God of War Ascension, Yuk Memahami Masa Lalu Kratos

God of War: Ascencion

Kalau Vicigers sudah membaca artikel VCGamers tentang urutan God of War (GOW) menurut jalan ceritanya, pasti sudah paham deh kalau awal mula kisah sang Kratos dipaparkan pada instalasi God of War Ascension ini.

Sebagai salah satu prequel dari waralaba GOW yang menceritakan kisah sang dewa perang, instalasi game ini sudah memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Menjadi lineup eksklusif milik PlayStation, berbagai judul game ini sudah dihadirkan di berbagai platform lintas generasi.

Nah, sedikit banyak pasti Vicigers sudah paham sepak terjang Kratos kala mengalahkan Ares untuk menjadi dewa perang, melampaui Zeus dan Olympus, serta kepergiannya ke meta universe di dua instalasi terbarunya.

Namun apakah kalian sudah paham dengan latar belakang menyedihkan serta kisah kelam yang dimilikinya semasa masih menjadi manusia fana? Nah supaya bisa paham, harus banget nih Vicigers memainkan lineup-nya yang satu ini!

Karenanya, buat yang penasaran, kami bakal kasih bahasannya dengan mendetail di artikel kali ini. Harapannya, Vicigers bisa dapat sedikit spoiler setelah membaca. Dan jika tertarik bisa banget kok langsung mainin! Silahkan disimak ya!

Baca juga: Lokasi Perisai di God of War Ragnarok, Catat!

Waralaba God of War

God of War Ascension sebagai permainan eksklusif Sony
God of War Ascension sebagai permainan eksklusif Sony. Sumber: YouTube/PlayStation Official

 

Seperti yang sudah banyak diketahui, GOW sendiri adalah franchise game aksi-petualangan yang telah menjadi salah satu seri game terbesar dan paling sukses di industri ini. Merupakan pengembangan dapur Santa Monica Studio, instalasi ini menjadi first party eksklusif empunya Sony.

Instalasi GOW pertama kali dirilis pada tahun 2005 untuk konsol PlayStation 2. Game ini menjadi sangat populer karena menghadirkan gameplay yang inovatif, grafik yang memukau, dan cerita yang begitu mendalam.

Pada awalnya, game ini mengambil setting di dunia mitologi Yunani Kuno. Menampilkan karakter utama yang merupakan seorang jenderal Spartan, pemain diajak mengikuti petualangan sang protagonis dalam upaya pembalasan dendam terhadap para dewa Olympus. Vicigers yang merupakan gamers lawas barang tentu juga sudah pernah memainkannya.

Seiring berjalannya waktu, kisah cerita di era tersebut-pun berlalu. Cerita Kratos-pun lantas beralih pada setting baru yang menunjukkan petualangannya pada meta mitologi Nordic: berjibaku di era Skandinavia kuno.

Tokoh-tokoh anyar yang khas dengan universe tersebut-pun bermunculan, seperti Odin sang punggawa Valhalla, Thor sang dewa petir dengan Mjǫllnir kesayangannya, serta Freya sang dewi Valkyrie juga menjadi bagian di dalamnya.

Uniknya, pada instalasi ini, Kratos yang sudah terbiasa mengarungi rimba dan menghadapi pertempuran sendirian kini telah menemukan partner bertualangnya. Ia kini menjadi ayah dari seorang anak bernama Atreus, yang ternyata adalah perwujudan dari Loki sang Dewa Kerusakan.

Kisah mereka nantinya akan diarahkan untuk mengarungi kesembilan alam (nine realms) yang biasa ditemukan pada universe Norse tersebut. Berbagai musuh, senjata, serta lokasi-lokasi baru akan dapat dimainkan sebagai bagian dari perkembangan terbaru sang franchise.

Baca juga: Daftar Cheat God Of War PS2 Terbaru

Instalasi God of War Ascension

In game footage GOW Ascension
In game footage GOW Ascension. Sumber: YouTube/PlayStation Official

Sekarang pembahasan akan beranjak pada instalasi GOW Ascension-nya. Pada dasarnya game ini terhitung sebagai instalasi ke-7 dari sang waralaba. Ia dirilis pada Maret 2013 dan eksklusif untuk konsol PlayStation 3 semata.

Jalan cerita yang dituturkan game ini diawali dengan Kratos yang terikat oleh kutukan dari sang Dewa Perang sebelumnya yakni Ares. Kratos terpaksa melakukan perjalanan melalui dunia mitologi Yunani Kuno untuk mencari cara agar kutukan tersebut hancur.

Dalam perjalanan ini, Kratos menghadapi berbagai monster dan dewa-dewi, termasuk beberapa musuh yang sebelumnya tidak pernah ditemukan dalam Instalasi GOW sebelumnya. Selain itu terdapat juga beberapa perubahan dalam gameplay dan mekanisme yang diusungnya.

Beberapa di antaranya seperti pengenalan sistem pertarungan baru yang lebih dinamis dan intuitif; sistem pertarungan dan serangan combo yang lebih kompleks; serta pemanfaatan lingkungan sekitar  (surrounding environment) untuk melakukan “fatality/brutality” pada musuh.

In game footage (2) GOW Ascension
In game footage (2) GOW Ascension. Sumber: YouTube/PlayStation Official

Tak hanya itu, pada instalasi ini jugalah sang developer pertama kali menampilkan mode multiplayers. Game mode ini memungkinkan kalian untuk bermain secara online dengan players lain, baik dalam mode pertarungan arena (Quickplay) ataupun kooperatif (Labors).

Respons yang diberikan padanya juga cukup variatif. Secara keseluruhan, game ini dipuji karena grafiknya memukau, cerita menarik, dan gameplay yang menyenangkan. Namun, ada juga yang mengkritik bahwa berbagai perubahan yang ada merupakan langkah mundur dari seri sebelumnya.

Kami sendiri merasa perlu untuk merekomendasikan Ascension, khususnya bagi kalian yang memang ingin mendalami franchise GOW. Ini mempertimbangkan keberadaan jalan cerita yang melatarbelakangi kisah Kratos secara keseluruhan.

Baca juga: Jadwal Rilis God of War Ragnarok Resmi Diumumkan!

Nah itulah pembahasan mengenai game GOW Ascension ini. Bagaimana nih Vicigers? Apakah kalian tertarik untuk memainkannya? Silahkan tinggalkan pendapat kalian di kolom yang sudah tersedia. Dan bagi yang sudah memainkannya, juga jangan lupa berikan testimoni ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!