Semua yang Perlu Diketahui Tentang Call of Duty Game Pass

Setelah Activision Blizzard diakuisisi, Microsoft resmi meluncurkan Call of Duty Game Pass untuk platform Xbox dan Windows mereka.
Call of Duty Game Pass
Call of Duty Game Pass. Sumber: Official Site

‘Buah’ akuisisi yang dilakukan Microsoft terhadap Activision Blizzard mulai terlihat, dan salah satunya adalah kehadiran Call of Duty Game Pass! Ini tentu dapat menjadi nilai jual tersendiri bagi berbagai platform besutannya.

Sepanjang sejarah game first-person shooter (FPS) itu berdiri, baru pertama kali praktik seperti ini diberlakukan. Nah buat Vicigers yang penasaran seperti apa skemanya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Xbox Series S 1TB Resmi Diumumkan Microsoft, Begini Spesifikasinya

Call of Duty Anak Microsoft

Call of Duty di bawah naungan Microsoft
Call of Duty di bawah naungan Microsoft. Sumber: Official Site

Dengan kondisi moneter dan fiskal yang saat ini penuh dengan ketidakpastian, ada begitu banyak perusahaan yang tidak mampu bertahan. Tidak sedikit diantaranya yang harus mundur karena bangkrut.

Namun ada juga yang cukup beruntung mendapatkan ‘nyawa’ tambahan melalui upaya akuisisi oleh perusahaan lain yang jauh lebih besar dan stabil. Kondisi ini terjadi di berbagai industri, tidak terkecuali gaming.

Maka memasuki dekade ketiga abad 21 ini saja, terhitung sudah lebih dari 10 developer/publisher gaming (besar maupun kecil) yang akhirnya memutuskan untuk merger/diakuisisi oleh perusahaan kompetitornya.

Dari sekian banyak nama besar yang ada, salah satu yang begitu menarik perhatian banyak pihak adalah Activision Blizzard yang akhirnya bergabung di bawah naungan Microsoft.

Angka investasinya juga tidak tanggung-tanggung lho! Dilansir dari laman Wall Street Journal, sang raksasa teknologi besutan Bill Gates tersebut berani menggelontorkan kocek hingga USD 75 miliar!

Ini merupakan rekor harga akuisisi terbesar sepanjang sejarah gaming, baik dari patokan nominal harga maupun setelah disesuaikan dengan besaran inflasi! Tentu dengan investasi sefantastis itu, Microsoft punya rencana besar.

Baca juga: Spekulasi Jadwal Call of Duty Akan Hadir di Xbox Game Pass

Rencana Microsoft untuk Game Pass

Game Pass untuk Xbox dan Windows
Game Pass untuk Xbox dan Windows. Sumber: Official Site

Dari sekian banyak judul game dan waralaba besar yang menjadi ‘gacoan’ Activision Blizzard, tentu Call of Duty menjadi salah satu fokus utama dan aset penting di mata Microsoft.

Keberadaannya dapat dimanfaatkan untuk menggenjot nilai jual berbagai produk dan layanan gaming milik sang empunya Windows tersebut. Memang, ini bukan berarti mereka boleh memonopoli pasar.

Namun setidaknya, ada beberapa upaya ‘terselubung’ yang dapat mereka ‘mainkan’ sehingga judul-judul seperti Call of Duty dapat memberikan keunggulan lebih dibandingkan para kompetitornya industri ini.

Sejauh ini, rencana yang sudah terlihat adalah perilisan Call of Duty Game Pass. Yap, layanan berlangganan untuk Xbox dan Windows tersebut banyak menawarkan games seru.

Itu semua bisa dirasakan oleh para konsumer/pengguna kedua platform tersebut dengan hanya melalui satu pustaka langganan terpadu saja: sebuah praktik yang umum diterapkan oleh banyak vendor gaming dewasa ini.

Dan dengan harga satuan games original (baik bentuk digital maupun fisik) yang saat ini terpantau cukup mahal, layanan berlangganan seperti ini merupakan sebuah skema penawaran yang lebih menguntungkan bagi customer.

Dengan menggelontorkan kocek yang jauh lebih murah, pemain bisa menikmati berbagai judul yang tersedia tanpa batas, sepanjang durasi layanan berlangganan yang dipilih masih berlaku!

Baca juga: 4 Game Call of Duty Terbaik Sepanjang Masa

Call of Duty Game Pass

Call of Duty Black Ops 6 di Game Pass
Call of Duty Black Ops 6 di Game Pass. Sumber: Official Site

Di situlah keberadaan titel besar seperti Call of Duty mengambil andil penting. Dengan menghadirkannya di dalam paket Game Pass, ini diharapkan dapat menggenjot animo para gamers untuk berlangganan.

Bayangkan, untuk instalasi terbaru mereka yakni Black Ops 6 saja, akses game ini langsung tersedia melalui Game Pass di hari perilisan pertamanya! Wajar jika akhirnya angka penjualan Game Pass bisa sangat meroket!

Dan menurut laporan Game Industry.biz skema ini masih akan tetap dipertahankan oleh Microsoft untuk beberapa waktu ke depan, dan tidak akan dibatasi pada opsi langganan (subscription plan) tertentu saja!

Semua jenis berlangganan game pass dapat menikmati instalasi terbaru Call of Duty ini. So buat kamu para pemain Xbox dan Windows, harus banget deh langganan!

Baca juga: Instalasi Call Of Duty: Modern Warfare III PS5 Terbaru

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Call of Duty Game Pass. Pastikan untuk urusan top-up gaming dan mikrotransaksi lainnya, hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!