Akhirnya! Steam Bisa Dibuka, Bagaimana yang Lain?

Kominfo akhirnya membuka blokir Steam hari ini, sehingga Steam kembali bisa dibuka. Kebijakan pendaftaran PSE asing oleh Kominfo telah meresahkan berbagai kalangan masyarakat Indonesia, khususnya bagi kalangan gamers.

Reaksi masyarakat Indonesia terhadap pemblokiran berbagai platform game hingga PayPal hampir serupa. Mayoritas masyarakat mengkritik Kominfo atas kebijakan yang dinilai sangat merugikan, terlebih merugikan gamer dan freelancer yang hidup dari platform digital.

Untuk pembukaan blokir oleh Kominfo, perusahaan global harus mendaftarakan PSE asing ke Kominfo. Akhirnya, Valve telah mendaftarkan terhadap Kominfo dan hari ini pemblokiran Steam sudah dibuka.

Baca Juga: Platform Game Diblokir Kominfo, Termasuk CS:GO dan Dota

Steam Sudah Bisa Dibuka

Steam Sudah Bisa Dibuka
Steam Sudah Bisa Dibuka Tanpa VPN atau DNS. Sumber: VCGamers

Tanggal 2 Agustus menandakan tanggal Steam sudah bisa dibuka. Valve telah mendaftarkan Steam, Dota 2, dan CS:GO terhadap Kominfo dan akhirnya sudah tidak terblokir lagi. Vicigers tidak perlu menggunakan DNS ataupun VPN berbayar untuk mengakses Steam.

VCGamers telah mengkonfirmasi bahwa akses Steam sudah tidak memerlukan DNS dengan internet Indihome. Sebelumnya, Kominfo telah memblokir platform digital Steam beserta Dota 2 dan CS:GO milik Valve.

Pemblokiran oleh Kominfo terjadi karena Valve belum juga mendaftarkan PSE asing setelah mendapatkan surat peringatan dari Kominfo. Namun, setelah itu Valve dan Kominfo berkomunikasi untuk pembukaan blokir Steam.

Baca Juga: Cara Buka Blokir Steam, Mudah dan Aman!

Tidak Hanya Steam yang Sudah Bisa Dibuka

Steam dan Ubisoft Bisa Dibuka
Ubisoft Bisa Dibuka Tanpa VPN atau Ganti DNS. Sumber: VCGamers

Valve telah mendaftarkan Steam, Dota 2, dan CS:GO kepada Kominfo. Akhirnya, masyarakat Indonesia sudah bisa mengakses Steam dan dua game milik Valve tersebut tanpa mengganti DNS atau menggunakan VPN.

Tidak hanya Valve, Ubisoft Connect juga sudah tidak terblokir lagi. Vicigers sekarang sudah bisa memainkan game favorit ddi Ubisoft Connect seperti Rainbow Six tanpa harus menggunakan VPN atau mengganti DNS.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Gamers Indonesia, Blokir Steam Segera Dibuka!

Kabar Platform Game Lain

Epic Games Masih Terblokir
Epic Games Masih Terblokir. Sumber: VCGamers

Tidak hanya Steam, Kominfo juga memblokir platform game lain yang belum mengikuti kebijakan pendaftaran PSE asing. Plaform game lain tersebut adalah Origin oleh EA dan Epic Games Store oleh Epic Games.

Kedua platform tersebut belum jelas kabarnya apakah akan segera bisa diakses atau belum. Karena, EA dan Epic Games belum juga mendaftarkan PSE asing dan mengikuti kebijakan oleh Kominfo.

Pembukaan Blokir Website Lain

Origin Belum Bisa Dibuka Tanpa VPN
Origin Masih Terblokir Kominfo. Sumber: VCGamers

Kominfo memastikan bahwa platform game lain yang sudah mengikuti kebijakan MR5 mengenai pendaftaran PSE asing akan dilepas status blokirnya.

Jadi, untuk masyarakat Indonesia mampu mengakses platform game, perusahaan yang memiliki platform game tersebut harus mengikuti kebijakan Kominfo.

EA selaku perusahaan yang memiliki Origin harus mengikuti kebijakan kominfo agar gamers Indonesia mampu mengakses Origin tanpa menggunakan DNS atau VPN.

Sama juga halnya dengan Epic Games, pihak dari Epic Games harus mendaftarkan websitenya kepada Kominfo. Namun, saat ini Steam sudah bisa dibuka dan masyarakat Indonesia tidak memerlukan VPN atau mengganti DNS untuk mengakses Steam.

Untuk keperluan gaming Vicigers, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Banyak promo dan cashback yang tersedia lho!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!