Beli Game Murah? Cek Steam Annual Sale & SteamDB, Auto Cuan!

Sebagian besar Vicigers tentunya sudah tahu tentang Steam Annual Sale. Nah, buat yang belum tahu kali ini kita akan mengulasnya.

Kalangan gamers pasti sudah tidak asing lagi dengan storefront bernama Steam. Dikutip dari laman resminya  pengguna steam sudah mencapai ratusan juta dan terus bertambah.

Tingginya pengguna Steam tentu disebabkan oleh beragam keunggulan yang jadi daya tarik tersendiri. Salah satu daya tarik dari tersebut ialah potongan harga (diskon) game hingga 90 persen dari harga asli.

Bahkan, potongan harga yang sangat worth it bisa dibilang cukup sering dilakukan oleh Steam.  Tak mengherankan jika gamers memilih Steam sebagai platform untuk bermain game di PC.

Apabila kalian ingin menemukan lebih banyak game dengan harga miring, kalian dapat mengecek Steam saat sedang diadakan Steam annual sale.

Baca juga: Cara Membeli Steam Wallet di VCGamers, Cepat dan Mudah!

Steam Annual Sale

Potongan Harga Game Steam. Sumber: Jagat Play

Steam Annual Sale merupakan diskon game Steam yang diadakan setiap tahunnya pada musim-musim tertentu seperti Spring, Summer, Autumn dan Winter.

Ya, kalian benar, Steam Sale biasanya diadakan pada musim-musim tertentu yang membuat gamers mempersiapkan isi dompetnya agar mampu memborong game yang mereka inginkan di musim tersebut.

Baru-baru ini, Steam annual Sale yang diadakan adalah Winter Sale. Berlangsung dari tanggal 22 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023.

Dikutip dari SteamDB, pada Winter Sale kali ini ada beberapa game yang menyentuh status new historical low atau harga diskon terbesar sejak di rilisnya game tersebut.

Beberapa nama dari game yang mendapat diskon adalah:

  1. Mass Effect Legendary Edition dengan harga Rp. 164.750
  2. Days Gone dengan dengan harga Rp. 240.570
  3. Gotham Knights dengan harga Rp. 374.500
  4. Back 4 Blood dengan harga Rp. 224.700
  5. Anno 1800 dengan harga Rp. 204.270

Dan masih banyak lagi game-game lain yang mendapatkan diskon dengan status new historical low.

Steam Winter Sale 2022. Sumber: Anyar.id

Dengan potongan harga yang sering dilakukan setiap tahun bahkan setiap musim, sangat di sayangkan apabila gamers tidak memanfaatkan momen ini. Apalagi game yang mendapat diskon merupakan game dengan rating bagus yang menjadi incaran gamers sekalian

Kalian masih bisa menikmati diskon game Steam di luar musim-musim tadi. Contohnya pada tahun 2022 lalu ada Remote Play Together 2022 yang berlangsung dari 28 Februari hingga 7 Maret, Next Fest: June 2022 yang berlangsung pada 13 hingga 20 Juni, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Penjelasan Aplikasi Steam Link Apple untuk Pengguna iOS

Cek Harga Diskon di SteamDB!

Steam Database. Sumber: Steam Database

Banyaknya pilihan game yang mendapatkan diskon membuat gamers kewalahan dalam memilih game mana yang hendak ia beli.

Pertimbangan tersebut dapat dituntaskan dengan mudah jika gamers melihat informasi yang ada di SteamDB atau Steam Database, suatu website yang menyediakan informasi terlengkap mengenai Steam.

Simak langkah berikut agar kalian dapat mengakses SteamDB dan mematangkan pertimbangan kalian dalam membeli game:

  1. Buka steamdb.info
  2. Klik kolom “Sales” pada bar diatas
  3. Scroll kebawah, pada kolom “%”, akan ada yang berwarna biru dan hijau. Warna biru berarti game dengan diskon terbesar selama diskon sebelumnya dan warna hijau merupakan game yang di diskon dengan harga yang sama dengan diskon sebelumnya
  4. Kalian juga dapat menggunakan filter seperti pemilihan mata uang yang digunakan hingga tinggi atau rendahnya rating game di bagian kanan halaman SteamDB
  5. Kalian dapat mencentang “Show only wishlisted” agar halaman SteamDB hanya menampilkan game yang kalian masukan ke wishlist. Hal ini memerlukan login akun steam kalian terlebih dahulu dengan mengklik “Sign In” dibagian pojok kanan atas
  6. Pilih satu game yang kalian inginkan
  7. Scroll ke bawah dan kalian akan melihat harga game di semua mata uang
  8. Scroll ke bawah lagi, kalian akan melihat grafik harga game dari waktu ke waktu yang bisa kita atur range waktunya sehingga kita dapat melihat game kapan saja game tersebut mendapatkan diskon

Dengan memperhatikan harga game, kamu jadi tahu kapan saja game tersebut didiskon dan apakah game tersebut mendapatkan diskon terbesar atau tidak. Hal itu akan membuat kamu lebih mudah mempertimbangkan untuk membeli game.

Selain digunakan untuk mengecek harga game, SteamDB juga digunakan untuk mengecek kapan event Steam sale berikutnya berlangsung, informasi mengenai jumlah pemain game, bahkan hingga informasi kapan terakhir kali game tersebut mendapatkan update di Steam.

Baca juga: Penjelasan Aplikasi Steam Link Apple untuk Pengguna iOS

Untuk memenuhi kebutuhan game, jangan lupa belanja di VCGamers Marketplace. Tersedia berbagai produk games dan digital dengan harga yang bersaing. Yuk Top Up Steam di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Harits Azzam

Halo! Saya adalah seorang gamers casual yang gemar memainkan berbagai macam genre game. Salam kenal!