Spoiler Alert: Luffy Gear 5 Nika Ditiru Bonney?!

Luffy Gear 5 Nika Ada 2: Chapter 1118

Luffy mode Gear 5 dan Zoan Nika-nya memang kerap kali mengagetkan banyak orang. Belumlah (Eiichiro) Oda Sensei sendiri menjelaskan kekuatan sang protagonis, eh sekarang malah sudah dimunculkan dua Nika?!

Yap, Arc Egghead memang penuh dengan begitu banyak kejutan. Dan di chapter terbaru One Piece kali ini, lagi-lagi Oda menghadirkan sesuatu yang ada diluar dugaan pembaca setianya, sosok Nika kedua!

Baca juga: One Piece 1110: Terungkap Kekuatan Gorosei yang Mengerikan!

Gear 5 Luffy dan Perangkat Plot Cerita One Piece

Sosok Nika
Sosok Nika. Sumber: Official Site

Gear 5 dan Awakening Sebagai ‘Deus Ex Machina’

Berbeda dengan bentuk-bentuk sebelumnya, Gear 5 Luffy sendiri adalah bentuk Awakening yang dimiliki Devil Fruit (DF) Luffy. Lantas apa sih Awakening sebenarnya?

Bisa dibilang, ini merupakan sebuah ‘deus ex machina’: perangkat plot yang biasanya digunakan oleh penulis sebagai suatu “solusi instan” dalam menuntaskan sebuah konflik dari cerita yang mereka tulis.

Dalam konteks cerita One Piece, Oda Sensei menggunakan Awakening sebagai “solusi instan” untuk menyetarakan ketiga jenis DF (Zoan, Paramecia, dan Logia). Dengan begitu kekuatan pengguna ketiganya bisa dapat seimbang.

Seiring berjalannya cerita, banyak DF lain yang juga akhirnya bermunculan. Agar ketiganya bisa memiliki “standar pijakan” yang sama, disitulah konsep Awakening diperkenalkan.

Patut dipahami, pada awal cerita OP, ketiga DF itu dianggap memiliki perbedaan kekuatan yang begitu imbalance. Zoan selalu dianggap sebagai DF terlemah, diikuti Paramecia dan lalu Logia.

Gear 5 dan Awakening Sebagai Plot Armor

Buah Paramecia (Gomu-Gomu)/Mythical Zoan (Nika)
Buah Paramecia (Gomu-Gomu)/Mythical Zoan (Nika). Sumber: Official Site

Terkhusus DF Luffy, yang membuatnya menjadi semakin overpowered (OP) adalah keberadaan Awakening special yang dimilikinya! Bayangkan, setelah Awakening, Oda Sensei bahkan sampai merubah nama DF-nya.

Dari yang awalnya kita ketahui bahwa DF Luffy bernama Gomu-Gomu (Diambil dari pelafalan Romaji Bahasa Inggris ‘Gum’ yang berarti ‘karet’), “tiba-tiba” diubah menjadi Mythical Zoan tipe Hito-Hito model Nika!

Yang lebih “uniknya” lagi, ketika Awakening Zoan biasanya hanya meningkatkan kekuatan fisik hewani dari penggunanya ke derajat yang lebih ekstrim, Awakening DF Luffy jauh lebih ekstrim!

Awakening DF Zoan Nika memiliki tipe serupa Paramecia: dapat merubah lingkungan sekitarnya menjadi sesuai dengan DF tersebut. So, lingkungan sekitar Luffy bisa semuanya berubah menjadi lentur laiknya karet!

Ini menunjukkan betapa OP-nya DF sang protagonis! Dan jika dikaji secara intrinsik, ini juga merupakan perangkat plot yang disebut dengan ‘Armor’.

Plot ‘Armor’ biasa digunakan oleh penulis agar protagonis-nya sulit mengalami kekalahan meskipun melawan karakter antagonis yang terlampau kuat sekalipun.

So kedua konsep ini terlihat sangat jelas pada kehadiran Gear 5, yang “ujuk-ujuk” bangkit ketika Luffy mengalami kekalahan ketika dihajar oleh Kaido.

Tanpa diduga, pertarungan di Arc yang berlangsung lebih dari 70 chapter dan memakan waktu tak kurang dari 2 tahun lamanya (2020-2022), selesai hanya dalam kurun 5 chapter (± 4-5 minggu) saja.

Baca juga: Fakta Manga dan Anime One Piece yang Harus Kamu Ketahui

Detail Gear 5 Luffy dan Kehadiran Nika Baru di Chapter 1118

Nika ada dua
Nika ada dua. Sumber: Official Site

Yap, dalam bentuk Awakening-nya, Gear 5 Luffy mengubah wujud Luffy menjadi benar-benar baru. Rambut dan alisnya berubah menjadi warna putih. Entah bagaimana warna baju dan celananya juga ikut berubah.

Secara keseluruhan, hanya topi jerami-nya saja lah yang tetap mempertahankan warna aslinya. Selain itu terdapat selendang awan (dalam budaya Jepang dikenal sebagai Hagoromo) yang mengitarinya.

Gaya rambut Luffy-pun ikut berubah: tampak acak-acakkan dan memiliki pola layaknya api yang terbakar. Kekuatannya juga menjadi berlipat ganda, mampu merubah diri dan sekitarnya seperti apa yang diimajinasikan.

Ketika kita berpikir bahwa ini adalah kemampuan khusus buah Nika, ternyata Jewelery Bonney yang merupakan pengguna DF Toshi-Toshi juga dapat meniru Gear 5 Luffy!

Belum ada klarifikasi dari Oda Sensei bagaimana Bonney bisa menggunakan Nika. Namun pastikan saja kalian menyaksikan chapter 1119 pekan ini supaya tahu kelanjutan ceritanya!

Baca juga: Jadwal Rilis Manga One Piece Chapter 1112

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Luffy Gear 5 yang dapat ditiru Bonney. Pastikan juga untuk urusan top-up gaming, hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!