4 Tips Emblem Support, Jadikan Hero Roamer-mu Makin Mantap!

emblem support cover

Emblem support sejauh ini bisa digunakan tidak hanya untuk hero Mobile Legends dengan role support murni saja, tapi juga hero lain yang bisa support secara ofensif maupun defensif.

Jika kamu ingin build emblem ini, kamu harus pastikan dulu untuk apa keperluannya. Kadang-kadang, hero support murni saja belum tentu sangat cocok dengan setting emblem yang kamu pasang.

Bisa saja kamu terlalu “berat sebelah” dalam mengalokasikan poin-poin sub talent yang ada di emblem tersebut sehingga hero support-mu tidak berfungsi dengan baik.

Hal tersebut akan diperburuk ketika kamu menggunakan emblem support karena pengaruh hero meta season 23 ini. Ada baiknya kalau kamu mengetahui terlebih dahulu seluk beluk emblem ini sebelum menggunakannya untuk hero meta.

Baca juga: Yve MLBB Kena Nerf, Cooldown Bertambah?

Supaya kamu bisa lebih punya gambaran untuk mengatur emblem yang biasanya digunakan oleh hero roamer yang diisi oleh tanker, mage dan support, simaklah ulasan di artikel ini. Setidaknya, kamu jadi bisa lebih paham dengan talent dan sub talent yang ada di emblem ini.

Rincian Emblem Support Yang Bisa Bikin Roamer Makin GG

Mengenal Emblem Support Dan Fungsinya

emblem support tampilan 1

Emblem support sesuai dengan namanya, dikhususkan untuk membangun hero kamu sebagai support saat match. Ada berbagai bentuk support yang bisa diberikan, mulai dari support ofensif ataupun defensif.

Support ofensif akan menjadikan hero roamer kamu lebih tangguh saat adu mekanik dengan lawan di top lane ataupun side lane. Hero ini juga bisa kamu gunakan untuk rotasi dan assist kill yang baik supaya bisa mengalahkan hero lawan dengan cepat.

Support defensif akan lebih menggunakan kemampuan hero roamer sebagai cover atau healing support untuk hero offlaner, gold laner, jungler dan mid laner supaya bisa patroli lane dengan baik.

Seperti emblem dengan peran yang spesifik, emblem support akan bisa kamu gunakan ketika kamu mencapai player level 10.

Saat kamu mencapai level 10, kamu juga bisa mengakses emblem fighter, assassin, mage dan lainnya. Jadi, kamu harus rajin log in atau terlibat match dulu sebelum bisa setting emblem ini.

Baca juga: Rekomendasi Emblem, Spell dan Build Chang’e Tersakit

Talent Emblem Support

emblem support talents

Emblem Support di Mobile Legends juga punya 6 sub talent dan 3 talent utama.

Baris pertama dan kedua dalam kolom sebelah kiri menunjukkan 6 sub talent yang bisa kamu set hingga 3 titik, sementara talent utama ada di baris paling bawah dan hanya bisa di-set satu titik saja.

Sub Talent Baris Pertama

Sub talent paling kiri disebut Mastery, yang bisa menambah Cooldown Reduction sebesar 1.50%. Sub talent kedua (tengah) disebut Vitality, yang memiliki efek untuk menambah HP sebesar 65 bagi penggunanya.

Sementara itu, sub talent paling kanan adalah Agility, yang bisa menambah movement speed hero pengguna sebesar 2%.

Jumlah persentase dan poin di atas akan meningkat sesuai dengan jumlah titik yang kamu aplikasikan nantinya.

Sub Talent Baris kedua

Di barisan kedua ada sub talent Gift, yang memiliki kemampuan untuk menambah efek healing sebesar 3%. Di sebelahnya ada sub talent Rupture, yang berguna untuk menambah efek hybrid penetration sebanyak 2 poin.

Sub talent paling kanan disebut recovery, dengan efek menambah hybrid regen sebesar 1 poin bagi penggunanya.

Ketika kamu mengalokasikan titik, jumlah di atas akan bertambah seperti sub talent baris pertama.

Baris ketiga (Talent Utama)

Emblem support punya tiga talent utama yang hanya bisa kamu pilih satu saja untuk keperluan saat match baik classic maupun ranked.

Talent paling kiri adalah Focusing Mark yang akan meningkatkan damage pengguna dan rekan tim di sekitar pengguna sebesar 6% selama 3 detik. CD efek dari talent ini adalah selama 6 detik.

Talent kedua disebut Avarice, dengan efek memberikan tambahan 10 gold setiap penggunanya memberi damage ke lawan. Efek ini bisa menambah gold hingga 1200. Seperti talent sebelumnya, efek dari talent ini memiliki CD selama 4 detik.

Talent paling kanan adalah Pull Yourself Together, dengan kemampuan memberi efek pengurangan Cooldown Spell sebanyak 15% dan pengurangan Respawn sebanyak 15%.

Berbeda dari sub talent, jumlah persentase dan efek tambahan talent utama ini tidak akan bertambah lagi. Jadi, kamu harus tentukan talent mana yang akan kamu gunakan.

Baca juga: Wajib Coba! 5 Build Emblem Mage Tersakit, Ubah Mage Kamu Jadi OP!

4 Tips Setting Emblem Support

Setting Support Lincah

Setting emblem support ini akan membuat hero penggunanya menjadi lebih gesit saat akan join war, poke dan kabur dari kejaran lawan. Ini juga cocok untuk roamer dengan skill healing dan ofensif.

emblem support mathilda roaming

Untuk set taktik ini, kamu bisa pasang dua titik untuk sub talent Agility, kemudian tambah satu titik untuk sub talent vitality

Selanjutnya, tambah sub talent Gift sebanyak dua titik. Untuk sisa satu titik di baris kedua ini, kamu punya opsi untuk memilih antara Rupture atau Recovery.

Kalau kamu mau hero support yang lincah khusus untuk bantu kill, maka kamu bisa pilih Rupture. Namun, kalau kamu akan fokus untuk support roaming saja, maka pilihlah Recovery.

Untuk talent utama, gunakanlah Avarice sehingga kamu bisa memberi tambahan gold bagi tim dan hero gold laner tim kamu supaya cepat bisa full upgrade.

Setting emblem dengan lincah ini akan cocok untuk hero seperti Mathilda dan Uranus karena kedua hero ini lebih bisa diandalkan sebagai offlaner dan bisa sekaligus support kill dan cover serta rotasi dengan cepat.

Setting Support Tahan Banting

emblem support minotaur tahan banting

Setting emblem support ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin menjadikan hero roamer kamu sebagai hero yang sulit kena kill dan bisa tahan di-ganking.

Sebagai permulaan, kamu bisa atur poin Vitality sebanyak 2 poin, sementara sub talent Agility kamu atur di 1 poin.

Di baris kedua, pilihlah Gift sebanyak 1 poin karena kamu akan fokus untuk cover dan sedikit healing support, dilanjutkan dengan set Recovery sebanyak 2 poin.

Sebagai talent utama, kamu bisa pilih antara Avarice atau Pull Yourself Together. Kalau kamu menggunakan hero roaming merangkap offlaner, pilihlah Avarice. Pilih Pull Yourself Together kalau kamu ingin lebih cepat menggunakan skill dan respawn setelah kena kill.

Untuk setting ini, kamu bisa menggunakan hero semi tank seperti Alice, Khufra dan Minotaur yang memang memiliki kemampuan regen dan HP yang lebih tebal di early game. Setidaknya dengan hero tersebut, kamu juga bisa tahan kena ganking lawan dan bahkan bisa balik menyerang mereka.

Baca juga: Harus Tahu! 6 Kelebihan Dan Kekurangan Hero Khufra Mobile Legends Supaya Nggak Asal Pakai Terus!

Setting Support Assist Kill

emblem support lolita assist kill

Setting ini akan menjadikan hero support kamu sebagai pelapis serangan para hero dalam tim kamu, seperti core, mid laner ataupun gold laner. Meskipun begitu, kamu akan tetap menelantarkan offlaner karena posisinya cukup jauh.

Di baris pertama, aturlah Agility dengan 2 titik, sementara Vitality sebanyak 1 titik. Ini akan meningkatkan speed hero penggunanya sehingga bisa cepat melakukan assist.

Untuk sub talent baris kedua, pilihan Rupture sebanyak 2 poin. Sisanya, kamu bisa memilih antara Gift untuk support serangan bagi rekan tim saat war, atau pilih Recovery untuk hero support dengan skillset bawaan yang ofensif.

Sebagai penutup, set talent utama dengan memilih Focusing Mark. Dengan talent ini, hero support atau pengguna emblem support ini bisa memberi bonus damage bagi rekan tim.

Kamu bisa gunakan pengaturan ini, hero seperti Nana, Rafaela atau Lolita akan bisa lebih efektif saat terjadi war. Namun karena kamu akan banyak assist, tetap atur jarak dan gunakan shield (Lolita khususnya) supaya bisa tetap cover sambil assist.

Setting Support Spam Skill

emblem support esmeralda spam skill

Pengaturan emblem ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin menggunakan skill hero roamer dengan cepat tanpa lelet. Ini akan sangat berguna untuk spam skill blink atau dash maupun saat adu mekanik dengan lawan.

Pertama-tama, kamu bisa set Mastery sebanyak satu poin, kemudian set Vitality atau Agility sebanyak 2 poin. Pengaturan ini bergantung pada hero yang kamu pakai dan status bawaannya.

Selanjutnya, aturlah Gift sebanyak 2 poin dan Rupture 1. Opsi lainnya, kamu bisa memilih Gift sebanyak 1 poin dan Rupture sebanyak 2 poin. Seperti setting sebelumnya, ini akan kamu sesuaikan dengan hero yang akan kamu gunakan.

Selanjutnya, kamu bisa set talen utama dengan memilih Pull Yourself Together. Ini akan memberi efek pengurangan CD skill hero tersebut lebih banyak dan bisa lebih cepat respawn juga.

Hero seperti Estes, Hylos dan Esmeralda bisa kamu gunakan supaya mereka bisa lebih cepat spam skill baik untuk healing dan menyerang lawan.

Baca juga: 10 Hero ML yang Bagus untuk Push Rank Season 23

Dengan rincian dan tips tersebut, setidaknya kamu sudah mulai bisa membayangkan hero spesifik untuk kamu pasangkan dengan emblem support. Contoh hero di atas hanya gambaran saja dan akan lebih baik jika kamu sesuaikan dengan style bermain kamu ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!