Tech & Gadget

Serba-serbi Loklok, Bahaya untuk Device Kamu!

Published by
Sukmadara Arianti

Serba-Serbi Loklok, Bahaya untuk Device-mu!

Loklok adalah salah satu platform streaming ilegal yang sering digunakan oleh para pecinta drama dan film-film Asia secara gratis dan lengkap.

Namun, dengan menonton di platform ilegal tak hanya melanggar hukum, tapi juga bisa membahayakan device atau perangkatmu bahkan keamanan data pribadimu.

Selain itu juga, sering menjadi tempat malware dan iklan-iklan menganggu yang bisa merusak device yang digunakan, melanggar hak cipta dan merugikan pembuat film.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan dan bahayanya dari platform streaming ilegal ini yang sering digunakan oleh film enthusiast.

Baca juga: 

Loklok

Logo. Sumber: Google PlayStore

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Loklok adalah platform streaming ilegal yang populer di kalangan penggemar film dan drama Asia.

Film dan drama Asia yang tersedia di platform ini, kebanyakan berasal dari Asia, Korea, China sampai anime Jepang yang bisa ditonton secara gratis.

Di platform ini juga kamu bisa menonton film dan drama Asia dengan berbagai genre, seperti action, drama, komedi sampai horror.

Serupa seperti platform streaming ilegal yang lain, disini juga menawarkan akses gratis ke film atau drama yang biasanya terdapat di platform streaming berbayar.

Kelebihan

Home Page. Sumber: intutorial/Youtube

Walaupun Loklok adalah platform streaming ilegal yang memiliki sejumlah risiko, namun beberapa pengguna masih banyak yang menggunakannya karena kelebihannya.

Gratis

Salah satu keunggulan dari platform satu ini adalah bisa diakses ke film atau drama secara gratis dan tanpa batasan. Jadi, kamu tak harus membayar premium yang mahal.

Film dan Drama Beragam

Untuk film dan drama yang ditawarkan pun sangat banyak terutama dari Asia, seperti Jepang, Korea, Tiongkok sampai anime Jepang.

Kamu bisa dengan mudah menonton jenis film atau drama Asia terbaru dari beberapa negara yang belum sempat hadir di platform streaming legal.

Selain itu, kamu juga bisa menonton drama atau serial yang sedang on-going dan tersedia semua episode lengkap disini.

Diakses Secara Global

Tidak seperti beberapa platform streaming legal yang hanya bisa diakses sesuai region yang tersedia saja. Tapi, di Loklok kamu bisa mengaksesnya tanpa batasan lokasi.

Tentu saja, hal ini akan memudahkanmu untuk menonton beberapa film atau drama yang tidak tersedia di wilayah atau negaramu.

Tak Perlu Akun

Tak seperti platform streaming legal lainnya yang membutuhkan akun apabila ingin menonton disana. Di Loklok, kamu gak perlu daftar atau login sehingga memudahkanmu menonton disana.

Subtitle Lengkap

Loklok menyediakan subtitle dalam berbagai bahasa yang lengkap sehingga memudahkan penggunanya untuk memahami film atau drama yang sedang ditonton.

UI Simple

UI Loklok sederhana dan mudah untuk kamu gunakan. Sehingga, kamu bisa dengan mudah untuk mencari film atau drama yang kamu ingin tonton.

Update Cepat

Terkadang jika menonton di platform streaming resmi, film dan drama yang disana akan lebih lama update-nya. Maka dari itu, dengan Loklok, kamu akan lebih mudah menonton film atau drama yang baru rilis.

Fleksibel

Platform streaming satu ini bisa diakses pada smartphone, PC atau tablet. Hal ini akan memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk menonton film atau drama favorit kapanpun dan dimanapun.

Risiko

Logo. Sumber: BlueStacks

Di balik kepopulerannya digunakan oleh banyak orang, ternyata ada beberapa risiko yang perlu diketahui oleh para penggunanya sebelum menggunakannya.

Melanggar Hak Cipta

Memiliki film dan drama yang lengkap tanpa memiliki izin legal dari pemegang hak cipta, itu artinya setiap pengguna yang menonton disini secara tak langsung melanggar hak cipta.

Tentu saja, hal ini akan berdampak di industri hiburan, terutama untuk pembuat, artis, sutradara dan pihak lainnya tidak mendapatkan kompensasi dari karya mereka.

Terjerat Hukum

Dengan menggunakan dan mengakses platform ilegal seperti Loklok, kemungkinan penggunanya akan terjerat hukum. Pasalnya, dengan menonton atau mendistribusikan konten bajakan dianggap sebagai tindakan ilegal.

Tidak Aman

Biasanya, situs-situs seperti ini disertai dengan iklan berbahaya, malware, spyware, serangan cyber dan virus yang bisa membahayakan device-mu.

Tanpa adanya perlindungan data di dalam aplikasi ini, bisa jadi data pribadi-mu terancam bocor bahkan bisa dicuri atau disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab.

Dikarenakan aplikasi ini bukan bersumber dari toko aplikasi resmi seperti Google PlayStore atau App Store, jadi aplikasi ini tak menjamin aman.

Kualitas Rendah

Walaupun memiliki film dan drama yang sangat beragam dan lengkap, ternyata kualitas video-nya pun tidak sama seperti di platform streaming legal seperti Netflix, Vidio dan lain-lain.

Terkadang, kamu akan mengalami buffering yang berlebihan, kualitas buruk ataupun subtitle yang tidak sesuai sehingga pengalaman menontonmu tidak seru.

Merugikan Industri Hiburan

Dengan menonton film atau drama di platform ilegal, secara tak langsung penontonnya akan menurunkan pendapatan bagi industri hiburan.

Apabila pengguna platform ilegal menontonnya, tentu saja hal ini akan mengurangi pendanaan untuk menghasilkan film atau drama baru mereka.

Tak Ada Perlindungan

Biasanya, di platform streaming legal akan dilindungi oleh kebijakan privasi dan perlindungan untuk para penggunanya.

Di platform ini kemungkinan akan terjadinya masalah teknis atau pelanggaran data sehingga kemungkinan data-datamu akan bocor.

Konten Tidak Pantas

Disini tak memiliki filter konten yang disesuaikan dengan usia penontonnya, sehingga film atau drama yang tidak pantas bisa diakses oleh anak-anak.

Iklan

Kamu akan terganggu dengan iklan-iklan yang sering muncul di pop-up, di tengah-tengah fil atau pun di sisi kiri-kanan aplikasi.

Apabila tak sengaja meng-kliknya, langsung diarahkan ke website tak dikenal untuk mengunduh software yang bisa membahayakan device-mu.

Sempat Dihapus dari Google PlayStore

Movies Category. Sumber: AFID_HADI/Youtube

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya bahwa Loklok adalah platform streaming ilegal yang menawarkan layanan nonton tanpa berlangganan.

Berbeda seperti platform streaming legal lainnya yang menyediakan konten film atau drama terbaik dan legal yang bisa ditonton oleh para penggunanya.

Namun, di Loklok menyajikan film-film atau drama terbaru dari Asia tanpa izin resmi, lengkap dengan sub Indonesia yang bisa diakses oleh pengguna.

Akan tetapi, platform streaming ilegal satu ini sempat hadir di Google PlayStore dan menghilang kembali karena sifat ke-ilegalannya yang cukup merugikan.

Tentunya, hal ini memberikan dampak negatif, terutama bagi platform streaming legal yang sah dan terdaftar di Google PlayStore.

Para penyedia konten legal tersebut telah berusaha untuk mematuhi serta mendapatkan lisensi resmi untuk bisa menyajikan film dan acara TV terbaiknya.

Tapi, hadirnya Loklok yang menawarkan konten film atau drama secara gratis bisa mengurangi pelanggan setia di platform streaming legal.

Tentunya, akan berdampak pada revenue dan bisa mengurangi pendapatan untuk memproduksi konten film atau drama terbaru yang berkualitas.

Loklok bisa menimbulkan masalah hak cipta serta kekayaan intelektual, dimana film tersebut tak memiliki izin resmi yang bisa menimbulkan kerugian kepada pemegang hak cipta.

Oleh karena itu, Google PlayStore sebagai platform yang bertanggungjawab dan berkomitmen untuk menyediakan aplikasi legal dan aman, kemungkinan menghapus aplikasi Loklok dari platformnya.

Hal ini dilakukan untuk melindungi hal cipta dan minimalisir penyebaran konten ilegal yang bisa merugikan industri hiburan.

Setelah sempat tersedia di Google PlayStore sebelum dihapus, kini aplikasi Loklok sudah tersedia kembali di Google PlayStore.

Kamu masih bisa menonton film atau drama Asia terbaru dari aplikasi ini dengan update-an yang sangat cepat dan bisa diakses secara gratis.

Selain itu juga, kelebihannya masih sama yaitu seperti memiliki kualitas video yang tinggi, memiliki beragam kategori film dan drama, user interface (UI) simple dan fitur unduhan.

Daftar Platform Streaming Legal

Home Page. Sumber: AFID_HADI/Youtube

Berikut adalah beberapa platform streaming film dan drama legal yang bisa menjadi alternatif pengganti Loklok dengan keamanan terjamin yaitu diantaranya:

Netflix

Pertama ada Netflix sebagai platform streaming terpopuler di seluruh dunia yang memiliki jutaan film, drama, serial TV, serta dokumenter dari berbagai negara.

Selain itu, koleksinya pun mencakup konten original seperti drama Korea, anime, film Hollywood sampai serial televisi yang beragam.

Viu

Kedua ada Viu sebagai platform streaming legal yang berfokus pada konten Asia seperti drama Korea, Jepang, Thailand, China dan Indonesia dengan subtitle beragam bahasa.

iQIYI

Lalu selanjutnya ada iQIYI sebagai platform streaming terpopuler untuk menonton drama Korea, China, sampai Variety Show di Asia Tenggara.

Di iQIYI menawarkan streaming gratis dengan iklan serta paket premium tanpa iklan. Dilengkapi dengan subtitle dari beragam bahasa yang tersedia dan bisa diakses secara offline untuk pengguna premium.

WeTV

Keempat ada WeTV yang selalu diandalkan oleh para penggunanya untuk menyajikan berbagai drama dan film Asia seperti China, korea dan Anime.

Di platform streaming ini menawarkan beberapa konten film dan drama yang bisa diakses secara gratis ataupun VIP dengan kualitas hingga 1080p dan subtitle-nya.

Vidio

Terakhir ada Vidio yang seringkali dijadikan sebagai platform streaming terfavorit penggunanya karena memiliki fitur streaming lengkap.

Kamu bisa menonton film, drama Asia, sinetron, pertandingan olahraga, Anime sampai Live Streaming Channel TV yang bisa ditonton kapanpun.

Baca juga:

Yuk, segera top up kebutuhan produk digital favorit-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!

Sukmadara Arianti