tsundere punya sikap yang pemarah, dingin, dan cuek tetapi tiba-tiba berubah menjadi bucin. 

Pasti kamu yang banyak menonton anime atau membaca manga tidak asing dengan karakter semacam itu. Sebab tsundere tidak hanya ada di satu anime saja. 

Karakter yang semacam itu tersebar di banyak anime. Keberadaan karakter semacam ini lumayan membawakan kesan tersendiri kepada penonton. 

Tak jarang karakter semacam ini punya lebih banyak fans daripada karakter utama atau karakter kuat lainnya. 

Nah, pada pembahasan ini kami akan membahas apa itu tsundere, karakter anime, dan manga yang termasuk hingga istilah Jepang populer lainnya. 

Baca juga: 10 Kaiju Paling Kuat di Anime Kaiju No 8 

Mengenal Istilah Kata Tsundere 

Karakter Tsundere
Sumber: YouTube WatchMojo.com

Tsundere adalah kata dalam bahasa Jepang yang berasal dari kata dasar ‘tsun tsun’ dan ‘dere dere’. Secara berurutan kata tersebut berarti penuh amarah dan penuh kasih sayang. 

Penggunaan istilah ini digunakan untuk menyebut sifat karakter anime yang pemarah tetapi tiba-tiba jadi hangat dan penuh kasih sayang. 

Namun, istilah ini juga tepat untuk dipakai mendeskripsikan sifat karakter yang sedang jatuh cinta. 

Untuk memaknai istilah tersebut kamu bisa bayangkan seorang teman yang jarang bersimpati tetapi tiba-tiba menjadi terbuka. Setiap hari temanmu itu mungkin tampak cuek atau bahkan sering berkata pedas. 

Tanpa ada yang menyangka teman kasarmu itu tiba-tiba jadi hangat dan peduli orang lain. Hal tersebut adalah contoh konkret dari istilah tsundere mungkin kamu tidak menyadarinya di anime.

Untuk memahami istilah ini lebih jauh lagi kami akan menjelaskan beberapa contoh karakter anime yang termasuk tsundere. 

Baca juga: Fakta Menarik Mengenai Kanae Kocho di Demon Slayer

Karakter Anime dan Manga yang Termasuk Tsundere

Mengenal Tsundere
Sumber: YouTube SourceFedNERD

Untuk kamu yang masih belum paham apa itu istilah tsundere. Berikut ini telah kami ulas karakter laki-laki dan perempuan yang termasuk tsundere dari anime populer

Kagura (Anime Ghintama) 

Kagura adalah karakter yang kuat dan terlihat sering menjauhkan diri dari Gintoki maupun Shinpachi. Karakter ini terlihat misterius, dia hanya ingin bekerja dan menerima gaji dari Gintoki. 

Namun, setelah berselang beberapa episode kamu mungkin menyadari bahwa Kagura tidak berhati batu. Meskipun jarang sekali bersikap baik pada momen tertentu Kagura menampilkan sikap perhatian kepada teman-temannya. Terutama pada saat momen pertempuran yang sulit. 

Erina Nakiri (Shokugeki no Soma)

Pada awal episode Erina Nakiri tampak selalu dingin dengan karakter yang ada di Shokugeki no Soma bahkan terhadap karakter utamanya sekalipun. 

Namun, setelah berlalu beberapa episode karakteristik Erina sedikit berubah. Hingga pada suatu momen Erina tampak mendukung Yukihira Souma saat lomba masak menghadapi koki yang lebih hebat. 

Yui Kotegawa ( To LOVE Ru)

Karakter ini terkenal dengan sifatnya yang taat dan ketat terhadap aturan. Hal ini semakin memperkuat kedua karakter tersebut karena dia merupakan ketua OSIS. 

Sifat tsundere Yui seringkali muncul ketika bertemu dengan Rito. Pada beberapa adegan pertemuan dengan Rito tampak sekali sifat malu tapi mau yang tampilkan. 

Tsukishima Kei (Haikyuu!!) 

Middle blocker tim voli SMA Karasuno ini adalah salah satu karakter tsundere laki-laki dari anime populer Haikyuu. Tsukishima di awal episode tampak tidak peduli dengan kegiatan klub voli di SMA Karasuno. 

Tak jarang Tsuki juga menampilkan sikap yang memancing emosi rekan timnya. Namun, meskipun begitu Tsukishima sangat peduli dengan klub tempatnya bermain. 

Dedikasi tersebut semakin tampak pada pertandingan dan situasi sulit yang menghadang Karasuno. 

Midorima Shintaro (Kuroko no Basket)

Saat pertama kali melihat karakter ini, kesan pertama yang diberikan oleh Midorima adalah arogan. Memang dia sangat hebat dalam bermain basket sehingga agak maklum kalau dia arogan. 

Tetapi seiring berjalannya episode Midorima tampak punya sifat perhatian yang baik terhadap anggota timnya. Beberapa teman satu tim Midorima ada yang terang-terangan mengatakan dia tsundere. Sebab Midorima selalu gengsi untuk mengakui kalau dia baru saja menolong orang. 

Loid Forger ( Spy x Family) 

Loid adalah seorang mata-mata yang terkesan hanya mementingkan misi perdamaian negaranya. Bahkan dia membentuk keluarga fiktif hanya untuk menyelesaikan misi perdamaian. 

Namun, dibalik sikapnya yang selalu mementingkan misi. Loid sebenarnya sangat peduli dengan keluarga palsunya ini. Meskipun sering terlihat Loid yang menyangkal kepeduliannya terhadap keluarga hanya untuk keberlangsungan misi semata. 

Itu tadi 6 contoh karakter tsundere perempuan dan laki-laki dari anime populer. Karakter tsundere sering dianggap dingin tapi bucin, padahal itu belum tentu. 

Lebih tepatnya tsundere adalah istilah untuk menyebut orang yang dingin tapi jual mahal. Mereka enggan selalu gengsi untuk mengakui kepeduliannya terhadap orang lain. 

Baca juga: Asa Mitaka Chainsaw Man Chapter 167, Deg-Degan?!

Istilah ‘Derederee’ Lainnya

Istilah Tsundere
Sumber: YouTube AniZone · 10:45

Ada banyak istilah ‘Dere Dere’ selain tsundere yang sebenarnya sering muncul saat menonton anime. Penasaran apa saja istilah tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini: 

Deredere 

Dere dere adalah istilah untuk menyebut karakter anime yang sedang jatuh cinta brutal. Karakter ini sangat ekspresif dalam mengungkapkan perasaan jatuh cintanya. 

Mereka mengekspresikan rasa cinta dengan karakter anime lainnya dengan cara yang sehat. Oleh karena itu, karakter ini punya sikap yang baik dalam hubungan karena tidak posesif dan mudah cemburu.

Dandere 

Istilah ini berasal dari bahasa Jepang ‘danmari’ yang berarti diam atau pendiam. Karakter ini punya pembawaan yang tenang dan jauh dari emosi negatif. Peran karakter ini biasanya digambarkan pada orang yang pemalu. 

Mereka cenderung tidak banyak berbicara, dandere sangat tenang dan tidak ekspresif. Namun, karakter dandere menjadi pendiam karena mereka merasa rendah sehingga mereka sering meminta maaf atas perilaku yang sebenarnya tidak salah. 

Himedere

Himedere adalah istilah yang merujuk pada karakter yang bersikap layaknya seorang raja maupun ratu.Karakter ini terkadang bertindak seperti bangsawan dan ingin mendapat perlakuan khusus layaknya seorang ratu. Istilah ini berasal dari kata ‘hime’ yang berarti ‘tuan putri’ atau ‘putri raja’. 

Bakadere 

Istilah ini diambil dari kata dasa ‘baka’ yang berarti bodoh dalam bahasa Indonesia. Istilah Bakadere merujuk pada karakter anime yang lebih sering menggunakan hati daripada logika ketika mengambil keputusan. 

Karakter bakadere sebenarnya bodoh tetapi dalam arti yang positif. Mereka cenderung punya sifat jujur dan baik hati. 

Yandere

Yandere adalah istilah terbaik untuk menggambarkan sikap karakter yang terobsesi dengan cinta. Karakter yang bersifat yandere rela mengejar cinta dari orang yang mereka sukai meskipun tidak terbalaskan. 

Karakter Yandere sebenarnya biasa saja dalam aktivitas sosial sehari-hari. Mereka berbaur dengan baik bersama orang lain. Namun pada situasi tertentu mereka bisa berubah 180 derajat. 

Mereka rela melakukan segala cara untuk mencegah orang yang mereka sukai dekat dengan orang lain. 

Goudere 

Tidak seperti tsundere, karakter yang punya sifat goudere itu sangat jarang. Kata ‘Gou’ mengacu pada kata boisterous yang berarti ‘berisik. Biasanya karakter ini akan berulah atau banyak berbicara ketika bertemu dengan orang yang mereka sukai. 

Mungkin kamu yang masih sekolah pernah melihat teman sekelasmu yang bersikap seperti ini. Akan tetapi agak jarang karakter anime yang jadi berisik kalau bertemu dengan orang yang mereka suka. 

Kebanyakan dari karakter anime justru malah tercekat, bingung, dan malu-malu saat bertemu dengan karakter lain yang disukai.

Demikian ulasan singkat mengenai tsundere, karakter tsundere, dan istilah ‘dere dere’ lainnya yang sering muncul untuk menggambarkan karakteristik tokoh anime. 

Baca juga: Anime Jiisan Baasan Wakagaeru, Penuh Haru dan Tawa!

Top Up game favoritmu dan beli langganan produk digital lainnya dengan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!