Tiny Guardians, Game Tower Defense yang Lain Dari Kebanyakan

Kurechii adalah pengembang dari Malaysia yang menghasilkan game Tiny Guardians. Game ini mengusung konsep tower defense yang sangat seru untuk dimainkan. Kisahnya dimulai dari kawanan penjahat yang menculik guru dari Lunalie, tokoh utama di game ini. Lunalie pun mengejar kawanan itu. Tokoh utama ini punya kelebihan supranatural yang bisa menyulap kartu menjadi kesatria.

Gameplay Unik

Meskipun bukan gameplay baru, namun sang pengembang menyuguhkan kreasi unik dalam hal penyampaian. Menyulap kartu menjadi kesatria merupakan inovasi menarik yang jarang dijumpai dalam game lain. Pemain Tiny Guardians akan melalui stage demi stage yang setiap tingkatannya mesti berjalan dari awal hingga akhir dimana musuh terus menyerang di sepanjang jalan. Mengandalkan banyak jenis kesatria yang dimiliki, pemain kudu pandai-pandai menyusun strategi misalnya kelas yang akan dipakai lebih dulu. Keseluruhan disediakan 12 kelas yang dapat dipakai misalnya Archer,  Warrior, Magician, dan Berseker.

Tiap stage dalam  Tiny Guardians punya teknik tersendiri dan mesti memperhatikan pula berapa mana yang dipunyai di permulaan game dan jumlah mana yang diperlukan untuk mengaktifkan satu kesatria. Keliru menerapkan taktik pada awal game mengakibatkan pemain lebih cepat terbunuh. Permainan pun selesai saat nyawa Lunalie habis. Sementara apabila kesatria yang nyawanya habis, dapat hidup kembali namun mesti menantikan beberapa waktu.

Tiny Guardians termasuk game yang lumayan susah sebab banyak musuh yang harus dihadapi sekaligus menyusun posisi kesatria. Misalnya Magician,  Archer, dan Healer sesuai bila ditugaskan di deretan belakang sebab bila dari dekat kekuatannya tak akan maksimal. Ada mekanisme upgrade yang dapat dimanfaatkan untuk tiap kesatria yang dimiliki apabila mana yang dipunyai jumlah mencukupi. Bila di-upgrade maka kesatria yang dimiliki bakal makin kuat sekaligus efisien.

Dengan mekanisme tersebut pula, Tiny Guardians lebih memprioritaskan upgrade kesatria ketimbang memperbanyak jumlahnya. Selain kesatria yang mempunyai fitur upgrade, pemain pun diberikan berbagai power-up untuk membantu menghadapi lawan. Umpamanya power up dalam bentuk hujan meteor yang otomatis dapat menurunkan nyawa musuh cukup banyak, atau fitur untuk meningkatkan nyawa karakter di zona tertentu.

Upgrade Kelas dengan Bintang

Pihak pengembang pun menghadirkan mekanisme upgrade kelas memanfaatkan koleksi bintang yang diperoleh tiap kali menuntaskan level. Sehingga jika pemain dapat mengoleksi 3 bintang tiap level, otomatis akan memperoleh peluang upgrade lebih terbuka. Untuk mengumpulkan 3 bintang dapat dilakukan dengan memanggil gelombang musuh selanjutnya kendati belum saatnya. Tentu saja hal itu akan mengakibatkan pemain makin kerepotan atau malah bisa gagal. Namun itulah waktunya untuk latihan menyelesaikan tantangan.

Agar dapat memperoleh 12 kelas yang tersedia, ada beberapa trik yang bisa diterapkan dalam Tiny Guardians. Pemain sebenarnya akan juga memperolehnya sejalan dengan permainan. Pemain pun dapat membeli yang pembayarannya memakai koin. Cara memperoleh koin yaitu bila pemain yang sukses menuntaskan suatu level. Namun ada pula teknik lain, yaitu menuntaskan tantangan tertentu yang disediakan Tiny Guardians. Tantangan itu umpamanya merampungkan stage yang sama namun tak boleh menggunakan dukungan dari kelas Warrior, jangan sampai kesatria mati, cuma bisa melakukan upgrade karakter sekali saja. Akumulasi koin yang dapat diperoleh dipengaruhi taraf kesulitannya. Sementara strategi terakhir yaitu membeli IAP.

Visual Gaya Anime

Tentu akan banyak pemain yang suka dengan visual yang disuguhkan dalam Tiny Guardians. Visual bergaya anime dibuat dengan benar-benar rinci dan mengagumkan. Bila dibanding game King’s League Odyssey yang juga dibuat pengembang yang sama sebelumnya, visual Tiny Guardians terlihat meningkat yang benar-benar dapat memanjakan mata. Tak perlu disangsikan lagi untuk urusan grafis dari Tiny Guardians.

Game Android Premium

Tiny Guardians bukan game Android gratis, pemain harus menebusnya sebesar Rp.45.000. Meski terasa mahal, namun saat pertama kali memainkannya, dijamin akan terkesan dan ingin terus bermain. Ini terutama untuk mereka yang hobi dengan genre game strategi tipe micro management. Meskipun adakalanya game ini mengalami crash, namun hadirnya fitur yang lengkap ditambah penggambaran grafis serta gameplay yang demikian bagus membuatnya sangat asyik untuk dimainkan.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.