Serba-serbi Elden Ring: Somber Ancient Dragon Smithing Stone

Detail dan lokasi Somber Ancient Dragon Smithing Stone Elden Ring yang bisa digunakan untuk memperkuat set dan senjata Tarnished!
Somber Ancient Dragon Smithing Stone Elden Ring
Somber Ancient Dragon Smithing Stone Elden Ring. Sumber: Official Site

Serba-serbi Elden Ring: Somber Ancient Dragon Smithing Stone

Di antara sekian banyak material yang tersedia di semesta Elden Ring, terdapat satu hal yang paling banyak dicari pemain di dalam game yaitu Somber Ancient Dragon Smithing Stone.

Bukan tanpa sebab, melainkan karena ketersediaan material ini yang terbilang cukup sedikit.

Bayangkan, dari keseluruhan game dengan total 150+ play hours (termasuk DLC) yang tersedia, material ini hanya berjumlah belasan saja! Nah buat yang penasaran bagaimana cara mendapatkan, yuk langsung cekidot!

Baca juga: Rekomendasi Keepsakes Terbaik di Elden Ring

Detail dan Lokasi Somber Ancient Dragon Smithing Stone

Bentuk material Somber Ancient Dragon Smithing Stone Elden Ring
Bentuk material Somber Ancient Dragon Smithing Stone Elden Ring. Sumber: Official Site

Sekarang kita masuk ke bahasan utama yaitu mengenai lokasi serta fungsi Somber Ancient Dragon Smithing Stone. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, total material ini hanya terdapat empat belas buah saja.

Namun itupun terbagi sesuai dengan versi yang kalian miliki. Jika kamu hanya memiliki versi “vanilla”-nya saja, maka jumlah material ini hanya tersedia delapan buah. Sedangkan enam sisanya hanya tersedia di DLC.

Terdapat beragam cara untuk mendapatkannya. Dengan begitu, Vicigers bisa memilih mana yang sekiranya paling mudah untuk dilakoni duluan. Berikut adalah rincian lengkapnya:

Detail

Dragonlord Placidusax sebagai empunya material ini
Dragonlord Placidusax sebagai empunya material ini. Sumber: Official Site

Somber Ancient Dragon Smithing Stone adalah salah satu dari sekian banyak ragam jenis upgrade material. Material ini biasa digunakan untuk memperkuat senjata (Armaments) spesial.

Efek yang diberikannya dapat menambah atribut Armaments hingga +10. Dan dibalik kegunaannya tersebut, FromSoftware selaku developer juga memberikan lore yang menarik untuk material ini lho!

Diceritaken bahwa material ini merupakan sebuah tempaan batu naga kuno (dragon stone) yang sudah kehilangan warnanya. Ini berasal dari sisik sang Ancient Dragonlord yang sudah menjadi fosil dan membatu.

Keberadaannya sendiri disakralkan dan menjadi sebuah pusaka sang empu-nya Farum Azula tersebut. Konon, singgasana sang raja berada pada dimensi-waktu yang berbeda.

Dan saking kuatnya, material ini bahkan mampu membengkokkan dimensi tersebut! Atas dasar itulah, material ini banyak digunakan untuk memperkuat persenjataan di semesta Elden Ring.

Maka ketika Somber Ancient Dragon Smithing Stone diimbuhkan pada persenjataan, kemampuannya dapat menciptakan sebuah kesaktian yang bahkan mampu membinasakan bahkan dewa sekalipun!

Lokasi

Crumbling Farum Azula lokasi asal muasal Somber Ancient Dragon Smithing Stone.
Crumbling Farum Azula lokasi asal muasal Somber Ancient Dragon Smithing Stone. Sumber: Official Site

Terdapat sejumlah lokasi untuk menemukannya di dalam game. Berikut rinciannya:

  • Vanilla:
  1. Hadiah menyelesaikan misi Latenna, tepat setelah mengantarkannya ke Apostate Derelict.
  2. Dijatuhkan (drop) oleh “Anastasia, Tarnished Eater” setelah invasi yang ketiga kali, di sungai beku di barat daya Ordina, Liturgical Town.
  3. (Mohgwyn Palace) Loot yang di dapat dari peti tepat di bawah kaki patung besar di Dynasty Mausoleum Midpoint.
  4. (Elphael, Brace of the Haligtree) Loot yang di dapat dari peti tersembunyi di antara tiang dekat atap (tidak jauh dari mayat yang memiliki loot item), tepat setelah lokasi Prayer Room site of grace di Haligtree.
  5. (Elphael, Brace of the Haligtree) Loot yang di dapat dari mayat di ujung selatan jalan lingkar di timur, dekat mob Putrid Avatar yang sedang berkeliling.
  6. (Elphael, Brace of the Haligtree) Hadiah menyelesaikan misi Millicent dan mengalahkan Malenia.
  7. Loot yang di dapat dari mayat di “Leyndell, Ashen Capital”. Lokasinya ada di sebuah gedung yang menjadi lokasi awal untuk mencapai Erdtree (sebelum terbakar).
  8. Ditemukan di gazebo di belakang Farum Azula Dragon: mob Naga dengan kekuatan petir merah yang berada di wilayah Crumbling Farum Azula. Bisa didapatkan tanpa harus mengalahkan Naga tersebut.
  • DLC
  1. Drop Ghostflame Dragon yang berlokasi di danau sebelah barat Greatbridge, tepatnya di bagian utara dari Site of Grace.
  2. Drop Ghostflame Dragon, berlokasi di sebelah utara Fort of Reprimand.
  3. Drop Ghostflame Dragon, berlokasi di selatan Site of Grace-nya Cerulean Coast.
  4. Drop Ancient Dragon Senessax, berlokasi di sebelah barat dari Site of Grace-nya Jagged Peak.
  5. Loot yang di dapat dari mayat di puncak Jagged Peak
  6. (Enir-Ilim) Loot yang di dapat dari mayat dekat tepi tangga rusak, tidak jauh dari lokasi turun altar dengan lift.
Baca juga: Panduan Menyelesaikan Quest Yura Elden Ring

Apabila Vicigers tertarik untuk meiliki game ini via Steam, jangan lupa top-up Steam Wallet hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!