5 Tips Investasi Bitcoin Untuk Pemula, Auto Cuan!

cara bikin akun pancake swap

Dahulu, berinvestasi seringkali sama dengan berinvestasi pada saham atau emas. Namun, di era digital ini, ada jenis investasi baru yang menjadi primadona, yaitu investasi bitcoin

Seperti namanya, jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang menggunakan Bitcoin sebagai wahana utamanya.

Bitcoin sendiri adalah mata uang digital yang dibuat oleh seorang pria bernama Satoshi Nakamoto. Sama seperti uang konvensional, uang digital yang diluncurkan pada 2009 juga dapat digunakan sebagai alat untuk transaksi jual beli.

Kiat Investasi Bitcoin Untuk Pemula

Siapa pun dapat investasi bitcoin, termasuk kamu yang masih pemula. Untuk melakukan ini, kamu perlu tahu banyak tips dan trik. Ada beberapa tips dalam artikel ini yang bisa kamu gunakan saat investasi bitcoin nanti.

Cari Tahu Tentang Bitcoin

Investasi Bitcoin
BTC

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi terlebih dahulu. Informasi yang dicari tentu saja informasi seputar dunia investasi Bitcoin. Hal ini dilakukan agar kamu lebih mengetahui tentang investasi bitcoin yang akan kamu lakukan nantinya.

Kamu bisa mendapatkan informasi tentang investasi bitcoin di mana saja, baik itu melalui internet atau buku. Jika kamu menerima informasi, pastikan itu valid dan bertanggung jawab. 

Cari Tahu Keadaan Pasar

Investasi Bitcoin
BTC

Sama seperti berinvestasi di saham, investasi bitcoin juga dilakukan di pasar tertentu. Pasar Bitcoin sendiri memiliki tiga jenis kondisi yang harus diketahui. Keadaan super positif, keadaan super negatif dan keadaan stagnan adalah tiga jenis keadaan.

Kondisi super bullish adalah kondisi dimana harga Bitcoin naik turun. Kebalikan dari kondisi sebelumnya yaitu Kondisi Super Negatif, yaitu kondisi dimana harga Bitcoin benar-benar turun dan turun.

Kondisi pasar yang stagnan adalah kondisi pasar bitcoin yang cenderung lesu. Karena dalam hal ini, harga Bitcoin berada pada titik datar; tidak naik atau turun.

Mengetahui tiga jenis situasi pasar Bitcoin sangat penting. Dengan mengetahui ketiganya, kamu dapat memaksimalkan investasi Bitcoin yang kamu lakukan dan membuatnya lebih menguntungkan.

Misalnya, dalam kondisi pasar yang negatif. Dalam hal ini, harga Bitcoin turun tajam. Untuk memanfaatkan ini, kamu dapat membeli banyak bitcoin yang harganya turun. Kamu nantinya dapat menjual bitcoin ini dengan harga tinggi jika memenuhi kondisi pasar yang positif atau stagnan.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan kembali bitcoin ini dan membeli bitcoin baru. Atau bisa juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Analisis Teknik Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin
Pergerakan BTC/USDT Jumat 27 Mei 2022.

Tips lain untuk investasi bitcoin adalah mengetahui teknik menganalisis jenis investasi ini. Kiat-kiat ini sangat penting terutama jika kamu memprediksi harga bitcoin yang kamu investasikan.

Prediksi harga Bitcoin dapat memaksimalkan investasi bitcoin. Ada dua teknik analisis yang bisa kamu gunakan nanti, yaitu: Teknik Analisis Fundamental dan Teknik Analisis Teknikal.

Teknik analisis fundamental adalah teknik untuk menganalisis prediksi harga Bitcoin berdasarkan berbagai faktor yang mempengaruhi harga. Faktor langsung adalah: kebijakan pemerintah, krisis dan stabilitas ekonomi, dan faktor sosial budaya.

Sementara itu, Analisis Teknis adalah metode untuk menganalisis investasi Bitcoin yang dilakukan dengan menggunakan beberapa grafik. Grafik yang digunakan dalam salah satu dari teknik analisis BTC ini bervariasi.

Candlesticks, Bollinger Bands dan Simple Moving Average adalah beberapa jenis grafik ini. Masing-masing dari ketiga jenis grafik tersebut memiliki bentuk yang berbeda. Namun ketiganya memiliki fungsi gabungan yaitu: keduanya digunakan untuk membaca kondisi pasar dan harga bitcoin.

Simpan di Wallet yang Aman

Investasi Bitcoin
Indodax

Seperti halnya uang tradisional, Bitcoin menjadi rentan terhadap pencurian. Pencurian Bitcoin biasanya dilakukan dengan mengakses penyimpanan Bitcoin secara langsung atau dengan meretas informasi pribadi sebelum Bitcoin kamu dicuri. Hal ini jelas sangat beresiko untuk penimpanan BTC yang akan kamu lakukan nantinya.

Sebagai tindakan perlindungan, kamu dapat mengunduh perangkat lunak khusus seperti EAL atau Metamask. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati ketika orang anonim mengirim pesan melalui WhatsApp, Instagram, dan sebagainya.

Jika pesan yang mereka kirim berisi tautan, cobalah untuk tidak mengklik tautan tersebut agar informasi pribadi kamu dapat diretas dan bitcoin dapat dipulihkan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Indodax

Simpan Untuk Waktu yang Lama

Investasi Bitcoin
Freepik

Tips lain bagi kamu yang baru memulai investasi bitcoin adalah dengan menyimpan bitcoin yang kamu miliki. Simpan bitcoin untuk waktu yang lama. Selain menjaga cadangan bitcoin tetap penuh, tahanlah bitcoin dalam waktu yang lama sehingga harga bitcoin akan meningkat seiring waktu, terutama saat kondisi pasar yang positif datang.

Agar aset kamu tidak hilang karena pencurian bitcoin, kamu perlu mengunduh penyimpanan bitcoin khusus. Salah satu perangkat tersebut adalah dompet Bitcoin.

Menyimpan bitcoin di perangkat ini sangat aman. Karena dompet bitcoin dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat dan tidak memungkinkan peretas untuk meretas perangkat ini. Apalagi perangkat ini tidak terhubung dengan internet, sehingga menyulitkan peretas untuk mendapatkan akses ke perangkat ini.

Baca juga: Tips Menjadi Penambang Bitcoin dan Menghasilkan Uang

Itulah tadi beberapa tips yang dapat kamu gunakan jika ingin mulai berinvestasi di Bitcoin. Selama kamu rajin dan serius dalam implementasinya, investasi Bitcoin pasti akan berhasil.

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!