Solusi Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Smartphone

Terdapat 5 solusi yang bisa dilakukan ketika Kartu SIM tidak terbaca: Matikan Mode Pesawat, Memulai Ulang Ponsel, Mencabut Slot Kartu
Kartu SIM Tidak Terbaca
Kartu SIM Tidak Terbaca (Sumber: ProductNation)

5 cara memperbaiki kartu SIM tidak terbaca

Kartu SIM tidak terbaca adalah kendala umum yang sering terjadi. Mau itu smartphone Android maupun iPhone semuanya pasti bisa mengalami kendala semacam ini. 

Ketika kartu SIM tidak terbaca umumnya smartphon tidak bisa memancarkan jaringan. Pada bar sinyal yang biasanya ada logo 4G atau 5G secara mendadak menghilang dan berubah menjadi tanda silang. 

Lantas bagaimana solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan semacam ini? Untuk mengatasinya dengan tepat, kamu harus mencari sumber permasalahannya. 

Tapi umumnya setiap permasalahan HP yang tidak bisa membaca kartu SIM dapat diselesaikan dengan cara-cara berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo

Matikan dan Hidupkan Mode Pesawat

airplane_mode_android
Sumber: VCgamers

Fitur ini sebenarnya hanya perlu diaktifkan ketika dalam penerbangan karena sinyal ponsel dapat mengganggu navigasi pesawat. 

Namun, menghidupkan dan mematikan airplane mode juga dapat menjadi cara untuk memperbaiki kartu SIM yang tidak terdeteksi oleh ponsel. Lakukan selama beberapa kali sampai logo 4G kembali.  Apabila cara ini tidak berhasil lakukan cara kedua yang ada di bawah ini!

Memulai Ulang Smartphone

Memulai Ulang Smartphone
Memulai Ulang Smartphone Sumber: IDX Channel.

Biasanya HP yang sudah terlalu berumur sering mengalami permasalahan pada bagian software-nya. Hal ini dapat menyebabkan sinyal kartu SIM tidak bisa diterima dengan baik. 

Apabila yang bermasalah adalah software HP solus kedua yang bisa kamu lakukan adalah memulai ulang ponsel. Apabila tidak ada hardware yang bermasalah kemungkinan kartu SIM dapat terbaca dan jaringan akan kembali lagi.

Baca juga: Cara Menonaktifkan HP Oppo A17 Tanpa Tombol Power 

Mencabut Slot Kartu SIM

Kartu eSIM

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kartu SIM yang tidak terdeteksi di ponsel adalah mencabut slotnya. Jangan pernah melakukan cara ini ketika kondisi HP sedang menyala karena dapat menyebabkan kerusakan. 

Kamu harus mematikan HP terlebih dahulu baru mencabut slot kartunya. Ketika akan memasangnya kembali, usahakan kartu menempel pada konektor dengan benar. Setelah terpasang nyalakan ponsel kembali maka sinyal akan kembali aktif. 

Memperbaiki Pengaturan Operator

Kartu SIM Tidak Terbaca
Memperbaiki Pengaturan Operator. Sumber: Youtube

Cara keempat yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki jaringan ponsel yang bermasalah akibat SIM yang tidak terdeteksi adalah memperbaiki pengaturan operator. Hal ini mungkin terjadi apalagi jika kamu tidak mengonfigurasikan jaringan secara manual. 

Perubahan konfigurasi jaringan dapat terjadi ketika operator melakukan pembaruan. Cara memperbaiki SIM yang tidak terdeteksi jika masalahnya ini adalah dengan mengatur pemilihan jaringan seluler secara otomatis di pengaturan ponsel.

Mengganti Kartu SIM

Mengganti Kartu SIM yang tidak terbaca
Sumber: VCgamers

Cara yang terakhir ini dapat kamu lakukan ketika 4 tips yang ada di atas tidak membuahkan hasil. Lepas kartu SIM yang ada di ponselmu, sebelumnya matikan ponsel terlebih dahulu. 

Apabila kartu SIM yang ada di HP kamu terbaca di HP orang lain. Maka dapat disimpulkan masalah yang dialami ponselmu ada pada hardwarenya. 

Namun, jika kartu yang kamu coba di HP lain tidak terbaca maka kemungkinan besar kartu tersebut rusak. 

Jika terjadi hal semacam ini kamu bisa pergi menuju gerai kartu sesuai yang kamu gunakan. 

Sedangkan jika masalah kartu SIM tidak terbaca dikarenakan kerusakan hardware ponsel maka segera kunjungi service center terdekat. 

Demikian ulasan singkat yang dapat kami sampaikan tentang cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terdeteksi. 

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki Kecepatan Download Steam Lambat

Yuk Top Up Game Favoritmu dan beli Produk Digital lainnya dengan harga termura, dan proses yang cepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!