Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Meta Ciki di MLBB

Kali ini kita akan mengulas tentang Meta Ciki. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui apa pengertian, kelebihan dan kekurangannya.

Dalam game Mobile Legends: Bang-Bang, terdapat banyak mode yang dapat dimainkan. Salah satu mode yang paling diminati  yaitu mode ranked.

Mode ranked merupakan mode permainan 5 vs 5 yang bersifat kompetitif. Pada mode ini, kamu akan mempertaruhkan bintang atau poin (khusus rank mythic) yang dapat digunakan untuk menaikkan rank kamu. Untuk membuka mode ranked, kamu harus mencapai level 8 dan wajib memiliki minimal 5 hero.

Saat artikel ini ditulis, terdapat sebanyak tujuh urutan peringkat. Berikut urutannya dari yang terendah hingga tertinggi:

  • Warrior
  • Elite
  • Master
  • Grandmaster
  • Epic
  • Legend
  • Mythic

Khusus Rank Mythic menggunakan sistem poin. Ketika poin mencapat 600 poin, kamu akan mencapai rank lanjutan yaitu Mythical Glory.

Nah, untuk mudah memenangkan permainan di mode ranked ini tentunya harus ada strategi untuk mengalahkan permainan lawan atau dikalangan gamers MLBB dikenal dengan istilah META (Most Effective Tactics Available).

META terus berkembang dan berubah setiap adanya update patch. Apasih update patch itu? Singkatnya update patch ini merupakan pembaharuan terhadap beberapa hero, item, dan aspek lainnya untuk menjaga keseimbangan permainan didalam game MLBB.

Baca juga: Hero Meta ML Terbaik, Mana Jagoanmu?

Mengenal META CiKi

META Ciduk dan Kill

Pada patch saat ini, ada META MLBB yang sedang viral diberbagai platform media sosial karena META ini sangat cocok untuk push rank loh! META apakah itu? Jawabannya adalah META CiKi

Apa itu META CiKi?

META CiKi atau META Ciduk dan Kill merupakan META yang menggunakan hero-hero lock dengan kemampuan burst damage, seperti Aldous, Jonshon, dan Gusion.

Cara kerja dari META ini adalah melakukan lock atau focus mengincar hero core lawan. Hero core merupakan hero yang bertugas sebagai penyumbang damage terbesar dalam tim dan memiliki potensi yang kuat untuk membawa tim meraih kemenangan.

Hero core sangat membutuhkan gold untuk membeli beberapa item agar mampu memberikan damage yang maksimal. Nah tujuan META ini adalah agar hero core lawan  kesulitan untuk mendapatkan gold untuk membeli item, sehingga hero core di tim kita memiliki potensi untuk lebih unggul dari tim lawan.

Baca juga: Update ML Terbaru Patch 1.7.44, Banyak Hero Kena Buff!

Komposisi Hero META CiKi

Map MLBB beserta posisi hero

Karena META CiKi membutuhkan hero-hero lock dan kemampuan burst damage, maka berikut salah satu contoh komposisi hero serta keunggulannya untuk META CiKi ini:

Roamer

Salah satu roamer yang cocok untuk META CiKi ini adalah Jonshon. Jonshon memiliki ultimate dengan mobilitas tinggi sehingga mampu menciduk core lawan di lane manapun.

Midlaner

Midlaner yang cocok untuk META ini adalah Gusion .Hero ini memiliki skill-skill burst damage dengan cooldown yang singkat.

Goldlaner

META CiKi membutuhkan goldlaner yang mampu clear lane dengan cepat agar dapat farming mandiri di lane nya. Salah satu hero yang mampu melakukan hal tersebut adalah Beatrix.

Explaner

Explaner yang cocok untuk combo dengan  roamer seperti jonshon adalah Aldous. Kemampuan ultimate membuka map akan sangat membantu tim melakukan ciduk.

Jungler

Jungler bersifat fleksibel, hanya membutuhkan kemampuan farming mandiri karena roamer dan midlaner tidak dapat banyak membantu ketika tim lawan rusuh di jungle. Salah satu jungle yang cocok untuk META ini adalah Hanzo.

Baca juga: Daftar Peringkat dan Hadiah Seluruh Tim M4 Mobile Legends

Kelebihan META CiKi

Kompisisi Terbaik Hero META Ciki

Setiap META tentu memiliki keunggulan tersendiri, berikut merupakan 3 keunggulan utama dari META CiKi:

Core Lawan Kesulitan Farming

Keunggulan pertama dari META ini adalah core lawan yang kesulitan farming. Sehingga core lawan menjadi kesulitan untuk membeli item-item yang dibutuhkan.

Roamer Lawan Fokus Membantu Core

Ketika core lawan mulai kesulitan mendapatkan gold, tentu roamer bahkan midlaner lawan akan fokus membantu hero core tersebut. Hal ini menjadi keuntungan bagi hero-hero core di tim kita karena dapat focus melakukan objektif seperti farming, push turret, serta membunuh turtle dengan mudah.

Map Terang

Melalui kombo hero-hero META ini seperti Aldous dan Jonshon, tim kita dapat dengan  mudah mengetahui posisi core lawan. Khusus jungle dan goldlaner, manfaatkan map yang telah dibuka oleh tim untuk mendapatkan lebih banyak objektif.

Baca juga: Gunakan Hero Mabar ML Ini Untuk Push Rank, Asyik Bro!

Kekurangan META CiKi

Kapan Mobile Legends Ditutup

Walaupun META ini terlihat sangat kuat, ternyata tetap ada kekurangannya loh! Berikut kekurangan-kekurangan dari META CiKi:

Single Target

Kekurangan pertama dari META ini adalah kemampuannya hanya single target, sehingga dalam war 5 vs 5 akan berisiko kalah karena kurangnya hero dengan kemampuan multi-target.

Namun resiko ini dapat dicegah dengan menggunakan hero-hero dengan kemampuan multi-target untuk goldlaner serta jungler di tim kita.

Tim Harus Kompak

META CiKi sangat membutuhkan komunikasi serta kekompakan khususnya bagi roamer, midlaner, dan explaner. Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan ini ketika sedang mabar berlima agar komunikasi dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Core di Mobile Legends? Berikut Definisinya!

Nah itu dia Vicigers penjelasan tentang META CiKi, yang viral di patch kali ini. Setelah baca penjelasannya, kira-kira kamu bakal pakai META ini ga ya?

Yuk Top Up Diamond Mobile Legends di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Michael Pamasi

Saya adalah Penulis VCGamers News. Saya saat ini seorang mahasiswa di salah satu Universitas di Kalimantan Timur. Saya tertarik dengan banyak game.