Simak! Update Retri ML 2022, Last Hit Saat Jungling Jadi Makin Gampang!

update retri ml cover

Update Retri ML (Mobile Legends) di bulan Februari 2022 ini membuat para hero yang menjadi jungler akan semakin mudah mengalahkan Lord dan Turtle.

Battle Spell Retribution yang kini terbagi menjadi tiga opsi harus selalu dibawa oleh hero yang memang akan fokus untuk farming di Jungle Lane. Biasanya, hero dengan kemampuan DPS tinggi atau burst damage akan menjadi langganan berperan sebagai jungler dalam suatu tim.

Karena creeps, Lord dan Turtle punya HP yang cukup tebal, mengalahkan mereka akan sangat lama karena punya kemampuan durabilitas tinggi. Retribution hadir sebagai opsi dalam game Mobile Legends sebagai satu-satunya spell yang bisa mempersingkat waktu farming.

Baca juga: Simak! 6 Buff Mobile Legends Ini Jadi Langganan Para Hero Jungler!

Di bulan Februari 2022 ini, Moonton memberikan indikator last hit saat jungling sehingga proses farming buff jadi makin cepat. Apa saja indikator yang bisa kamu lihat? Berikut pembahasannya.

Sekilas Tentang Retribution Mobile Legends

update retri ml flame retri 1
Flame Retribution, Turunan Dari Spell Retri

Battle Spell Retribution, atau popular dengan Retri di kalangan player ML, adalah satu-satunya spell khusus didesain Moonton untuk mempermudah farming buff di Jungle Lane.

Battle Spell Retribution ini akan menghasilkan 520 poin true damage terhadap para monster yang ada di arena, seperti kelomang, monster buff merah, buff biru, hingga Lord dan Turtle.

Tambahan efek pasif dari Retribution ini adalah tambahan 60% efek untuk setiap creeps yang dikalahkan. Misalnya, hero jungler dengan Retribution akan mendapat efek tambahan sebesar 60% dari ganjaran mengalahkan monster buff merah.

Bonus efek pasif lainna adalah pengurangan damage sebesar 50% dari para creeps. Artinya, hero jungler akan lebih tahan banting terhadap serangan-serangan monster buff merah, biru, ataupun monster lainnya di arena dengan Battle Spell ini.

Mulai update yang terbaru, Retribution kini terbagi menjadi tiga jenis, yakni Flame Retribution, Ice Retribution dan Bloody Retribution.

update retri ml macam-macam retribution
Tiga Opsi Spell Retribution Terbaru

Bagi hero yang dibekali dengan skill lifesteal seperti Ruby, ada baiknya menggunakan Bloody Retribution supaya ia bisa mendapatkan bonus 100 true damage dan tambahan 12% lifesteal setiap kali ia menyerang monster di lane jungle.

Apabila hero jungler kamu punya speed yang lambat atau ingin membuat laju para creeps lambat, gunakanlah Ice Retribution supaya mereka bisa menyerang creeps dengan burst damage atau serangan beruntunnya. Biasanya Ice Retribution akan digunakan untuk hero tank yang jadi jungler.

Kalau hero jungler kamu adalah hero dengan physical dan magic defense kurang bagus, gunakan Flame Retribution karena ada bonus pertahanan terhadap physical dan magic attack setiap kali hero penggunanya mengalahkan creeps.

Saat jungling juga, hero jungler akan menggunakan Retribution untuk menutup serangan saat akan kill creeps, Lord ataupun Turtle. Akan tetapi, di season-season sebelumnya para jungler kesulitan menentukan timing yang pas untuk menggunakan Retribution.

Sebagai solusinya, Moonton menghadirkan update baru yakni berupa indikator last hit untuk menggunakan Retribution sehingga jungler bisa lebih cepat mengalahkan creeps.

Baca juga: Simak! 4 Build Emblem Jungle Untuk Farming Buff Di Mobile Legends!

Update Retri ML Original Server

Update Retri ML di Original Server adalah berupa petunjuk last hit yang berguna untuk jungler bersiap menggunakan Retri yang mereka bawa.

Adapun update yang disematkan oleh Moonton di Original Server adalah berupa “coretan merah” di lambang bar HP.

Akan tetapi, petunjuk last hit Retri ML di Original Server masih hanya berlaku untuk Lord dan Turtle saja. Creeps yang lain masih berupa kedipan di bar HP saja tanpa ada petunjuk khusus.

update retri ml petunjuk retri
“Coretan Merah” dalam Update Retri ML Original Server

Seperti gambar di atas, player yang menggunakan Original Server bisa melihat indikator lambang Lord yang dicoret dengan “tanda merah”. Petunjuk ini menandakan bahwa jungler bisa menggunakan Retribution untuk memberikan last hit terhadap Lord tersebut.

Last hit ini artinya adalah serangan akhir sebelum Lord atau Turtle dapat dikalahkan. Umumnya, hero jungler akan bergantung pada tanda ini untuk last hit supaya terhindar dari menunggu cooldown Retribution yang cukup lama.

Retri di ML Original Server hingga saat ini masih berlaku untuk Lord dan Turtle saja, dan hero jungler harus memperhatikan tanda coretan tersebut setiap mereka akan menggunakan Retri.

Update Retri ML Advanced Server

Dalam update Retri ML Advanced Server, indikator last hit untuk menggunakan Retribution lebih dikhususkan lagi.

update retri ml petunjuk retri 2
“Coretan Dan Garis Merah” Di HP Turtle

Sebagaimana bisa dilihat dari gambar di atas, Retri ML Advanced Server tidak hanya memberikan “coretan merah” saja, tapi juga ada “garis merah” untuk melakukan last hit.

Update Retri ML Advanced Server juga berlaku tidak hanya untuk Lord dan Turtle saja, tapi juga untuk creeps yang lain seperti monster buff merah dan biru.

update retri ml petunjuk retri 3
“Coretan Dan Garis Merah” Di HP Creeps

Tentunya dengan petunjuk last hit seperti yang diberlakukan oleh Update Retri ML ini, Moonton makin mempermudah para player spesialis lane jungle untuk farming buff dan mengalahkan Lord.

Meskipun fitur ini terbilang hal yang remeh, setidaknya Moonton berusaha untuk terus mengembangkan permainan Mobile Legends supaya bisa dinikmati baik oleh pemula maupun pemain veteran.

Lebih jelasnya, simak juga video dari kanal YouTube Hororo chan untuk update Retri ML 2022 di bawah ini.

Baca juga: Catat! Formasi Terbaik Mobile Legends Dengan Meta Hero Season 23, Kuasai Semua Lane!

Itulah update Retri ML yang diberlakukan oleh Moonton per bulan Februari 2022 ini. Pastinya, kamu jadi makin ingin mencoba bermain sebagai jungler dengan update ini ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!