Tentang Bracket: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Bracket adalah

Di setiap turnamen esports pastinya kamu sering melihat bracket pertandingan. Bracket adalah sistem yang biasanya digunakan di babak playoff setelah eliminasi.

Bracket dibuat dengan tujuan memberikan keseimbangan ketika bermain. Misalnya,  tim yang juara grup akan naik ke upper bracket. Jika dimanfaatkan dengan baik, sistem seperti ini akan menguntungkan bagi sebuah tim.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian bracket. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Jadwal Turnamen Mobile Legends 2023 dari Moonton

Pengertian Bracket

Bracket adalah sebuah diagram yang berbentuk diagram pohon yang digunakan dalam turnamen game dengan menggunakan sistem knockout atau sistem gugur. 

Biasanya dalam turnamen esports, mereka menggunakan sistem upper dan lower bracket. Dimana nantinya masing-masing juara grup akan mulai di upper bracket.

Dengan adanya bracket ini, maka pertandingan saat playoff akan menghasilkan pertandingan lebih bervariatif. 

Selain itu, hal ini juga berdampak positif kepada tim, karena mereka bisa melakukan rencana untuk beberapa match kedepan.

Baca juga: Update Patch Note 1.7.58 Mobile Legends Terbaru: 15 Hero Kena Buff dan Nerf

Jenis Bracket

Bracket terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Upper dan Lower. Untuk lebih jelasnya mengenai kedua jenis tersebut, yuk simak penjelasannya berikut ini:

Upper Bracket

Upper bracket diisi oleh para tim atau pemain yang menjadi juara di group stage. Tim yang masuk ke upper bracket akan memiliki keunggulan dibandingkan tim yang masuk ke lower bracket.

Karena mereka akan memiliki dua kesempatan, yaitu ketika mereka mereka mengalami kekalahan, mereka bisa bermain lagi di lower bracket.

Sedangkan lower bracket, ketika mereka mengalami kekalahan, maka mereka akan tereliminasi. Oleh karena itu, banyak tim yang mengincar untuk bisa berada di upper bracket.

Lower Bracket

Lower bracket merupakan tim yang berada di bawah dan hanya memiliki satu kali kesempatan. Karena jika mereka kalah, maka mereka akan tereliminasi.

Lower bracket akan diisi oleh tim yang berada di posisi kedua di grup stage. Kerugian ketika bermain di lower bracket adalah karena disini tidak ada kesempatan kedua. 

Ketika sebuah tim mengalami kekalahan, maka mereka akan langsung tereliminasi hilang dari kompetisi. Sehingga memaksa semua tim untuk harus optimal dan tidak melakukan kesalahan sedikitpun, jika mereka ingin bertahan.

Baca juga: Klasmen MDL ID S7: ONIC Prodigy Masih Tak Terhentikan

Contoh Bracket Turnamen Esports

Bagi kamu yang masih bingung mengenai bracket dalam sebuah turnamen, berikut adalah beberapa contohnya:

Bracket Mobile Legends

Bracket adalah
Bracket M4 Mobile Legends. Sumber: YouTube

Yang pertama ada Mobile Legends, dengan mengambil rekap bracket turnamen M4 yang diadakan awal tahun kemarin. Disini terlihat ada upper dan lower bracket yang diisi masing-masing team. Untuk tim yang berhasil lolos dari grup, maka mereka akan memasuki masing-masing seed.

2. Dota 2

Bracket adalah. Sumber: YouTube
Bracket Dota 2. Sumber: YouTube

Selanjutnya ada contoh dari Dota 2. Bracket ini terlihat kurang lebih sama dengan yang ada pada Turnamen M4 Mobile Legends, karena Dota 2 juga diikuti oleh jumlah tim yang sama.

3. Valorant

Bracket adalah. Sumber: YouTube
Bracket Valorant. Sumber: YouTube

Selanjutnya ada bracket dari Valorant yang berbeda dari Mobile Legends dan Dota 2. Yang menjadi perbedaannya adalah disini tidak ada yang namanya upper dan lower bracket. Semua tim berada di level yang sama, sehingga semua memiliki kesempatan yang sama.

Format ini bernama single-elimination tournament. Dengan format ini, semua tim yang mengalami kekalahan akan langsung tersingkir. Jadi, disini tidak ada kesempatan kedua ketika kalah.

Itulah pengertian bracket dalam turnamen esports. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan kalian semuanya ya!

Baca juga: VCGamers Luncurkan ARENA, Yuk Bikin Tim dan Turnamen Gratis!

Oh iya, buat kamu yang ingin membuat atau mengikuti turnamen esports dengan mudah, kamu bisa mendaftarkan dirimu di VCGamers Arena. Yuk, buruan mumpung gratis!

Untuk urusan top up game online, kamu bisa melakukan top up dengan cepat, mudah, dan terpercaya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!