Triangle Strategy, Game RPG Taktis Baru Garapan Square Enix

Triangle Strategy

Square Enix selaku pengembang game beberapa waktu lalu telah merilis game taktis baru dengan genre Strategy RPG yang bernama Triangle Strategy.

Triangle Strategy ini hadir untuk konsol Nintendo Switch dengan tampilan grafis HD-2D sebagai ciri khas dari game buatan Square Enix dan mengikuti kesuksesan Octopath Traveler dengan grafis yang sama.

Kehadiran game ini pastinya memberikan kabar gembira tersendiri bagi para peminatnya.

Kalian para pecinta game retro tentu saja tidak boleh ketinggalan untuk mencoba memainkan game strategi ini karena tampilannya menarik dan jalan ceritanya juga seru.

Melalui artikel ini, kami akan sedikit mengulas game menarik yang bisa kalian mainkan di Nintendo Switch ini.

Baca juga: Rekomendasi Game FPS Menantang Dan Seru Untuk Nintendo Switch

Sekilas Tentang Triangle Strategy

Triangle Strategy adalah sebuah tactical game atau permainan taktis yang memiliki cerita tentang pilihan, politik, dan sedikit pengkhianatan.

Sama seperti namanya, ini adalah permainan strategi yang mengharuskan kalian untuk memanfaatkan segala situasi. 

Kalian tentunya harus tepat dalam memposisikan diri untuk mengeluarkan kekuatan atau mengambil keputusan karena akan berpengaruh dengan jalan ceritanya sampai akhir. 

Alur Cerita

Triangle Strategy
Triangle Strategy

Triangle Strategy merupakan game yang memiliki latar cerita di sebuah wilayah fiktif bernama Norzelia dengan 3 kerajaan di dalamnya, Aesfrost, Glenbrok, dan Hyzante.

Ketiga negara tersebut berselisih demi memperebutkan kekuasaan usai perang Saltiron terjadi 30 tahun lalu. 

Meski awalnya mereka memiliki keinginan hidup damai, mereka ternyata berambisi untuk menguasai negara lainnya dengan segala cara. Penyebab utamanya adalah perebutan sumber daya garam dan besi.

Alur cerita dari Triangle Strategy merujuk ke sosok ksatria bernama Serenoa Wolffort yang juga merupakan pemimpin keluarga bangsawan wolffort. Ia bertunangan dengan seorang putri dari kerajaan Aesfrost bernama Frederica Aesfrost.

Usai bertunangan, ksatria tersebut berencana melindungi wilayahnya yakni Norzelia yang menerima ancaman perang dan konspirasi dengan membuat pasukannya sendiri.

Baca juga: Mario Kart Tour, Balapan Seru Ala Nintendo di Ponsel

Gameplay Triangle Strategy

Triangle Strategy
Ilustrasi Gameplay Triangle Strategy

Jika sebelumnya sudah pernah memainkan Final Fantasy Tactics, kalian bisa sedikit familiar dengan permainan Triangle Strategy karena suguhan tema politik di dalamnya.

Permainannya sepertinya fokus ke ceritanya karena dari awal sudah hadir suguhan cutscene untuk kalian memahami gambaran isi ceritanya. Temponya mungkin terasa lebih lambat buat kalian yang ingin segera langsung menuju ke pertarungannya saja.

Namun, hal itu justru membuat pengembangan cerita dari Triangel Strategy ini cukup baik dengan menunjukkan beberapa subjek seperti perbudakan, kekuasaan sumber daya, dan sebagainya.

Gameplay Adventure Triangle Strategy

Hampir sebagian besar waktu bermain Triangle Strategy ini akan banyak menemui sesi percakapan yang menerangkan isi cerita dari ketiga kerajaan di Norzelia. 

Meski begitu, kalian sesekali bakal pergi ke fase eksplorasi untuk menjelajahi dunia dan mencari segala informasi dari para NPC.

Karena bersifat penting, informasi apapun akan sangat berguna sebagai bahan pertimbangan kalian ketika menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan alur cerita.

Selain itu, kalian juga nantinya akan memberikan pendapat dari jawaban yang ada saat percakapan berlangsung. Jawaban dan pendapat kalian tidak ada yang benar atau salah karena hal itu bergantung pada pandangan kalian.

Di sisi lain, ada beberapa chapter yang tidak ada fase eksplorasi untuk penjelajahan karena isinya hanya cerita dan sesi percakapan. Selain itu, durasi dari tiap chapter juga berbeda, ada yang pendek dan ada yang durasinya panjang.

Baca juga: Penting! 7 Game Zombie yang Dapat Kamu Mainkan di 2022!

Gameplay Battle Triangle Strategy

Battle yang hadir di Triangle Strategy juga mungkin bisa lebih familiar jika sebelumnya kalian pernah main game strategi seperti Disgaea dan Fire Emblem.

Kalian nantinya akan mengarahkan unit karakter di arena battle yang berbentuk persegi atau petak. Arahan yang kalian berikan juga cukup sederhana dengan memerintahkan untuk menyerang fisik, menyihir, memulihkan item, atau memulihkan kesehatan.

Ketika sudah giiliran kalian menyerang, karakter kalian bisa digerakkan maju dan mundur ke kotak ungu dan menyerang lawan sesuai jangkauan dengan kotak warna merah.

Sementara itu, kotak berwarna biru menjadi tempat yang aman buat kalian berlindung. Kalian juga bisa kerjasama menggunakan dua karakter jika posisinya mengapit seorang musuh.

Baca juga: 13 Game Offline Petualang Paling Seru yang Wajib Kalian Mainkan

Tampilan HD-2D yang Menarik

Triangle Strategy
Tampilan Triangle Strategy

Seperti yang telah disinggung di awal, Square Enix sebagai pengembang game pertama kali memperkenalkan tampilan visual HD-2D melalui game Octopath Traveler. 

Kini, Square Enix menjadikan tampilan HD-2D sebagai identitas beberapa game buatannya, termasuk Triangle Strategy. Tak heran jika game terbarunya ini memiliki gaya retro modern yang menjadikannya pusat perhatian pemain.

Tak cuma itu saja, Triangle Strategy juga sudah mengalami perkembangan dari Octopath Traveler dengan penggunaan sudut pandang 3D yang lebih jelas. 

Jadi, kalian yang memainkannya bisa melihat keindahan wilayah Norzelia dengan memutar kamera sesuai keinginan selama berada dalam pertarungan.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai Triangle Strategy yang merupakan game retro modern besutan dari Square Enix.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!