Sifu, Game Kung Fu yang Tembus 1 Juta Copy Game Terjual

Sifu Rilis

Sifu adalah game yang sudah ditunggu-tunggu perilisannya dari 2021 lalu resmi dirilis pada 8 Februari kemarin.

Game yang merupakan game beat ‘em up ini yang dikembangkan dan dirilis oleh perusahaan asal Prancis, Slocap Entertainment.

Semenjak perilisannya 3 minggu yang lalu, game yang dirilis lebih cepat dua bulan daripada rencana ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para pemain. 

Bahkan baru 3 minggu setelah game dirilis, Sifu sudah mencetak prestasi dengan lebih 1 juta copy game terjual kepada pemain.  

Prestasi tersebut bukan tidak mungkin mengingat Sifu cukup ditunggu-tunggu sebagai game yang ditunggu perilisannya pada bulan Februari kemarin.

Semenjak muncul di suatu event game dan dirilisnya trailer di Youtube, animo dan semangat pemain untuk bermain game tersebut sangat besar.

Baca juga : 5 Rekomendasi Game PC 2022 yang Akan Dirilis Bulan Februari Wajib Kamu Tunggu!

Cerita Unik yang Sederhana Ditawarkan

Sifu 5 musuh bos utama
5 Bos Musuh Sifu

Bercerita mengenai seorang siswa Kung Fu yang ingin melancarkan aksi balas dendam terhadap pembunuh keluarganya, Sifu membawa cerita game Rouge-like yang sederhana namun unik.

Setting cerita dari adalah sebuah perguruan Kung Fu yang dipimpin oleh seorang guru yang biasa dipanggil Sifu.

Suatu ketika perguruan tersebut diserang oleh 5 pendekar Kung Fu kuat yang ternyata dipimpin oleh salah satu murid dari Sifu tersebut.

Murid tersebut berkhianat dan membunuh mantan guru beserta anaknya. Namun anak tersebut berhasil selamat karena menggunakan pendant atau jimat dari ayahnya sehingga bisa hidup kembali.

Anak tersebut akan mendalam ilmu Kung Fu dan melatih diri. Hingga umur 20 tahun anak tersebut akan memulai perjalanan membalaskan dendam.

Kamu akan berperan sebagai seorang anak tanpa nama tersebut. Perjalanan cerita kamu akan berpusat mendatangi ke-lima pendekar tadi untuk membalaskan dendam kematian ayah kamu.

Pendant inilah yang menjadi keunikan cerita Sifu. Ketika kamu terbunuh di game, kamu tidak akan mati. Sebagai gantinya, karakter kamu akan bertambah umur karena berkat pendant tadi.

Baca juga : Simak! 5 Game PlayStation yang Dirumorkan Akan Rilis di PC Tahun Ini

Kombinasi Gameplay yang Unik

Sifu Gameplay
Gameplay Sifu Mirip Dengan Sekiro

Sifu memadukan antara game beat ‘em up dan Rouge-Like yang cukup unik. Kamu mungkin akan merasakan game ini mirip dengan game beat ‘em up lain.

Contoh terdekat mekanik gameplay Sifu mungkin adalah mirip dengan Sekiro: Shadow Die Twice dimana keduanya menggunakan elemen bernama body structure.

Elemen mempengaruhi keseimbangan karakter kamu. Saat karakter diserang bertubi-tubi, keseimbangan karakter akan turun bahkan hilang sehingga lebih mudah mati.

Hal itu juga berlaku untuk musuh dan bos dimana ketika body structure musuh rusak, kamu akan dengan mudah memberi serangan pamungkas yang lebih hebat dan memenangkan pertarungan game kamu.

Elemen Rouge-Like yang berbeda dari yang lain akan sangat kamu rasakan dari fungsi pendant tadi.

Pendant akan memberikan kamu health count. Fungsi dari health count ini adalah untuk menunjukkan maksimal umur karakter kamu.

Sifu Gameplay
Pendant yang Berfungsi Sebagai Health Count

Ketika karakter kamu mati, umur karakter akan betambah 1 tahun lebih tua. Hal tersebut akan terus berulang setiap karakter kalah melawan musuh. 

Batas umur dari karakter adalah 47 tahun, dan apabila kamu gagal maka game Sifu akan benar-benar berakhir.

Health count ini sangat dibutuhkan mengingat dari beberapa review para pemain, boss yang terdapat di game ini sangat susah.

Bahkan banyak yang gagal pada bos di level ke-2 saking sulitnya bos tersebut untuk dikalahkan.

Dan lagi yang paling menantang adalah kamu dibutuhkan untuk mengeksplorasi peta. 

Selama eksplorasi kamu akan menemukan berbagai barang bukti seperti foto atau catatan yang akan membawa kamu ke cerita tau bos selanjutnya.

Tidak akan ada cutscene yang menceritakan cerita lengkap dan ending dari cerita sehingga kamu harus rajin untuk mencari bukti-bukti atau tidak kamu tidak akan mengerti game secara keseluruhan.

Baca juga : Elden Ring Rilis, Banjir Respon Positif Hingga Sebutan Game Terbaik

Platform dan Konsol yang Tersedia untuk Bermain

Sifu Dihadirkan di PC dan Playstation
Sifu Dihadirkan di PC dan Playstation

Sifu dirilis untuk dimainkan di Microsoft Windows, Playstation 4, dan Playstation 5.

Sayangnya Sifu belum dihadirkan di Steam sehingga kamu hanya bisa membelinya di Epic Games Store.

Untuk PC, Slocap telah memberikan list spesifikasi PC yang cocok kamu gunakan untuk bermain dan sesuai. Berikut ini adalah list spek PC minimum dan rekomendasi untuk bermain Sifu.

Spesifikasi PC Minimum:

  • OS: Windows 7, 8, 8.1, 10
  • Processor: AMD FX-4350 or Intel Core i5-3470 or equivalent
  • RAM: 8 GB 
  • Graphics Card: Radeon R7 250 or GeForce GT 640 or equivalent
  • DirectX: Version 9,10,11
  • Storage: 22 GB available space

Spesifikasi PC Rekomendasi:

  • OS: Windows 10
  • Processor: AMD FX-9590 or Intel Core i7-6700K or equivalent
  • RAM: 10 GB
  • Graphics Card: GeForce GTX 970 or Radeon R9 390X or equivalent
  • DirectX: Version 9,10,11
  • Storage: 22 GB available space

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!