Semua Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Star Ocean 6

Star Ocean 6 adalah game bergenre aksi RPG yang dirilis oleh perusahaan asal Jepang, Square Enix pada 27 Oktober 2022.
Star Ocean 6
Star Ocean 6. Source: Steam

Star Ocean 6 adalah game bergenre aksi RPG yang dirilis oleh perusahaan asal Jepang, Square Enix pada 27 Oktober 2022.

Game yang juga dikenal dengan Star Ocean: The Divine Force ini adalah seri keenam yang diluncurkan untuk konsol game PS4, PS5, Xbox, dan PC.

Untuk kamu yang tertarik untuk menjajal game ini, yuk simak semua yang harus kamu ketahui dari Star Ocean 6 dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Atlas Fallen: Game Action RPG Open-World Terbaru 2023

Sinopsis Star Ocean 6

Sinopsis Game
Sinopsis Star Ocean 6. Source: Steam

Game ini mengambil latar pada tahun 2670 Masehi antara Star Ocean: Anamnesis dan Star Ocean: Till the End of Time.

Federasi Pangalactic yang dikenal sebagai pasukan kedamaian yang tercatat membela keadilan telah berubah. Mereka mulai mengasimilasi planet-planet diluar keinginannya.

Kapten dari kapal dagang Ydas, Raymond Lawrence meninggalkan planet Verguld untuk sebuah misi transportasi standar dari perusahaan keluarganya.

Raymond Lawrence
Raymond Lawrence. Source: Steam

Dalam perjalanannya, Ydas diserang oleh Astoria yang merupakan kapal perang dibawah komando Bennet Maudsley. Tidak hanya menyerang, mereka juga membawa anggota keluarga penting Kenny.

Raymond dan rekannya, Chloe Kanaris terpaksa meninggalkan kapal ditengah kekacauan dan pergi menuju sebuah planet terpencil yang berada di Aster System.

Saat mendarat, keduanya terpisah. Raymond kemudian langsung diserang oleh beberapa satwa liar yang hidup di planet tersebut.

Dia kemudian diselamatkan oleh tuan putri dari Kingdom of Aucerius, Laeticia Aucerius dan pengawalnya, Albaird Bergholm.

Star Ocean 6 - Laeticia Aucerius
Laeticia Aucerius. Source: Steam

Putri Laeticia kemudian meminta bantuan Raymond untuk membantu menyelamatkan kerajaannya dari ancaman kekaisaran Vey’l dan membantu mencari Midas Feelgred.

Raymond menyetujui tawaran ini dengan imbalan bantuan untuk mencari Chloe. Dari sinilah cerita Star Ocean 6 dimulai.

Baca juga: Starfield: Game yang Wajib Dicoba Penggemar RPG

Gameplay Star Ocean 6

Gameplay Star Ocean 6
Gameplay Star Ocean 6. Source: Steam

Untuk pertama kalinya sejak The Second Story, game ini kembali menampilkan dua protagonist dalam satu permainan.

Disini pemain dapat memilih untuk bermain sebagai Raymond dengan persepsi yang berfokus pada hal-hal Sci-Fi atau Laeticia dengan fokus pada elemen fantasi.

Pendamping dalam game yang akan kamu dapatkan juga bergantung pada siapa karakter yang kamu pilih. Keduanya memiliki endingnya masing-masing.

Transisi dari sisi penjelajahan ke pertarungan dilakukan dengan halus, sehingga begitu permainan dimulai, pemain sudah bisa mulai menebas dan memukul musuh.

Salah satu fitur penting dalam gameplay Star Ocean 6 adalah D.U.M.A. yang dapat memberikan akses pada pemain ke mekanik Vanguard Assault untuk berbagai keperluan.

Star Ocean 6 - Mekanik DUMA
Mekanik D.U.M.A. Source: Steam

Misalnya, jika sedang dalam eksplorasi, D.U.M.A membantu para karakter untuk berpindah tempat ke berbagai area dan kota. Pemain juga dapat memanfaatkannya untuk mendeteksi harta karun.

Ketika berada dalam pertarungan, pemain dapat menggunakan mekanik misterius yang satu ini dengan menghabiskan VA Gauge.

D.U.M.A. akan memberikan akses untuk melakukan serangan berkecepatan tinggi, memberi perisai, dan menggunakan radar agresi.

Pemain juga dapat meningkatkan kemampuan dari D.U.M.A. mereka dengan menggunakan Gem yang bisa ditemukan disepanjang perjalanan.

Fitur lainnya yang masih bertahan dari seri game-game sebelumnya adalah Item Creation, Talent, dan Private Action.

Square Enix dan Tri-Ace juga menambahkana mode game baru yaitu Es’owa yang mengambil referensi dari karakter dalam game-game sebelumnya.

Baca juga: 5 Daftar Games PC Genre Puzzle Terbaik

Nah, itulah uraian singkat tentang semua yang harus kamu ketahui tentang Star Ocean 6. Bagaimana menurutmu?

Untuk kamu yang mencari tempat top up game kesayangan yang aman dan terpercaya, yuk segera kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!