Simak! Bocoran Samsung Lipat Terbaru: Z Fold 4 dan Z Flip 4!

Samsung

Samsung memiliki produk andalan smartphone lipat dengan spesifikasi dan fitur yang canggih, terbukti dengan adanya Series Z Fold dan Flip. Pada tahun 2021, Samsung mengeluarkan Series Z yakni Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3. Smartphone tersebut populer di kalangan penggiat smartphone karena fitur lipatnya yang sangat mulus dengan kualitas tinggi. Terdapat fitur lain juga yang menjadi paten Samsung, seperti Samsung Galaxy Z Fold 3 yang bisa mengukur tekanan darah.

Semenjak rilisnya Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3, Samsung masih belum mengeluarkan smartphone lipat terbaru. Namun, terdapat rumor bahwa Samsung akan segera merilis Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4.

Banyak penggiat smartphone yang mencari tahu mengenai bocoran Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4. Bacaan ini akan membahas tentang rumor dan bocoran kedua smartphone Samsung lipat terbaru, yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: Paten Baru Samsung Galaxy Z Fold 3 Dapat Mengukur Tekanan Darah

Samsung Galaxy Z Fold 4

Samsung Galaxy Z Fold 4
Samsung Galaxy Z Fold 4. Source: LetsGoDigital

Smartphone lipat ini adalah versi terbaru semenjak Samsung Galaxy Z Fold 3. Pastinya, terdapat peningkatan fitur dan spesifikasi dari smartphone lipat ini. Contohnya adalah kamera utama yang memiliki resolusi 50 MP. Kamera utama dengan resolusi tersebut tentunya akan meningkatkan kualitas fotografi dan videografi dengan smartphone lipat ini.

Selain kamera utama, Samsung Galaxy Z Fold 4 dikabarkan akan menjadi smartphone yang sangat kuat atau “powerhouse”. Hal tersebut mungkin terjadi karena terdapat rumor bahwa smartphone lipat terbaru ini akan menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1 chip.

Dari segi desain, smartphone terbaru ini akan menggunakan satu engsel di tengah handset, berbeda dengan Z Fold 3 yang menggunakan dua. Berdasarkan rumor dari Anthony, leaker smartphone ternama (@TheGalox), desain Z Fold 4 akan lebih tipis, ringan, dan tahan lama daripada Z Fold 3.

Leaker lain bernama Ice Universe (@UniverseIce) mengungkapkan bahwa layar internal Z Fold 4 akan memiliki aspek rasio yang lebih persegi daripada Z Fold 3. Dengan rasio 6:5, Z Fold 4 akan berbeda dengan Z Fold 3 yang menggunakan rasio 5:4. Sayangnya, leaker tersebut juga mengungkapkan bahwa Z Fold 4 tidak memiliki S Pen bawaan dan tidak memiliki slot untuk S Pen tersebut.

Baterai yang tersedia akan memiliki kapasitas 4.400 mAh, sama seperti Z Fold 3. Kapasitas charging yang tersedia juga akan sama seperti Z Fold 3 yakni 25W. Meskipun baterai tersebut tidak mendapatkan peningkatan, spesifikasi lain patut diapresiasi karena terdapat berbagai peningkatan dari smartphone lipat sebelumnya yakni Z Fold 3.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Lipat 2022

Samsung Galaxy Z Flip 4

Samsung Galaxy Z Flip 4
Samsung Galaxy Z Flip 4. Source: 91Mobiles x OnLeaks

Smartphone lipat lain oleh Samsung yakni Samsung Galaxy Z Flip 4 kabarnya akan menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1 chip, sama seperti Z Fold 4. Hal ini sangat menguntungkan karena chipset tersebut memiliki performa yang sangat baik. Terbukti pada ASUS ROG Phone 6 Pro yang menggunakan chipset tersebut, performa yang tersedia sangat memuaskan.

Dari segi layar, Leaker Ice Universe kembali memberikan rumor bahwa lipatan yang ada di layar Z Flip 4 akan jauh lebih sedikit terlihat. Tentunya, hal tersebut adalah kabar baik karena banyak pengguna smartphone lipat komplain mengenai lipatan yang sangat terlihat dan mengganggu.

Terdapat bocoran mengenai peningkatan total kapasitas baterai untuk Z Flip 4, sebuah kabar baik untuk penggiat smartphone lipat. Samsung berencana untuk meningkatkan kapasitas baterai sebesar 400 mAh. Peningkatan tersebut layak diterapkan, mengingat buruknya masa pakai baterai pada smartphone lipat oleh Samsung.

Cover display yang menjadi ciri khas smartphone lipat ini juga terdapat perubahan untuk smartphone Samsung lipat terbaru. Mengingat bahwa Z Flip 3 menggunakan layar 1,9 inci, Z Flip 4 akan menggunakan cover display sebesar 2,1 inci.

Perkiraan Harga Samsung Lipat Terbaru

Z Fold Series
Samsung Galaxy Z Fold Series. Source: Smartprix x OnLeaks

Dengan peningkatan fitur dan spesifikasi dari smartphone Samsung lipat sebelumnya, tentunya harga yang tersedia akan lebih mahal. Saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Samsung mengenai harga smartphone Samsung lipat terbaru.

Bila melihat smartphone Samsung lipat sebelumnya, penggiat smartphone dapat mengukur perkiraan harga untuk Z Flip 4 dan Z Fold 4. Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki harga sekitar Rp 15.000.000 hingga Rp 16.500.000. Untuk harga Samsung Galaxy Z Flip 4, dapat ditarik perkiraan harga sekitar Rp 15.800.000 hingga Rp 17.500.000. Jadi, untuk Vicigers yang menginginkan Samsung lipat terbaru, harus menyiapkan dana lebih dari Z Flip 3.

Sama halnya dengan Z Flip series, Samsung Galaxy Z Fold 4 juga akan menerima peningkatan harga dari smartphone lipat sebelumnya. Perkiraan harga untuk Samsung Galaxy Z Fold 4 adalah sekitar $1.999 USD, atau setara dengan Rp 28 jutaan.

Baca Juga: Daftar HP Samsung Kamera 4 Tahun 2022, Cocok Buat Fotografi

Tanggal Rilis Samsung Lipat Terbaru

Z Flip Series
Samsung Galaxy Z Flip Series. Source: Tom’s Guide

Kedua smartphone Samsung lipat tersebut akan rilis pada tanggal 10 Agustus 2022 mendatang. Melalui akun Twitternya, Jon Prosser (@jon_prosser) mengatakan bahwa per-order untuk dua smartphone tersebut akan tersedia pada tanggal 10 Agustus.

Samsung akan merilis kedua smartphone lipat tersebut di pasar global pada tanggal 26 Agustus 2022. Terdapat banyak pilihan warna untuk dua smartphone Samsung lipat terbaru. Fold 4 akan tersedia dengan pilihan warna hitam, beige, dan hijau.

Samsung Galaxy Z Flip 4 menyediakan warna yang lebih cerah, berbeda dengan series Z Fold. Warna yang tersedia untuk Z Flip 4 adalah biru, grafit, rose gold, dan ungu. Jadi, bagi Vicigers yang sudah tidak sabar, masih perlu menunggu hingga tanggal 10 Agustus 2022 untuk melakukan pre-order!

Demikian pembahasan mengenai rumor dan bocoran smartphone Samsung lipat terbaru. Untuk keperluan gaming sehari-hari, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Ada banyak promo dan tentunya harga yang lebih murah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!