Shin Megami Tensei 5: Vengeance, Game Terbaru Atlus!

Shin Megami Tensei 5: Vengeance Rilis Juni 2024

Setelah menunggu hampir 2 tahun lamanya, edisi remaster dari sekuel terbaru Shin Megami Tensei 5: Vengeance akhirnya rilis! Ini menandai babak baru dari salah satu waralaba unggulan milik developer kenamaan, Atlus!

Yap, jika instalasi sebelumnya merupakan line-up eksklusif Nintendo 3DS saja, maka Atlus kali ini kembali merilis sekuel terbarunya di berbagai platform, mulai dari previous hingga current gen!

Baca juga: Cerita Baru dan Jadwal Rilis Shin Megami Tensei V: Vengeance

Waralaba Megami Tensei

Atlus selaku developer dari waralaba Shin Megami Tensei
Atlus selaku developer dari waralaba Shin Megami Tensei. Sumber: Official Site

Buat penikmat genre RPG turn-based, judul-judul Megami Tensei tentu tidaklah lagi asing. Waralaba ini sudah berkembang dengan begitu masif hingga akhirnya menghasilkan berbagai instalasi game.

Sedikit yang paham bahwa waralaba ini rilis pertama kali sebagai bentuk lanjutan dari novel berjudul serupa yang sudah lebih dahulu terkenal di Jepang. Walhasil, di tahun 1987, instalasi pertamanya-pun rilis.

Dikenal dengan julukan Digital Devil Story: Megami Tensei, game RPG ini uniknya mengusung turn-based first person yang kental dengan gameplay dungeon crawling! Tak heran jika game ini mendapatkan resepsi yang baik!

Dan hanya berselang tiga tahun hingga akhirnya Namco (selaku pencetus pertama waralaba ini) merilis sekuel keduanya.

Tidak ada kabar yang jelas bagaimana akhirnya waralaba ini berakhir di tangan Atlus. Namun baru pada 1992-lah Atlus lantas merilis judul Shin Megami Tensei (SMT) yang akhirnya menjadi trademark hingga sekarang.

Seiring perkembangannya, ada begitu banyak sekuel dan juga spin-off yang berkisar pada pengisahan universe ini. Hingga yang terbaru akhirnya rilis pada tahun 2021 kemarin menandakan sekuel kelima dari waralaba ini.

Baca juga: Gameplay dan Cara Download Persona 3 Reload

Shin Megami Tensei 5

Shin Megami Tensei 5 edisi "vanilla"
Shin Megami Tensei 5 edisi “vanilla”. Sumber: Official Site

Sebelum mengumumkan keberlanjutan dari sekuel keempatnya yang rilis perdana pada 2013, Atlus sendiri terlebih dahulu bereksperimen dengan beberapa tajuk yang cukup ikonik.

Beberapa di antaranya seperti SMT IV: Apocalypse yang bisa dibilang sebagai sekuel “4.5” (setelah 4 namun sebelum 5); Strange Journey Redux (versi enhanced); Liberation Dx2 (mobile); dan III Remastered.

Barulah pada tahun 2017 (seiring dengan pengumuman perilisan Nintendo Switch), pihak Atlus mengumumkan judul lanjutan yang diberi penomoran 5 tersebut.

Instalasi kali ini dikembangkan menggunakan Unreal Engine 4: pertama kalinya untuk waralaba ini. Walhasil, pengembangan membutuhkan waktu 3 tahun, melihat tingkat kesulitan upaya porting dan penyesuaiannya.

Namun upaya berkepanjangan yang dilakukan oleh sang developer membuahkan hasil yang cukup positif, melihat resepsi baik yang diterima dari berbagai kritikus industri ini.

Baca juga: Strategi Persona 3: Reload, Cara Mengalahkan Reaper!

Shin Megami Tensei 5: Vengeance Edisi Enhanced

Pre-Order Shin Megami Tensei 5: Vengeance
Pre-Order Shin Megami Tensei 5: Vengeance. Sumber: Official Site

Bukan Atlus namanya jika tidak merilis edisi enhanced untuk berbagai line-up suksesnya. Dan ini kembali dilakukan dengan dirilisnya SMT 5: Vengeance.

Selain membawa cerita dari versi “vanilla”-nya (2021), edisi ini juga dibekali dengan satu jalan cerita tambahan (canon). So, sah-sah saja sih jika dikatakan bahwa ini adalah ekspansinya.

Nantinya pemain akan dapat memilih dua percabangan (branching): Canon of Creation yang dihadirkan di versi original 2021 dan Canon of Vengeance sebagai fitur terbaru.

Branching tersebut baru bisa dirasakan pada pertengahan plot cerita menuju akhir (mid-end game). Sedangkan untuk bagian awal hingga pertengahan (early-mid), kedua versi bisa terbilang cukup serupa.

Tak hanya itu, di edisi enhanced ini juga dihadirkan map dan dungeon baru sebagai upaya Atlus dalam meningkatkan quality of life (QoL Improvement) dari game yang dirilis ulang ini.

Tentu harapannya supaya mereka yang sudah membeli edisi originalnya akan tertarik membeli kembali edisi enhanced ini pastinya. Namun buat mereka gamers non-Switch, edisi ini tentu layak untuk dimaharin!

Bagi mereka yang tertarik, selain kembali mendapatkan porting di Nintendo Switch, SMT 5: Vengeance juga tersedia untuk PlayStation (4 & 5), Xbox (One & Series S/X), serta Windows!

Baca juga: Gameplay Persona 5 Tactica PC, RPG Strategi Baru Dari SEGA!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Shin Megami Tensei 5: Vengeance. So, tunggu apalagi? Buat kalian yang tertarik maharin game ini via Steam, langsung aja top-up lewat VCGamers Marketplace yang paling terpercaya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!