Alasan Hero Shadow Fiend Banyak Dipilih Saat TI 11 Dota 2!

Shadow Fiend Hero Dota TI 11

Lagi-lagi The International (TI) 11 memberikan kejutan baru!  Setelah ramai Undying dan Marci sebagai support, sekarang Shadow Fiend juga menjadi hero yang cukup banyak dipilih di TI 11.

Kira-kira, apa alasannya Shadow Fiend sering muncul di TI kali ini?

Baca Juga: Prediksi 5 Tim Esports Yang Akan Menang The International (TI) 11

Alasan Shadow Fiend Sebagai Hero Paling Banyak Dipilih di TI 11

Shadow Fiend Hero Dota TI 11
Loading Screen Shadow Fiend Eternal Harvest. Sumber: Dota 2

Shadow Fiend atau Nevermore saat ini menduduki posisi kedua sebagai “most picked hero” dengan jumlah 35 pertandingan.  Sedangkan pada posisi pertama ada Marci dengan jumlah 39 pertandingan.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat saat ini masih dalam tahap Group Stage Day-3.  Masih ada Group Stage Day-4 dan juga Main Stage.

Kembali ke topik, kira-kira, apa alasannya?  Sebelumnya penulis telah menuliskan artikel alasan mengapa Marci berpotensi menjadi Hero paling banyak dipilih.  Tapi setelah melakukan riset, ternyata cukup jelas alasannya.

Baca Juga: Prediksi Hero The International (TI) 11 Beserta Semua Alasannya!

Buff Selama Tiga Patch Kebelakang

List Update Shadow Fiend. Sumber: Liquipedia.

Sedikit berbeda dengan hero lainnya, sejak Patch 7.27, Shadow Fiend selalu mendapatkan buff atau rework status yang positif.  Puncaknya adalah saat Patch 7.32, ia mendapatkan rework dan tambahan status yang sangat baik.

Salah satunya adalah skill pertama sekaligus damage utamanya, Shadowraze, yang dapat memberikan stack slow movement speed dan damage.  Jadi setelah memberikan burst magical damage, kamu bisa spam basic attack.

Contoh terakhir adalah Scepter.  Dengan Aghanim’s Scepter, cooldown ultimate Shadow Fiend, Requirem of Souls, akan berkurang 30 detik!

Hero Yang Cukup Mudah

Skill Pertama Shadowraze Shadow Fiend. Sumber: VCGamers.

Di dalam game, Shadow Fiend termasuk sebagai Hero Nuker dan Carry dengan tingkat kompleksitas dua dari tiga.  Role statusnya pun sangat to the point kalau ia adalah seorang midlaner.

Untuk menggunakan hero ini, kamu harus memperhatikan dua hal:  Last Hit dan Cast Range.

Sebelumnya, ada dua skill passive milik Shadow Fiend yang harus kamu ingat.  Necromastery sebagai skill keduanya dan Presence of the Dark Lord sebagai skill ketiga.

Necromastery akan memberikan tambahan damage setiap kali kamu melakukan Last Hit.  Sedangkan Presence of the Dark Lord akan memberikan aura debuff berupa pengurangan Armor.

Untuk Cast Range ini berhubungan dengan skill pertamanya, Shadowraze.  Ia memiliki tiga jangkauan yang berbeda yang bisa kamu gunakan secara berurutan.  Kamu harus sering berlatih agar selalu on point.

Burst Damage > Status atau Debuff

Shadow Fiend Hero Dota TI 11
Ultimate Shadow Fiend Requirem of Souls. Sumber: VCGamers.

Shadow Fiend mungkin tidak sebaik Midlaner lainnya seperti Lina, Zeus, atau Invoker yang bisa memberikan banyak status debuff.  Tapi jika berbicara tentang cooldown dan jumlah damage, Shadow Fiend paling unggul.

Untuk skill Shadowraze, Shadow Fiend hanya membutuhkan cooldown selama 10 detik saja.  Apalagi kamu bisa combo dengan Ultimatenya.  Requirem of Souls (memberikan debuff Fear)+ tiga skill Shadowraze.

Masalah utama dari Shadow Fiend mungkin adalah counter.  Ia bisa dicounter oleh banyak heroes.  Tapi sepertinya seimbang dengan kemampuannya yang mengumpulkan Last Hit.  Last Hit = Gold.

Juga, Shadow Fiend bisa selalu mendapatkan tambahan gold dari assist musuh.  Meski yang membunuh adalah Carry Safelaner, tapi mau bisa mendapatkan assist karena aura Presence of the Dark Lord.  Easy gold.

Alasan Terakhir Shadow Fiend di TI 11: Late Game = More Powerful

Shadow Fiend Hero Dota TI 11
Talent Tree dan Aghanim’s Buff Shadow Fiend. Sumber: Dota 2

Shadow Fiend termasuk hero snowball, semakin lama, semakin kuat.  Seperti foto di atas, terdapat penjelasan dari Talent Tree dan Aghanim’s Buff.

Semua tambahan status dari Talent Tree sangat-sangat menguntungkan.  Pilih yang kanan atau kiri, hasilnya akan mirip.  Paling menguntungkannya lagi adalah talent level 25 sisi kanan.  Pengurangan cooldown Shadowraze 5 detik membuat kamu bisa spam skill!

Itulah beberapa deretan alasan mengapa Shadow Fiend banyak sekali dipilih saat ini.  Bahkan, bisa saja Shadow Fiend akan menjadi pemenang dari kategori “Most Picked Hero” di TI kali ini.

Jadi, apakah kamu ingin mencoba memainkannya?  Selamat bermain~

Penuhi kebutuhan Steam Wallet dan Battle Pass kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!