Satisfactory 1.0 Akan Dirilis 10 September 2024

Satisfactory 1.0, game simulasi industri luar angkasa akan dirilis tahun ini. Tepatnya, pada 10 September 2024 mendatang.
Satisfactory 1.0
Satisfactory 1.0. Sumber: Official Site

Tanggal rilis Satisfactory 1.0 sudah diumumkan dan tidak sedikit gamers di luar sana yang menantikan game ini sejak jauh-jauh hari. Waktu yang diperlukan untuk pengembangannya memang terbilang sudah cukup lama.

Dan sebentar lagi, penantian panjang nan setia dari para fanbase-nya akhirnya akan terbayarkan. Nah jika Vicigers adalah salah satunya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Still Wakes The Deep, Game Simulasi Teknik Perminyakan!

Jatuh Bangun Perilisan Satisfactory

Coffee Stain selaku developer
Coffee Stain selaku developer. Sumber: Official Site

Sebelum kita reveal tanggal dan skema perilisannya, ada baiknya kita bahas dahulu mengenai seluk-beluk dari game ini nih. Dengan begitu, kamu yang belum paham juga tetap bisa ngikutin bahasannya.

Bisa dibilang Satisfactory bukanlah game baru. Yap, early access-nya sudah dirilis bahkan sejak tahun 2019. Dikembangkan oleh developer asal Swedia bernama Coffee Stain, game ini mendapatkan resepsi yang cukup baik.

Walhasil, developer game yang didirikan pada tahun 2010 atas inisiatif sembilan mahasiswa University of Skövde ini, akhirnya yakin untuk merilis versi full version dari game Satisfactory tersebut.

Namun, perjuangan mereka tidaklah semudah itu. Dengan iklim kompetitor industri gaming modern yang sangat ketat, mereka harus bersusah payah agar bisa survive ditengah banyak gempuran persaingan.

Mau tak mau, mereka harus merger dibawah naungan perusahaan yang lebih mapan: di tahun 2018, Embracer Group berhasil mengakuisisi Coffee Stain untuk bergerak di bawah operasinya.

Baca juga: Internet Cafe Simulator 2: Game Simulasi Bisnis Warnet yang Seru

Detail dan Gameplay Satisfactory 1.0

Trailer Satisfactory 1.0
Trailer Satisfactory 1.0. Sumber: Official Site

Sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai rincian gameplay dari Satisfactory 1.0. Sebenarnya melalui early access yang tersedia sejak 2019, sudah cukup banyak pembahasan mengenai game ini pada berbagai platform.

Pemain memiliki empat pilihan lokasi awal: Grasslands (padang rumput), the Rocky Desert (gurun berbatu), the Dune Desert (gurun gumuk pasir), atau Northern Forest (hutan utara).

Pilihan ini nantinya akan memengaruhi sumber daya yang dapat diakses pemain serta ketersediaan lahan pembangunan. Namun enggak perlu khawatir, pemain juga dapat berpindah ke lokasi lain kapan saja.

Juga terdapat tutorial singkat, di mana pemain diberi kesempatan untuk memahami fitur-fitur yang ada di dalam game, seperti cara menambang dan memproses bijih dasar (besi, tembaga, dll).

Hal pertama yang harus dilakukan pemain setelah mendarat adalah membangun HUB. Ini merupakan basis utama yang menjadi pusat konstruksi dan perluasan ke depannya.

Keberadaan bahan-bahan inilah yang nantinya menjadi material untuk membangun sistem perluasan pabrik. Selain itu pihak dev. juga memperkenalkan sistem “Tier” yang menentukan tingkat ketercapaian produksi.

Terhitung hingga Mei 2021, ada delapan level Tier dalam game. Masing-masing memberikan akses ke material dan peralatan yang semakin kompleks dan canggih.

Tujuan akhir dari permainan ini adalah: mengirimkan beragam material yang dikumpulkan dari planet tersebut ke luar angkasa (menggunakan Space Elevator), serta membangun sistem pabrik yang sepenuhnya otomatis.

Dengan begitu, pabrik yang dibangun nantinya dapat memproduksi barang apa pun tanpa memerlukan intervensi manual pemain: menjadikan planet tersebut sebagai sebuah ladang industri mandiri.

Baca juga: 5 Game Simulasi Offline Terbaik dan Terseru

Tanggal Rilis Satisfactory 1.0

Tanggal rilis
Tanggal rilis. Sumber: Official Site

Sekarang langsung saja masuk ke pembahasan utama yakni tanggal rilis Satisfactory 1.0. Untuk Vicigers yang merupakan fanbase-nya dan sudah enggak sabar untuk memainkannya, enggak perlu menunggu lebih lama lagi.

Game ini akan secara resmi rilis melalui Steam pada 10 September mendatang. So, masih ada waktu nih untuk nabung dulu dari sekarang. Jadi pas rilis bulan depan, kalian bisa langsung maharin deh!

Game ini nantinya baru akan tersedia untuk platform Windows semata. Dan sejauh ini belum ada kabar mengenai niatan pihak dev. untuk melakukan porting ke konsol. Jadi PC eksklusif deh!

Baca juga: 5 Game Simulasi Kehidupan Terbaik untuk Pemula di Smartphone

Nah itulah tadi pembahasan mengenai tanggal rilis Satisfactory 1.0. Pastikan juga untuk top-up Steam Wallet murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!