Tanggal Rilis Star Citizen Belum Fix

Cloud Imperium mengadakan event Star Citizen bertajuk Foundation Festival 2024, meski sang developer sedang diterpa badai isu!
Update Star Citizen
Update Star Citizen. Sumber: Official Site

Hingga sekarang, Cloud Imperium Games selaku developer game ini belum memberikan tanggal rilis Star Citizen. Sejak pertama kali diumumkan, kurang lebih 12 tahun lamanya proses pengembangan sudah berlangsung.

Sebagai sebuah judul yang diawali dari project crowdfunding, Star Citizen memang terbilang cukup ambisius. Faktanya, dana yang terkumpul untuk pengembangannya sudah menyentuh angka ratusan juta dollar Amerika!

Baca juga: Update Starfield: Akan Muncul DLC?

Star Citizen Game Apa Sih?

Star Citizen game bertema masa depan dan luar angkasa
Star Citizen game bertema masa depan dan luar angkasa. Sumber: Official Site

Terkhusus Vicigers yang mungkin tidak mengikuti rekam jejak pengembangan dari judul game current gen. yang satu ini, maka ada baiknya dibahas dulu mengenai sejarahnya deh.

Jadi pengembangan game ini bermula dari upaya menghidupkan kembali waralaba game menembak orang pertama (first-person shooter – FPS) yang sempat santer di awal tahun 2003-an.

Di masanya, tersebutlah sebuah game bertemakan masa depan dan luar angkasa bernama Freelancer besutan Digital Anvil (terpublikasi di bawah banner Microsoft).

Dirilis pada tahun 2003, judul ini sendiri merupakan sekuel dari game Starlancer (2000). Dikarenakan Digital Anvil tutup pada tahun 2006, project game tersebut-pun hilang seiring kematiannya.

Namun boss dari Digital Anvil, Chris Roberts, memiliki inisiatif untuk kembali menghidupkan waralaba ini dengan merilis Star Citizen. Ini ditandai dengan diumumkannya sang judul pada tahun 2012.

Dikarenakan pada saat itu ia sudah tidak di bawah naungan perusahaan apapun, sang empu-pun akhirnya merealisasikan game ini sebagai project crowdfunding (meminta sumbangan pada orang-orang).

Melihat besarnya fanbase game ini, ternyata animo yang didapat juga sangat masif! Pada kampanye pertamanya saja, project ini bahkan berhasil mengumpulkan dana hingga USD 2 juta!

Baca juga: Starfield: Game Luar Angkasa Baru Yang Akan Rilis September!

Kontroversi Developer dan Pengembangan

Pesawat yang menjadi in-game item-nya
Pesawat yang menjadi in-game item-nya. Sumber: Official Site

Meski resepsi yang diterima game ini sangatlah baik, namun terdapat begitu banyak kontroversi pada proses pengembangannya. Topik yang sering kali dijadikan “gunjingan” adalah lamanya waktu proses pengembangan.

Memang, early akses dan alpha/beta testing dari game ini sudah dapat dimainkan (dalam bentuk “modules”). Namun ternyata fanbase yang merasa sudah banyak berkontribusi tetap tidak puas.

Mereka menginginkan sebuah tanggal rilis yang ajek!  Ini wajar sih, melihat total biaya yang dihasilkan dari crow funding selama kurun waktu pengembangan tersebut sudah menyentuh angka hingga hampir USD 700 juta!

Untuk standar industri gaming, angka ini amatlah fantastis! Satu-satunya game yang dapat menyaingi angka ini hanyalah Genshin Impact dari pengembang miHoYo.

Itupun hitungannya mereka merupakan non-indie game dan produk perusahaan besar; berbeda dengan Star Citizen yang mengandalkan pendanaan mereka dari kebaikan hati para fanbase yang penuh harap.

So, dengan angka dan proses se-ekstensif itu, wayahnya Star Citizen dapat dihadirkan oleh Cloud Imperium Games sebagai game AAAA (quadruple-A) pertama di dunia!

Ini yang lantas menyebabkan begitu banyak kontroversi di kalangan komunitasnya. Terlepas apakah nantinya Star Citizen dapat rilis sesuai dengan ekspektasi gamers, ya kita tunggu saja deh Vicigers!

Baca juga: 5 Anime Spaceships Terbaik 2023 yang Wajib Kamu Tonton

Event Foundation Festival 2024

Gameplay Star Citizen
Gameplay Star Citizen. Sumber: Official Site

Dan di tengah gempuran badai kontroversi yang saat ini sedang menerpa mereka, sang developer seakan tidak ingin menggubris kondisi yang ada. Malahan, mereka dengan tenangnya ‘melenggang’ begitu saja!

Yap, di minggu ini, Star Citizen sendiri sedang mengadakan sebuah event yang bertajuk Foundation Festival 2024. Event yang diadakan selama seminggu ini (12-19 Juli) memberikan beragam hadiah dan juga unlockables.

Bahkan, mereka juga memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk dapat menikmati game Star Citizen secara gratis selama event ini berlangsung lho!

So buat Vicigers yang mungkin penasaran dengan gameplay-nya, dan mungkin ingin mencoba, bisa banget memanfaatkan kehadiran event ini! Jangan sampai ketinggalan keseruannya ya!

Baca juga: Daftar Game Pesawat Simulator Terbaik, Rasakan Sensasi Jadi Pilot

Nantikan kehadiran game ini ya. Jangan lupa, buat kamu yang mau top up game murah dan cepat, langsung ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!