Solo Leveling, Manhwa Terbaik Saat Ini?

Solo Leveling

Belakangan ini jagat dunia anime di hebohkan oleh rilisnya anime Solo Leveling. Hal ini sangat mengejutkan karena melihat dari originnya adalah komik yang berasal dari korea selatan.

Dalam animenya pun, Solo Leveling tetap menggunakan nama-nama karakter yang umum ditemui dalam manhwa-manhwa lain.

Walaupun begitu dia tetap menggunakan bahasa jepang sebagai dubnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Komik Anime Terbaik Sepanjang Masa

Mengenal Solo Leveling

Mengenal Solo Leveling
Solo Leveling. Source: IMDb

Solo Leveling yang mempunyai judul asli sebagai Only I Level Up (Bahasa Korea :  나 혼자만 레벨업 ; RR :  Na Honjaman Rebeleop), adalah novel web Korea Selatan yang dikarang oleh Chugong.

Novel ini mendapat kesempatan untuk terbit pada platform komik dan fiksi digital dari perusahaan Kakao yaitu KakaoPage , mulai dari tanggal 25 Juli 2016.

Kemudian diterbitkan secara penuh oleh D&C Media dalam versi fisik pada tanggal 4 November 2016. Novel ini telah dilisensikan dalam bahasa Inggris oleh Yen Press 

Solo Leveling mempunyai alur yang cukup mainstream dengan manga shounen pada umumnya, seorang karakter utama yang awalnya lemah, mengalami kesulitan dan akhirnya mendapatkan kekuatan untuk menghadapi rintangan dan halangan yang ada ke depannya.

Keunikan dari serial ini yang sangat jelas terlihat dibandingkan manga dan anime shounen lainnya adalah dunia sang karakter utama yang bisa keluar masuk dungeon.

Logika yang dipakai pada Solo Leveling adalah kemunculan gate atau gerbang menuju dungeon. Efek samping dari kemunculan gate atau gerbang menuju dungeon adalah tidur abadi yang dialami oleh karakter utama yang bernama Sung Jinwoo dan kekuatan pada diri manusia terpilih secara acak.

Baca juga: Rekomendasi Anime untuk Cewek, Yuk Nonton!

Mengenal Sung Jinwoo

Mengenal Sung Jinwoo
Sung Jinwoo. Source: VCGamers

Dalam dunia Solo Leveling, orang yang mendapatkan kekuatan secara acak karena kemunculan acak dari gate atau gerbang menuju dungeon disebut sebagai hunter.

Karena seorang hunter memiliki kekuatan, hunter dapat memiliki hak istimewa untuk masuk ke dalam dan mengalahkan monster sehingga mendapatkan barang-barang yang jatuh dari monster yang telah di kalahkan. Logika yang mirip dengan game MMORPG.

Setiap hunter memiliki tingkatan. ada tingkatan yang di mulai dari E, D, C, B, A dan yang tertinggi diantara hunter lainnya adalah tingkat S.

Di Solo Leveling, sang karakter utama, Sung Jinwoo berada di tingkatan paling rendah, yaitu E. Di setiap party yang ia ikuti, ia selalu menjadi beban bagi teman satu partynya. Sampai suatu ketika, ia dan teman partynya memasuki sebuah sebuah dungeon tambahan setelah mengalahkan boss pada dungeon tingkat D.

Awalnya, terdapat dua kubu ketika melihat dungeon yang tiba-tiba muncul. Setelah diputuskan untuk melakukan pemungutan suara, di putuskanlah untuk memasuki dungeon tersebut. Banyak puzzle dan serangan yang dialami oleh kumpulan hunter tingkat B termasuk sang karakter utama kita Sung Jinwoo. Tidak sedikit korban yang jatuh akibat dungeon yang muncul tiba-tiba ini.

Untungnya, sang karakter utama Sung Jinwoo selamat dari dungeon yang sangat berbahaya ini. Namun, perjuangannya tidak berhenti sampai disitu.

Setelah 3 hari koma di rumah sakit, Sung Jinwoo melihat layar melayang di hadapannya. Penampakannya mirip seperti notifikasi game. Dalam notifikasi tersebut, ada beberapa misi yang harus di selesaikan oleh sang karakter utama kita Sung Jinwoo.

Hari demi hari, Sung Jinwoo menjalankan misi dan mendapatan reward yang biasa saja. Sampai suatu ketika Ia mendapatkan kunci khusus untuk membuka dungeon khusus. Scene ini dapat kalian lihat pada episode ketiga dari anime Solo Leveling.

Mengenal Game Solo Leveling Arise

Mengenal Game Solo Leveling Arise
Solo Leveling: Arise. (Source: IDLIX Official Website/Google)

Berawal dari manhwa kemudian dirilis dalam dua season anime. Solo Leveling kini hadir dalam bentuk game untuk platform PC, Android, dan iPhone.

Game Solo Leveling Arise sudah rilis sejak 8 Mei 2024 dan kini kamu sudah bisa mengunduhnya.

Untuk bermain dengan nyaman, sepesifikasi ponsel yang digunakan harus menggunakan Android 9.0 dan RAM 4GB atau yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk bermain dengan nyaman di iOS spesifikasi minimal ponsel minimal yang digunakan harus iOS 12.2 dan RAM 8GB atau yang lebih tinggi.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan iPhone XS atau iPhone 11 supaya bisa bermain dengan lanacar.

Kemudian untuk bermain di platform PC, perangkat haru menggunakan CPU i3 3220 3,3GHz atau i5 4460 3,2 GHz. Kapasitas RAM terbaik untuk bermain game ini adalah 16 GB tapi sudah bisa dimainkan pada PC RAM 8GB.

Baca juga: Profil dan Fakta Inosuke Hashibira Dari Anime Kimetsu no Yaiba 

Apakah Solo Leveling Satu-Satunya Manhwa Terbaik?

Solo Leveling
Solo Leveling. Source: VCGamers

Pada akhirnya, terdapat banyak perdebatan atas Solo Leveling, oleh studio Jepang. Terlepas dari itu semua masih banyak manga atau manhwa yang juga pantas mendapat serialisasi baik dalam bentuk animasi maupun live action, seperti The Gamer dan Dice dari Korea Selatan dan 7 Wonders dan Born to Death dari Indonesia.

Walaupun begitu, sebagai penikmat anime, manhwa dan manga, kita tidak dapat mengatakan hal-hal yang menyakitkan bagi orang lain atau fandom tertentu dengan mengatakan bahwa anime, manhwa atau manga yang orang lain atau fandom tertentu sukai adalah hal yang jelek atau buruk.

Baca juga: Fakta-fakta Karakter Miyazono Kaori dari Anime Your Lie in April

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game kesayangan yang aman dan terpercaya, yuk segera kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!