Sistem Koleksi MLBB Rilis Original Server

Sistem koleksi MLBB resmi rilis di Original Server pada update patch 1.8.93 setelah lama dieksperimenkan pada Advance Server.
Sistem Koleksi MLBB di Update Terbaru Patch 1.8.93
Sistem Koleksi MLBB di Update Terbaru Patch 1.8.93. Sumber: VCGamers

Sistem Koleksi MLBB Rilis Original Server

Salah satu perubahan besar di update minor Mobile Legends menjelang kick-off MPL ID Season 14 ini adalah sistem Koleksi. Yap, setelah cukup lama dieksperimentasikan pada Advance Server, fitur ini akhirnya resmi masuk ke Original.

Tertanggal 31 Juli, sistem ini sudah tersedia pada tampilan user interface (UI) setiap pemain MLBB. Dan buat yang bingung seperti apa fungsi dan kegunaannya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Cara Login Akun Moonton di Google, Anti Ribet!

Pentingnya Mengadakan Sistem Ini

Rincian Patch Note terbaru
Rincian Patch Note terbaru. Sumber: VCGamers

Memang sudah saatnya bagi game sekaliber Moonton untuk menerapkan sistem seperti ini. Yap, sudah begitu banyak jumlah skin yang tersedia, belum lagi kategorinya juga sangat luas dan beraneka ragam.

Setiap skin memiliki tingkat prestisenya tersendiri, tentu diiringi banderol yang juga tidak murah. Dan dengan jumlah transaksi yang begitu besar, perlu adanya pengakuan tersendiri bagi para top spender (sultan) tersebut.

Mereka yang sudah menggelontorkan cukup banyak cuan akan mendapatkan rekognisi (pengakuan) berbeda. Ini dihitung dan diukur berdasarkan kepemilikan skin yang ada.

Memang selama ini kepemilikan skin sudah menjadi satu aspek yang juga diberi penekanan oleh pihak dev. dalam bentuk Achievement. Namun keberadaannya belum terlalu di-highlight mendalam.

Nah, seiring diberlakukannya fitur ini, para sultan akan memiliki penanda khusus yang dapat disaksikan oleh para pemain yang berinteraksi dengannya. Lantas seperti apa sih ciri-ciri sultan yang terafiliasi sistem ini?

Daripada bingung, mending simak saja ulasan ringkasnya berikut ini! Jadi pas nanti login kalian bisa langsung paham kalau sampai bertemu sultan. Atau malah jangan-jangan kalian sudah termasuk di antaranya juga!

Baca juga: Roster Alter Ego MPL ID Season 14

Serba-serbi Sistem Koleksi

Tampilan awal sistem Koleksi
Tampilan awal sistem Koleksi. Sumber: VCGamers

Nah sekarang kita masuk saja ke pembahasan utama mengenai sistem Koleksi. Menunya dapat dibuka dengan menekan tombol ‘Koleksi’ yang ada di bawah, tepat antara tombol ‘Hero’ dan ‘Inventori’.

Setelah terbuka, kalian bisa melihat di sebelah kiri akan ada dua sub menu: Koleksi, dan Achievement – yang sekarang keduanya dijadikan satu ke dalam menu  ini.

Selain itu, sebagai tampilan awal kalian juga bisa melihat keberadaan 8 Skin Pajangan, title tingkat kalian, serta jumlah skin dan total skor koleksi keseluruhan. Sejauh ini, terdapat 7 kategori skin.

Masing-masing kategori akan memberikan skor yang berbeda pula. So semakin tinggi skor kalian (dengan memperbanyak jumlah skin yang dimiliki), maka akan semakin tinggi pula kasta sultan yang dimiliki.

Dan ini tidak akan berbuah pahit kok! Setelah sampai pada beberapa jenjang tertentu, terdapat reward khusus yang enggak kaleng-kaleng, mulai dari beragam skin dan juga bermacam-macam item rekognisi!

Berbagai item ini, ketika digunakan, akan membuat pemain yang ada disekitar kalian paham kalau kalian adalah sultan. Auto disembah-sembah pada minta gift skin deh!

Berikut ini adalah tingkatan kasta sultan lengkap serta daftar rincian hadiah yang didapatkan sesuai dengan tingkatan sultannya:

  • Kolektor Amatir V-I: 1000-3999 (Random Emot Chess)
  • Kolektor Junior V-I: 4000-9999 (Collector Common Skin Pack)
  • Kolektor Senior V-I: 10000-21999 (Collector Exceptional Skin Pack)
  • Kolektor Ahli V-I: 22000-43999 (Border Collection Master)
  • Kolektor Ternama V-I: 44000-83999 (Banner Kolektor)
  • Kolektor Terhormat V-I: 84000-159999 (Collector Deluxe Skin Pack)
  • Kolektor Juragan V-I: 160000-279999 (Efek loading: Dazzling Crystal)
  • Kolektor Sultan V-I: >280000 (Efek loading: Scarlet Shine + Warna nama kolektor)
Skor dan kategori masing-masing skin
Skor dan kategori masing-masing skin. Sumber: VCGamers
Baca juga: Resmi! Gustian REKT Jadi Coach Alter Ego di MPL S14

Nah itulah tadi pembahasan mengenai sistem Koleksi baru di MLBB. Karena sebentar lagi Starlight Agustus juga akan rilis, jangan lupa maharin membership-nya hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!