Tempat Top Up Game Pertama di Indonesia, Masih Ingat?

Tempat Top Up Game Point Blank

Game online sudah lama populer di Indonesia. Pastinya, terdapat tempat top up game yang bermunculan untuk memenuhi berbagai kebutuhan in-game.

Kali ini, VCGamers akan membahas mengenai sejarah tempat top up game di Indonesia. Tempat top up game di Indonesia dulunya berupa voucher yang bisa Vicigers beli melalui counter warnet.

Sebelum itu, Vicigers harus tau makna dari tempat top up game online. Tidak hanya top up secara online, terdapat voucher fisik sebagai satu-satunya cara untuk melakukan top up.

Baca Juga: Gunakan Kode Promo VCGamers Sekarang, Diskon Hingga 90%!

Tempat Top Up Game Online

Tempat Top Up Game Warnet
Tampilan Warnet Tahun 2000-an untuk Tempat Voucher Game Online. Sumber: DuniaGames

Untuk membeli berbagai kebutuhan dalam game, biasanya pemain akan mengeluarkan sejumlah uang. Dari uang tersebut akan ditukarkan dengan mata uang dalam game hingga item yang terdapat dalam game tersebut.

Pemain akan mencari cara untuk top up game online, biasanya akan memilih marketplace online karena lebih mudah dan praktis.

Namun, Vicigers yang sudah bermain game online semenjak tahun 2000-an pasti dulunya belum mengenal adanya marketplace untuk top up game online.

Banyak game online tahun 2000-an yang sudah memiliki transaksi in-game. Transaksi in-game tersebut membutuhkan pemain untuk pergi ke tempat top up game online seperti warnet dan membeli voucher.

Baca Juga: Cara Top Up Roblox di VCGamers, Gampang dan Banyak Promo!

Voucher Top Up

Voucher Tempat Top Up Game
Bentuk Voucher Fisik Gemscool. Sumber: Tech in Asia

Sebelum adanya marketplace besar di Indonesia, pemain game online harus mengunjungi warnet terdekat yang menjual Voucher untuk game online favorit.

Salah satu top up game pertama di Indonesia adalah Point Blank, Lost Saga, Seal Online, CrossFire, dan game online jadul lainnya. Game-game tersebut rilis melalui portal game, contohnya adalah Gemscool yang memiliki berbagai game seperti Point Blank, Atlantica, dan Lost Saga.

Pecinta game online selalu melakukan top up game dari warnet yang menyediakan voucher yang sesuai. Namun, sering kali warnet tersebut kehabisan stok sehingga voucher yang diinginkan tidak tersedia.

Seiring berkembangnya teknologi, cara untuk melakukan top up juga semakin praktis. Setelah pembelian voucher di warnet sebagai tempat top up, muncul berbagai marketplace khusus untuk top up game online.

Baca Juga: Cara Top Up PUBG Mobile Termurah, Simak Selengkapnya!

Cara Top Up di Berbagai Tempat

Voucher Tempat Top Up VCGamers
Tampilan Website Marketplace Top Up Game Online VCGamers. Sumber: VCGamers

Pembelian voucher di warnet adalah satu-satunya cara untuk top up game pada tahun 2000-an. Namun, muncul banyak cara alternatif yang lebih praktis seiring berjalannya waktu.

Salah satu cara baru adalah melalui berbagai situs atau marketplace. Dilansir dari Hybrid, marketplace khusus membeli voucher game yang pertama kali muncul adalah GudangVoucher, IndoMog, hingga Unipin.

Sementara itu, pemain game online juga bisa melakukan top up dengan pulsa untuk membeli mata uang sesuai dengan game online favorit.

Jadi, masa-masa membeli voucher di warnet sudah lama ditinggalkan oleh pecinta game online. Namun, masih ada beberapa warnet yang masih menyediakan jasa untuk top up melalui pembelian voucher.

Sebagai kesimpulan, cara untuk top up game pertama di Indonesia berupa pembelian voucher melalui warnet yang menyediakan jasa tersebut. Seiring berjalannya teknologi, marketplace bermunculan dan menyediakan pembelian voucher yang lebih praktis.

Tidak hanya marketplace, top up melalui pulsa juga cukup populer pada masanya. Setelah itu, semenjak adanya pembayaran online seperti Gopay dan OVO, marketplace untuk pembelian voucher menggunakan metode tersebut sebagai cara pembayaran hingga saat ini.

Untuk marketplace terpercaya dan penuh dengan promo, yuk kunjungi VC Market by VCGamers!

Gunakan kode promo VCGamers, GAMINGYOURWAY90 dan GAMINGYOURWAY77, untuk mendapatkan diskon besar-besaran.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!