Top 5 Aplikasi Baca Buku Gratis

Dengan aplikasi baca buku gratis, kamu bisa baca jutaan buku dan genre yang bisa dibaca ketika kapan saja dan dimana saja.
aplikasi baca buku gratis (4)
Someone Read on Kindle. Sumber: Pinterest

Top 5 Aplikasi Baca Buku Gratis

Buat kamu yang kutu buku, pasti sudah kehabisan buku bacaan yang seru kan? atau kamu ingin membaca buku tapi harganya cukup mahal? Tenang, sekarang sudah ada aplikasi baca buku gratis lho!

Dengan aplikasi, bisa membantumu untuk membaca jutaan buku seperti novel, komik, majalah, buku pelajaran dan sebagainya melalui HP atau tablet.

Aplikasi baca buku ini ibaratnya perpustakaan mini yang selalu ada di genggamanmu karena kamu masih bisa membacanya ketika sedang berada dimanapun dan kapanpun.

Selain itu juga, ternyata aplikasi tersebut bisa diakses dengan mudah dan simple! Kamu tinggal mencari bukunya dan bisa langsung baca, deh!

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai aplikasi baca buku gratis yang bisa kamu gunakan untuk kamu sang kutu buku! Simak sampai selesai, ya!

Baca juga:

Daftar Aplikasi Baca Buku Gratis Terbaik

aplikasi baca buku gratis (5)
Kindle. Sumber: Pinterest

Aplikasi buku gratis adalah salah satu sarana yang cukup dibutuhkan bagi seorang kutu buku untuk membaca bahan bacaan yang tidak tersedia di toko buku atau ingin membaca secara digital.

Terkadang, masih banyak orang yang ingin membaca buku tapi belum tahu aplikasi mana yang menyediakan buku bacaan yang bisa diakses secara gratis.

Di bawah ini adalah rekomendasi aplikasi baca buku yang bisa diakses secara gratis tanpa harus premium terlebih dahulu serta memiliki akses yang simple.

Wattpad

aplikasi baca buku gratis (7)
Wattpad

Pertama, ada platform yang paling populer bagi kalangan kutu buku di seluruh dunia untuk membaca buku ataupun novel secara gratis yaitu Wattpad.

Di Wattpad ini kamu bisa membaca miliaran buku bacaan dengan berbagai macam genre yang kamu suka. Selain itu, kamu juga bisa menulis cerita sendiri.

Kebanyakan buku bacaan yang telah memiliki jutaan pembaca, telah diadaptasi menjadi sebuah film, drama ataupun serial televisi karena kepopulerannya.

Sekarang, Wattpad memiliki fitur premium sehingga kamu harus membacanya dengan melakukan premium atau membeli koin di aplikasi.

Namun jangan khawatir, kamu juga masih bisa membaca buku bacaan terbaik dan terpopuler yang tersedia secara gratis tanpa harus premium.

Kamu bisa membaca buku di Wattpad ini bisa dengan cara mengunduh aplikasinya atau hanya login melalui website resminya.

iPusnas

aplikasi baca buku gratis (3)
iPusnas. Sumber: Google PlayStore

Kedua, ada aplikasi baca buku gratis yang bisa kamu gunakan untuk membaca buku secara gratis yaitu iPusnas.

iPusnas ini adalah aplikasi perpustakaan digital resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang memiliki bahan bacaan cukup lengkap.

Selain bisa diakses secara gratis, kamu bisa membaca buku di iPusnas ini secara online ataupun offline yang akan lebih seru ketika sedang tidak ada internet.

Serupa seperti di Perpusnas, di aplikasi iPusnas apabila kamu ingin membaca buku, kamu harus meminjamnya selama satu minggu dan harus dikembalikan lagi.

Namun, apabila koleksi buku tersebut habis atau tidak ada stock, maka kamu harus menunggunya sampai re-stock kembali dengan menggunakan fitur ‘Queue’ atau antrian.

Jadi apabila bukunya sudah tersedia kembali, nantinya buku yang dipinjam tersebut ada didalam koleksi buku-mu atau rak buku pribadimu.

Buat kamu yang ingin membaca buku di iPusnas, kamu harus mengunduh aplikasinya yang tersedia di Google PlayStore (Android) atau App Store (iOS).

iJakarta

aplikasi baca buku gratis (2)
iJakarta. Sumber: ijakarta.jakarta.co.id

Salah satu aplikasi untuk baca buku gratis populer selain Wattpad dan iPusnas adalah iJakarta.

Buat yang belum tahu, iJakarta ini adalah aplikasi perpustakaan digital yang dirilis oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta yang dikembangkan oleh Aksamaraya.

Terkait fitur-fiturnya sendiri, cukup mirip dengan iPusnas. Kamu bisa membaca jutaan buku secara online maupun offline.

Lalu, aplikasi ini juga masih menggunakan fitur pinjam, dimana kamu harus meminjam dan mengembalikan bukunya sesuai deadline.

Fitur unggulan lainnya yaitu adanya ePustaka, dimana kamu bisa join menjadi anggota perpustakaan digital yang menyediakan berbagai koleksi buku untuk dipinjamkan.

Untuk buku yang kamu pinjam juga secara otomatis akan masuk kedalam rak buku pribadimu sehingga memudahkanmu xalam mencarinya.

Jika ingin menggunakannya, aplikasi iJakarta ini tersedia di Google PlayStore (Android) dan App Store (iOS).

Eperpusdikbud

aplikasi baca buku gratis (1)
Eperpusdikbud. Sumber: Google PlayStore

Keempat ada aplikasi untuk baca buku secara gratis yaitu Eperpusdikbud yang bisa gunakan.

Eperpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Di sini kamu bisa membaca ribuan koleksi buku yang telah dilengkapi dengan eReader untuk membacanya secara nyaman.

Kamu bisa membaca buku dengan cara meminjamnya yang nantinya harus dikembalikan lagi.

Aplikasi Eperpusdikbud bisa kamu coba unduh melalui Google PlayStore (Android) dan App Store (iOS).

Ruang Buku Kominfo

aplikasi baca buku gratis (6)
Ruang Buku Kominfo. Sumber: Google PlayStore

Terakhir ada aplikasi untuk baca buku secara gratis yang cukup underrated yaitu Ruang Buku Kominfo atau RBK.

RBK atau Ruang Buku Kominfo adalah aplikasi perpustakaan digital resmi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Disini ada berbagai macam buku yang bisa kamu baca, termasuk buku tentang sejarah Indonesia dan lain-lain.

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba aplikasi Ruang Buku Kominfo ini, kamu bisa mengunduhnya melalui Google PlayStore (Android) dan App Store (iOS).

Baca juga:

Yuk top up kebutuhan produk digital termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!